Sukses

Bisa Ditiru, 5 Kiat Cantik Natural Ala Perempuan Jepang

Berikut 5 kiat cantik alami ala perempuan Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Wanita Jepang dianggap sebagai perempuan paling cantik di dunia. Penampilan mereka bahkan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Jika Anda berpikir itu semua tentang gen dan iklim di Jepang, namun ini semua salah. Faktor kecantikan natural perempuan Negeri Sakura adalah mengenai perawatan sederhana yang mereka lakukan juga.

Berikut 5 tip dan trik agar tampil cantik alami ala wanita Jepang, seperti dikutip dari Bright Side, Kamis (31/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cuci Muka Pakai Tajin

Beras kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan dini, menenangkan jaringan di wajah, dan membuatnya bercahaya.

Wanita Jepang telah menggunakan air beras atau tajin untuk membasuh muka dan rambut mereka sejak zaman dahulu kala, dan ada beberapa metode untuk membuat tajin di rumah. Jika Anda tidak terburu-buru, cobalah membuat air beras fermentasi.

Caranya:

1. Masukkan setengah cangkir beras ke dalam mangkuk yang bersih dan bilas nasi dengan air jernih beberapa kali.

2. Tambahkan 2 gelas air dan rendam beras selama 15 menit.

3. Saring nasi dan simpan air beras dalam stoples selama 1-2 hari pada suhu kamar.

Anda bisa tahu air beras fermentasi Anda sudah siap ketika baunya sedikit asam. Setelah itu, Anda dapat menggunakan larutan beras tersebut untuk mencuci wajah dan rambut Anda, usai mengencerkannya dengan 1-2 gelas air. Simpan sisa air beras di lemari es.

3 dari 6 halaman

2. Masker Rumput Laut

Rumput laut dikenal karena khasiat kesehatannya yang luar biasa dan direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat. Ini banyak digunakan di Jepang. Namun, Anda juga dapat menggunakannya di wajah Anda untuk membuat kulit Anda bersinar dan lebih terhidrasi.

Untuk membuat masker rumput laut sendiri, campur seperempat cangkir bubuk rumput laut dengan air hangat dan minyak zaitun, sampai Anda mendapatkan substansi tebal yang halus.

Oleskan campuran ini ke wajah dan leher Anda, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Anda juga dapat menempelkan potongan rumput laut basah langsung ke wajah.

4 dari 6 halaman

3. Pertahankan Kolagen Tinggi

Kolagen adalah protein struktural penting dari kulit kita dan kehilangan elemen ini membuat kita terlihat lebih tua. Di Jepang, Anda dapat membeli segala macam suplemen kolagen yang dijual dalam bentuk pil, jeli, permen, dan minuman.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa tidak ada gunanya mengonsumsi suplemen kolagen dengan sengaja, tetapi ada cara untuk meningkatkan kadar kolagen kulit Anda secara alami.

Tambahkan kaldu tulang, ikan, ayam, putih telur, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk ke dalam diet Anda untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak kolagen.

5 dari 6 halaman

4. Minyak Camellia

Bunga camelia, atau tsubaki, adalah salah satu pohon berbunga yang paling populer di Jepang. Wanita di sana suka menggunakan minyak kembang ini yang diekstrak dari biji tanamannya dan dikenal karena kemampuannya yang gampang diserap kulit, juga mempertahankan kelembaban.

Minyak bunga camellia kaya akan asam lemak, vitamin, dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari paparan polusi udara dan membuat kulit jadi lebih lembut dan halus.

Minyak camellia dapat ditemukan di banyak produk kosmetik yang banyak digunakan oleh wanita Jepang, mulai dari krim wajah hingga sampo.

6 dari 6 halaman

5. Teh Hijau

Selain secara teratur meminum ramuan teh hijau, yang kaya akan antioksidan, Anda dapat mencoba membuat masker wajah teh hijau sendiri. Teh hijau ampuh untuk menghapus kerutan kecil, mengencangkan pori-pori, dan mendetoksifikasi kulit.

Ambil satu setengah sendok teh bubuk teh hijau matcha, tambahkan 1 sendok teh air dan setengah sendok teh madu. Campur semua bahan menjadi satu dan oleskan di seluruh wajah Anda. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.