Sukses

Tingginya Angka Bunuh Diri... 10 Fakta Mengejutkan Tentang Transgender

10 fakta mengenai transgender yang belum diketahui banyak oleh publik.

Liputan6.com, Jakarta - Transgender mungkin masih dianggap tabu oleh kebanyakan orang. Tak hanya di Indonesia, tapi hal itu juga masih terjadi di seluruh dunia. 

Menurut kebanyakan orang, transgender merupakan kesalahan dari berbagai aspek, entah secara agama, politis maupun norma sosial. Namun ternyata, banyak stigma mengenai transgender yang sebenarnya salah.

Dari sisi mereka sendiri, yang merupakan seorang transgender, sebenarnya mengalami berbagai kebimbangan dalam hidupnya sebelum akhirnya memutuskan untuk menunjukkan jati diri mereka.

Dilansir dari List Verse, Sabtu (9/11/2019), berikut adalah 10 fakta mengenai transgender yang banyak belum diketahui: 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Tingginya jumlah kasus transgender bunuh diri

Tak disangka, ternyata banyak kasus transgender yang melakukan uji coba bunuh diri. Berbagai hal menjadi alasan mereka, diantaranya harga diri ataupun intimidasi.

Sebanyak 43% transgender mengatakan bahwa mereka pernah mencoba melakukan usaha bunuh diri. Terkait dengan masalah intimidasi atau kekerasan, hampir 30% remaja melaporkan bahwa mereka merasa tidak aman ketika bepergian ke sekolah.

Banyak juga transgender yang mengatakan bahwa mereka setidaknya dua kali melakukan percobaan bunuh diri. 

Sebagai perbandingan, hanya 5% laki-laki normal yang melakukan percobaan bunuh diri dan jumlah yang sama bagi perempuan normal.

3 dari 11 halaman

2. Terjadi banyak komplikasi saat operasi transgender

Walaupun setiap tindakan operasi pasti memiliki risiko, namun beda halnya dengan operasi kelamin. Masalah yang paling sering dilaporkan berpusat di sekitar kandung kemih atau uretra.

Mengingat kerumitan dari kedua operasi, entah itu pria-wanita atau sebaliknya, tidak mengherankan bahwa komplikasi kemih umum terjadi.

Satu studi pada 2017 sampai pada kesimpulan bahwa lebih dari 33% orang transgender mengeluhkan masalah medis mengenai area tersebut.

Secara khusus, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pengalaman dan spesialisasi oleh dokter telah menyebabkan penurunan komplikasi bedah.

Namun, riset tersebut menguak sebanyak 11% pasien membutuhkan operasi tambahan yang tidak direncanakan karena pendarahan yang luas di lokasi bedah.

4 dari 11 halaman

3. Jumlah kasus pembunuhan transgender meningkat

Meskipun masih relatif sedikit jumlahnya, angka pembunuhan transgender dilaporkan meningkat di AS dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2018, ada 26 pembunuhan transgender, dengan sebagian besar korban adalah perempuan transgender kulit hitam. Pada 2019, setidaknya ada 21 kasus.

Adapun mengapa orang kulit hitam transgender tampaknya lebih rentan mengalami kekerasan. Kemungkinan dihubungkan dengan fakta bahwa mereka lebih banyak menghadapi diskriminasi.

Entah karena jenis kelamin mereka, seksualitas mereka atau ras mereka, ada lebih banyak alasan mengapa orang memilih untuk menyerang mereka.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan sebanyak 10% orang transgender melaporkan diserang secara fisik dalam setahun terakhir.

5 dari 11 halaman

4. Hubungan seks dengan wanita transgender

Belum banyak penelitian mengenai pria heteroseksual dan wanita transgender.

Dari sedikit studi yang telah dilakukan, mereka memiliki beberapa kesimpulan bahwa di antara mereka, beberapa pria tidak menganggap diri mereka gay jika mereka tidur dengan seorang wanita transgender, bahkan jika dia belum menyelesaikan sisi operasi transformasi.

Untuk pendekatan yang lebih ilmiah, penelitian telah menunjukkan bahwa satu-satunya hal yang benar-benar penting bagi sebagian pria adalah bahwa mereka secara lahiriah terlihat "feminin".

6 dari 11 halaman

5. Mahalnya biaya operasi

Bagi mereka yang menderita disforia gender, ada beberapa pilihan di luar sana.

Mulai dari sekadar berpakaian sebagai jenis kelamin pilihan mereka hingga hanya menggunakan obat pengganti hormon.

Pilihan yang paling ekstrem adalah operasi penggantian kelamin tetapi tidak tersedia bagi banyak orang karena harganya yang mahal.

