Sukses

11-11-2000: Tragedi Kereta Kabel Terbakar di Terowongan Pegunungan Alpen

Sekitar 150 orang tewas saat kereta kabel yang melewati terowongan terbakar di area Pegunungan Alpen, Austria, 19 tahun silam.

Liputan6.com, Austria - Sekitar 150 orang tewas saat kereta kabel yang melewati terowongan terbakar di area Pegunungan Alpen, Austria, 19 tahun silam. Para penumpang kereta yang merupakan pengunjung untuk bermain ski itu tewas karena terbakar dan menghirup gas beracun, asphyxiation, yang memenuhi terowongan. Sebagian besar korban adalah anak-anak.

Seperti dimuat BBC, kereta kabel saat itu tengah dalam perjalanan di ujung terowongan bawah tanah sepanjang 3 kilometer di Resort Ski Kaprun, bagian selatan Salzburg pada 11 November 2000. Namun tiba-tiba kereta terbakar hebat dan memicu banyak asap di tengah terowongan yang sempit.

Beberapa saat setelah kejadian nahas, juru bicara resor mengatakan, para korban tewas diperkirakan berasal dari Jerman, Inggris dan Amerika Serikat. "Namun kami belum bisa mengidentifikasi nama masing-masing korban."

Ada 8 orang yang selamat karena mereka berada di posisi paling belakang dan berhasil kabur menjauhi kereta terbakar. Salah satu yang selamat menceritakan bagaimana horornya momen kebakaran di Pegunungan Alpen tersebut.

"Orang-orang menangis dan berteriak ketakutan. Mereka mencoba membuka pintu dan jendela kereta, sedangkan saya juga mencoba hal yang sama,"ujar pria yang selamat tersebut.

Sementara saksi mata, Peter Johnson, mengaku melihat ada bagian kereta yang terhempas ke udara. Dia mengira telah terjadi ledakan.

"Banyak orang di samping saya berlari ketakutan setelah mendengar ledakan di gunung, ledakannya cukup dahsyat," ujar Johnson.

Api di dalam terowongan begitu dahsyat. Sehingga ketika penyelamat tiba, mereka tidak bisa masuk karena terhalang logam kereta. Lokasi kejadian di Pegunungan Alpen menjadi seperti cerobong asap.

Setelah si jago merah padam, petugas mengevakuasi dan mengidentifikasikorban. Total korban jiwa sebanyak 155 orang, termasuk juara dunia Skidari Jerman Sandra Schmitt. Sementara ada 12 orang yang selamat.

Sebagian besar korban jiwa berasal dari Austria, dan yang lainnya 37 orang Jerman, 8 Amerika dan 1 orang Inggris. Sebanyak 33 orang di antaranya berusia di bawah 20 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdakwa Dibebaskan

Setelah diinvestigasi mendalam, kebakaran pada kereta gantung dikarenakan sistem pemanas di bagian belakang yang rusak, karena ditemukan adanya oli menetes pada sistem rem hidrolik yang membuat api menyebar ke lantai.

Ada 16 orang yang diadili sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Namun pada 2004, Pengadilan Australia memutuskan para terdakwa tidak bersalah karena tidak menemukan bukti dan membebaskan mereka. Keputusan ini memicu protes dari keluarga korban.

Pada September 2005, keluarga korban mengajukan banding untuk memperjuangkan ganti rugi atas kepergian anggota keluarga mereka.

Setelah kejadian ini, jalur kereta ini tidak pernah dibuka kembali. Kemudian pihak resor wisata setempat menggantinya dengan kereta gantung di atas.

Pada tanggal yang sama 1973, Israel dan Mesir setuju untuk melaksanakan gencatan senjata. Perdamaian tersebut dicapai setelah kedua negara terlibat dalam pertempuran besar yang selalu dikenal dengan perang Yom Kippur.

Pada 11 November 1974, seorang aktor ternama dan berperan dalam sejumlah film box office seperti Titanic, Great Gatsby, dan Blood Diamond lahir kedunia. Dia adalah Leonardo Di Caprio. Pria berdarah Italia dan Jerman itu lahir di Los Angeles, California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini