Top 3: Fakta Delta Force hingga Misteri Peradaban yang Hilang jadi Sorotan

Oleh Liputan6.com pada 01 Nov 2019, 11:04 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 12:17 WIB
Ilustrasi unit pasukan khusus AS (special mission unit, JSOC); Delta Force/1st SFOD-D atau Army Compartmented Element (ACE), US Special Forces, DEVGRU-Navy SEALs, US Army Ranger, MARSOC, AFSOC, dll (sumber: US Army)

Liputan6.com, Jakarta - Unit pasukan khusus Amerika Serikat dari cabang Angkatan Laut, SEALs Team 6 atau Naval Special Warfare Development Group (DEVGURU) menjadi populer karena diketahui mereka berhasil memburu pemimpin kelompok teroris Al Qaeda dalang serangan 9/11, Osama bin Laden padda 2011 silam.

Artikel mengenai fakta-fakta mereka menjadi berita paling populer di kanal Global edisi hari ini.

Berita menarik lainnya, mengenai asteroid besar yang sepertinya sedang menuju bumi dengan kecepatan 30.577 km per jam.

Dan artikel menarik ketiga, mengenai 5 peradaban yang hilang di dunia.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Jumat, (1/11/2019) di kanal Global, Liputan6:

2 dari 4 halaman

1. Fakta-Fakta Delta Force

Delta Force
Pengawal Delta Force dalam pakaian sipil, memberikan perlindungan untuk Jenderal Norman Schwarzkopf selama Perang Teluk Persia, 1991. (Creative Commons)

Popularitas unit pasukan khusus Amerika Serikat dari cabang Angkatan Laut, SEALs Team 6 atau Naval Special Warfare Development Group (DEVGRU) mungkin cukup lazim dikenal bagi sebagian kalangan, terlebih, ketika mereka berhasil memburu pemimpin kelompok teroris Al Qaeda dalang serangan 9/11, Osama bin Laden pada 2011 silam.

Kini, sebuah unit elite lain milik AS mencuat ke ambang popularitas serupa, menyusul operasi penyerbuan militer Amerika ke kompleks persembunyian pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi di Suriah, yang berujung pada kematian bos kelompok teroris paling dicari pada akhir pekan lalu.

Mereka adalah Delta Force yang kini populer disebut-sebut oleh sejumlah media, meski eksistensi mereka --yang secara resmi disangkal oleh pejabat militer AS-- telah ada sejak hampir setengah abad silam.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Asteroid Besar Menuju Bumi

Ilustrasi Asteroid
Ilustrasi artis tentang asteroid yang berpotensi berbahaya menuju Bumi. (Kredit: ESA)

NASA mengatakan, sebuah batuan ruang angkasa besar sedang mendekati Bumi pada hari ini, Kamis, 31 Oktober 2019. Menurut badan antariksa Amerika Serikat itu, objek yang dijuluki Asteroid 2019 UJ3 terbang menuju Bumi dengan lintasan "pendekatan dekat".

Selain itu, NASA menyebut UJ3 akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi pada sekitar pukul 12.37 GMT atau jam 19.30 WIB. Demikian seperti dikutip dari Express, Kamis, 31 Oktober 2019.

NASA pertama kali mendeteksi pendekatan batuan angkasa luar itu pada 19 Oktober 2019. Objek dekat-Bumi (NEO) ini akan berada di jarak 0.01871 unit astronomi (au) dari Bumi.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Peradaban-Peradaban Ini Hilang Entah Kemana

Lost cities (2) Lothal
Sebuah kota dapat musnah karena bencana alam, persoalan ekonomi, ulah manusia, atau pupusnya sebuah peradaban. (Sumber Alamy via news.com.au)

Peradaban umat manusia bisa menghilang dalam beberapa tahun ke depan. Ini bukan pertama kalinya sebuah peradaban raib dari muka Bumi.

Lenyapnya peradaban sebelum-sebelumnya konon disebabkan oleh perang, perubahan iklim, penyakit, invasi, letusan gunung berapi.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