Sukses

Hati-Hati, 5 Makanan Ini Disebut Membahayakan Bagi Ginjal

Lima makanan yang berbahaya dan berpotensi untuk merusak ginjal.

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh, karena ia bertugas membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, dan menyaring racun dan cairan ekstra dalam darah kalian.

Itu sebabnya, merawat ginjal menjadi sangat penting. Yang perlu diperhatikan adalah makanan-makanan yang punya potensi untuk merusak atau berbahaya bagi ginjal.

Dikutip dari BrightSide pada Sabtu (9/11/2019), berikut lima makanan yang berbahaya dan berpotensi untuk merusak ginjal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat

Walaupun alpukat terkenal dan dipuji karena beragam kualitas bergizinya, terlalu banyak makannya mungkin berbahaya bagi ginjal kalian, terutama jika kalian sudah memiliki penyakit ginjal. Alasannya adalah buah ini memiliki tingkat kalium yang sangat tinggi.

Tubuh kita membutuhkan mineral ini, tetapi terlalu banyak kalium dalam darah dapat menyebabkan masalah serius seperti kram otot dan detak jantung yang tidak teratur.

3 dari 6 halaman

2. Daging

Makan terlalu banyak daging dapat menyebabkan masalah ginjal karena protein hewani bisa sangat sulit untuk dimetabolisme, membuat eliminasi produk limbah menjadi beban bagi ginjal.

Pola makan yang kaya protein hewani juga bisa memicu berkembangnya batu ginjal. Daging memiliki jumlah purin yang tinggi yang merangsang produksi asam urat, yang merupakan salah satu penyebab umum batu ginjal.

kalian bisa makan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan sebagai gantinya dan kalian masih akan mendapatkan protein yang dibutuhkan tubuh kalian.

4 dari 6 halaman

3. Garam

Diet sehat harus mencakup maksimum 2.300 mg natrium per hari (sekitar satu sendok teh garam).

Jika kalian makan terlalu banyak garam, ginjal kalian harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan natrium, sehingga mereka mungkin mulai menahan air yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Agar ginjal kalian tetap sehat, kalian bisa menambahkan bumbu dan rempah ke dalam makanan kalian alih-alih menggunakan garam.

Kalian juga bisa mengurangi konsumsi makanan olahan dan kemasan, seperti sup kalengan atau sayuran, piza beku, dan saus salad, karena biasanya mengandung banyak garam.

5 dari 6 halaman

4. Pisang

Jika kalian menduga kalian memiliki masalah ginjal, nutrisi yang baik dan diet yang tepat sangat penting untuk tetap sehat.

Ini berarti membatasi konsumsi beberapa makanan seperti pisang, karena mereka memiliki tingkat kalium yang sangat tinggi, yang dapat berbahaya bagi mereka yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik.

Orang dewasa yang sehat harus memiliki asupan 3.500-4.700 mg kalium setiap hari dari makanan dan rata-rata pisang (150 gram) sudah mengandung 537 mg.

Namun, jika kalian menderita penyakit ginjal, asupan kalium harus lebih rendah karena tubuh kalian tidak dapat menyaring kelebihan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

6 dari 6 halaman

5. Produk Susu

Meskipun produk susu kaya akan vitamin dan nutrisi, terlalu banyak susu, yogurt, dan keju dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Ini semua bisa terjadi karena tingginya jumlah fosfor yang terkandung dalam makanan ini yang mungkin memberi tekanan pada ginjal kalian.

Selain itu, jika ginjal kalian tidak berfungsi penuh, mereka tidak akan dapat menghilangkan fosfor tambahan dari darah kalian dan ini dapat menyebabkan tulang tipis dan lemah dari waktu ke waktu dan peningkatan risiko patah tulang.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini