Sukses

70 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Indonesia, AS Gelar Pameran Foto di Perpusnas

Dalam rangka perayaan hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia yang ke 70, Kedutaan Besar AS menggelar pameran foto yang diadakan di Perpustakaan Nasional RI.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka perayaan hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat, Kedutaan Besar Amerika Serikat bekerjasama dengan media nasional ANTARA menggelar pameran foto di Perpustakaan Nasional RI. Pameran tersebut dapat dikunjungi oleh publik selama lima hari dari tanggal 5-10 November 2019.

Di hari pertama pembukaan pameran foto, Joseph R Donovan selaku Duta Besar AS untuk Indonesia bersama dengan pihak ANTARA dan Perpusnas RI meresmikan acara yang ditandai dengan proses pemotongan pita. 

Foto-foto yang dipamerkan berjumlah 70, sebagai lambang 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Setiap fotonya menggambarkan hubungan kerja sama yang baik antara kedua negara di bidang politik, ekonomi maupun sosial. 

Pameran foto jurnalistik yang mengambil tema 'Membidik Hubungan Bilateral AS-Indonesia Lewat Lensa Jurnalistik 1949-2019', diharapkan dapat mengangkat kembali nilai-nilai sejarah dalam hubungan antara Indonesia dan AS, serta membawa kembali nilai-nilai yang diterapkan oleh kedua negara mengenai pentingnya kemerdekaan pers dan juga hubungan antar rakyat untuk ke depannya. 

Ketika ditanya mengenai foto mana yang menjadi favoritnya, foto Mantan Wakil Presiden AS Hubert Humphrey menjadi jawaban dari Donovan.

"Saya paling suka foto Hubert Humphrey yang sedang bekerja keras menggunakan cangkul di Jawa Tengah," ujar Donovan.

Ia juga menambahkan bahwa pameran foto ini bisa menjadi bukti bahwa hubungan diplomatik antara AS dengan Indonesia merupakan hubungan yang bertahan lama dan juga berkelanjutan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Kurasi Foto

Awalnya, pihak AS mendatangi ANTARA untuk mencari arsip foto yang mengabadikan hubungan antara kedua negara selama 70 tahun ini. 

Pameran foto menjadi pilihan bagi pihak AS lantaran pihaknya ingin masyarakat bisa melihat bukti nyata adanya kerjasama yang kuat antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

Sejumlah 50 foto diambil oleh jurnalis foto profesional dari ANTARA, sedangkan sisanya merupakan koleksi dari Kedubes AS serta Perpusnas RI.

Sebelum terpilih 50 foto tersebut, ANTARA mengatakan bahwa terdapat kurang lebih 6000 foto terkait hubungan diplomatis antara AS dan Indonesia yang berada di dalam arsip ANTARA. Dari 6000 foto, ANTARA memilih lagi menjadi 250 foto dan kemudian disaring lagi menjadi 50 foto.

Foto tertua yang ditampilkan dalam pameran tersebut mengabadikan momen saat Perundingan Renville di Jakarta. Dalam acara yang digelar pada 7 Desember 1947 itu, delegasi dari Komisi Tiga Negara (KTN) termasuk Australia, Belgia dan Amerika tiba di Tanjong Priok.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian Acara di Pameran Foto

Rangkaian acara masih akan terus berlangsung hinga 10 November 2019.

Berikut adalah rangkaian acara yang akan digelar di Perpustakaan Nasional RI terkait dengan pameran foto tersebut:

  • Rabu, 6 November 2019 - "Diskusi Bedah Potret 70 Tahun Hubungan AS-Indonesia,"
  • Kamis, 7 November 2019 - "Diskusi Sejarah Peran Amerika Serikat Sebelum dan Awal Kemerdekaan Indonesia,"
  • Jumat, 8 November 2019 - "Sesi Informasi dan Tanya Jawab Tentang Program Studi di AS serta Program Pertukaran Young Southeast Asian Leaders Initiative."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.