Merapikan Tempat Tidur... 8 Kebiasaan Pagi Hari yang Harus Dihindari

Oleh Afra Augesti pada 07 Nov 2019, 18:30 WIB
Ilustrasi bangun tidur

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, untuk mengawali pagi mereka adalah dengan minum secangkir kopi setiap hari atau sarapan sereal dicampuur susu. Namun, tahukah Anda kebiasaan ini mungkin bukan cara terbaik untuk memulai hari? 

Karena sudah menjadi kebiasaan sejak lama, maka biasanya orang tersebut akan sangat sulit untuk meninggalkannya.

Akan tetapi, adakah cara untuk menghindarinya dan menggantinya dengan yang lebih baik?

Simak 8 kebiasaan yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada setiap pagi, disertai dengan tips untuk 'mejauhinya', seperti dikutip dari Bright Side, Kamis (7/11/2019).

2 of 9

1. Tidak Mandi dan Hanya Cuci Muka

Ilustrasi Mandi
Ilustrasi mandi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Menurut seorang dokter dari Harvard University, mandi pagi membuat kita lebih mudah mencari solusi dari permasalahan yang akan kita hadapi, karena kegiatan ini membantu tubuh menjadi segar, otak menjadi aktif, dan kecil kemungkinannya untuk terganggu oleh faktor-faktor luar.

Mandi memungkinkan otak untuk menghasilkan ide-ide baru dan unik. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh melewatkan mandi setelah bangun dari tidur malam.

3 of 9

2. Pakai Air Panas untuk Mandi Pagi

Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Karena air panas memiliki efek relaksasi, menggunakannya untuk mandi pada pagi hari akan membuat Anda merasa mengantuk setelahnya.

Mandi pagi dengan air dingin memiliki beberapa keuntungan. Selain membantu Anda merasa segar, air dingin juga merangsang aktivitas otak dan membuat sistem kekebalan Anda bekerja lebih baik. Air dingin, tidak seperti air panas, tidak membuat kulit kering. 

4 of 9

3. Mengecek Ponsel dalam Waktu Lama

ponsel
ilustrasi mengecek handphone/Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

Media sosial adalah alasan utama banyak orang mengecek ponsel mereka pagi hari. Cara kita menghabiskan hari bergantung pada bagaimana kita memulai pagi.

Jadi, berhenti membuang waktu Anda untuk mengecek kehidupan orang lain di media sosial, membaca komentar dan opini, atau hal-hal tak berguna lainnya.

Sebagai gantinya, periksa kotak masuk email bisnis Anda, karena ini dapat membuat hari Anda terasa berjalan lebih lama.

Alternatif lain adalah mendengarkan musik favorit, lwat platform terkait atau podcast, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai, atau membuat sarapan yang sehat.

5 of 9

4. Memilih Baju Terlalu Lama

5 Kesalahan Remeh yang Buat Pakaian di Lemari Kecil Berantakan
Ilustrasi gantungan baju (dok. Pixabay)

Pernahkah Anda menghabiskan waktu berjam-jam pada pagi hari di depan cermin sembari kebingungan memilih pakaian yang akan dikenakan?

Untuk membuat pilihan baju Anda lebih sederhana, kurangi variasi busana yang Anda miliki di lemari. Mendiang bos Apple, Steve Jobs, setiap hari sering mengenakan jins, kaus, atau kemeja hitam yang sama.

Bukan karena ia perhitungan atau tak punya banyak baju bagus nan mewah, tetapi ia sadar bahwa waktu adalah hal yang amat berharga untuknya.

Buat area khusus di lemari Anda di mana Anda hanya menempatkan pakaian yang Anda kenakan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kode berpakaian yang membuat Anda mengenakan jaket hitam dan kemeja putih, simpan hanya jaket hitam dan kemeja putih di area tersebut.

Periksa lemari pakaian Anda secara teratur dan singkirkan benda-benda yang tidak Anda pakai lagi. Simpan pakaian apa pun --yang sesuai musim--di tempat yang berbeda juga.

6 of 9

5. Mengonsumsi Sereal

Ilustrasi sereal (AFP)
Ilustrasi sereal (AFP)

Satu porsi sereal biasa (50 gram) mengandung sekitar 4 sendok makan (sdm) gula. Semakin banyak gula yang dikonsumsi pada pagi hari, semakin menumpuk pula insulin (hormon yang dibentuk dalam pankreas yang mengendalikan kadar gula dalam darah) ke dalam darah.

Ketika efek insulin habis, Anda menjadi lelah dan sakit perut. Susu, yogurt, dan buah segar yang ditambahkan ke sereal juga tidak sehat untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Seorang ahli diet terkenal, Chelsey Amer, baru-baru ini mengatakan bahwa lebih sehat untuk makan sepotong piza pada pagi hari ketimbang semangkuk sereal.

Piza mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, menjadikannya sarapan yang seimbang. Namun, penting untuk diingat agar tidak makan lebih dari satu potong.

Selain piza, Anda bisa makan telur dadar, keju cottage, atau daging yang tidak mengandung terlalu banyak lemak.

7 of 9

6. Menggosok Gigi Setelah Sarapan

20160913 Gosok Gigi
Ilustrasi Foto Membersihkan dan Menggosok Gigi (iStockphoto)

Setelah sarapan, enamel pada gigi Anda menjadi rentan, terutama jika Anda makan buah, jeruk, atau minum soda lantaran ini semua mengandung asam sitrat dan asam fosfat.

Yang harus Anda lakukan sebagai gantinya adalah berkumur dengan air tawar dan mengambil sisa makanan yang menempel di sela gigi dengan benang khusus.

Cobalah menyikat gigi 30 menit setelah sarapan. Hal serupa juga berlaku setelah makan malam dan sebelum tidur.

8 of 9

7. Minum Kopi Hitam

Kopi Hitam (pixabay)
Ilustrasi kopi hitam (Foto: Pixabay)

Kopi hitam yang diminum tepat setelah bangun tidur membuat kadar kortisol Anda tinggi yang menyebabkan kecemasan. Selain itu, Jika Anda minum kopi saat lapar, Anda bisa terkena gastritis (peradangan selaput lendir pada lambung) atau mag.

Penelitian menunjukkan, waktu terbaik untuk minum secangkir kopi pertama Anda adalah tiga atau empat jam setelah bangun tidur.

Namun, jika Anda tidak bisa menahan diri untuk menghindarinya, tambahkan sedikit susu atau krim ke dalam kopi Anda. Dengan cara ini, Anda akan mengurangi efek keras dari kopi di perut.

9 of 9

8. Segera Merapikan Tempat Tidur

Tempat Tidur
ilustrasi foto stylish bed room/ kamar tidur (iStockphoto)

Ketika Anda merapikan tempat tidur tepat setelah Anda bangun, Anda menciptakan lingkungan yang baik untuk tungau debu, karena kelembaban yang ditinggalkan tubuh Anda pada seprai pada malam hari tidak memiliki kesempatan untuk menguap.

Para ilmuwan merekomendasikan untuk sepenuhnya memindahkan selimut dari kasur setelah Anda bangun, supaya seprai mengering total dan tidak lembab.

Lanjutkan Membaca ↓