Pertama, hampir semua asuransi tidak mencakup operasi atau hanya akan menanggung sebagian kecil dari biayanya. Kedua, biayanya bisa sangat besar, dengan beberapa studi menetapkan harga lebih dari US$100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Oleh karena itu, banyak orang transgender sering hanya akan menjalani sebagian operasi, dengan beberapa melakukan tindakan ekstrem, seperti pengikatan dada, untuk memastikannya terlihat semirip mungkin dengan jenis kelamin yang mereka sukai.

7 dari 11 halaman

6. Penyesalan usai operasi

Seperti banyak masalah transgender terkait kesehatan, tidak ada informasi yang cukup tentang seberapa sering orang melaporkan penyesalan pasca operasi, meskipun banyak kisah yang terjadi.

Namun, beberapa dokter telah melaporkan bahwa pasien kembali datang dalam beberapa bulan atau tahun setelah operasi mereka dan meminta untuk dikembalikan seperti semula.

Jika beberapa penelitian benar-benar dilakukan, sekitar satu dari 20 orang transgender diyakini menderita penyesalan pasca operasi.

Beberapa orang melaporkan pengaruh hormon sebagai kekuatan pendorong di balik keputusan terburu-buru mereka untuk menjalani operasi sedangkan lainnya mengeluh kurangnya terapi yang tersedia, yang memicu mereka untuk melakukan bunuh diri.

8 dari 11 halaman

7. Wanita transgender ikut berkompetisi dalam ajang olahraga

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi Komite Olimpiade Internasional telah benar-benar memungkinkan orang transgender untuk berpartisipasi sejak 2003.

Hampir semua orang setuju dengan pria transgender yang bersaing, tetapi banyak yang melihat wanita transgender mengalami ketidakadilan.

Mungkin untuk melawan kepercayaan itu, IOC melembagakan beberapa aturan yang sangat spesifik di sekitar level testosteron pada atlet wanita mereka.

9 dari 11 halaman

8. Operasi transgender bukanlah hal baru

Meskipun tampaknya operasi kelamin merupakan fenomena yang relatif baru, operasi transgender, atau operasi penggantian kelamin, sudah ada sejak lama.

Operasi pertama yang dilakukan untuk seorang individu transgender adalah mastektomi pada tahun 1926, yang dilakukan oleh klinik terkenal seksolog Jerman Magnus Hirschfeld.

Penektomi atau proses penghilangan penis, pertama dilakukan empat tahun kemudian, dengan vaginoplasti pertama di dunia pada tahun berikutnya. (Sayangnya, pasien meninggal tak lama setelah itu.)

Orang Amerika pertama yang menjalani operasi adalah Christine Jorgenson.

Pada tahun 1952, ia melakukan perjalanan ke Denmark dan dilakukan oleh Christian Hamburger. (Dia bahkan memilih namanya untuk menghormatinya.)

Mungkin karena penampilannya yang cantik dan rambutnya yang pirang, Jorgenson diterima dengan baik oleh publik Amerika, menjadi ikon bagi orang-orang transgender selama beberapa dekade sesudahnya.

10 dari 11 halaman

9. Tingginya tingkat HIV

Menurut Centers od Disease Control, ada sejumlah fakta menarik tentang transgenderisme dan HIV.

Secara total, mereka tiga kali lebih berpotensi daripada rata-rata nasional untuk terkena HIV.

Stigma dan diskriminasi, faktor-faktor yang mempengaruhi orang-orang transgender lebih daripada kelompok-kelompok lain, sering dikutip sebagai alasan untuk persentase yang lebih tinggi.

Dalam sebuah penelitian, 84% dari mereka yang didiagnosis adalah wanita transgender dan 15% adalah pria transgender. (1% adalah gender yang tidak sesuai.) Termasuk dalam angka-angka itu adalah fakta bahwa sebanyak 14% perempuan transgender memiliki HIV, dengan orang kulit hitam hampir setengah dari jumlah itu.

11 dari 11 halaman

10. Kasus transgender sangatlah jarang

Sebuah studi tahun 2016, yang melihat berbagai survei selama sembilan tahun sebelumnya, menyimpulkan dua hal.

Pertama, proporsi individu transgender tumbuh dari waktu ke waktu. Kedua, jumlah itu masih sangat kecil: hanya sekitar 1 dari setiap 250 orang dewasa, atau 0,4%.

Sebagai perbandingan, semua orang lesbian, gay, atau biseksual di A.S. hanya menyumbang sekitar 4%.

Dengan fakta itu, pasti mengejutkan bahwa begitu banyak orang terlalu menghebohkan kehidupan populasi transgender yang sebenarnya sangat kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.