Sukses

Cegah Penyebaran Hoax, India Akan Pantau Pengguna Whatsapp

Pemerintah India akan meregulasi aplikasi whatsapp untuk mencegah penyebaran hoax.

Liputan6.com, New Delhi - Rencana India untuk mencoba melakukan pemantauan, intersepsi, dan penelusuran pesan di media sosial telah membuat pengguna dan aktivis privasi khawatir. Termasuk perusahaan dari platform komunikasi perpesanan WhatsApp.

Dilansir dari BBC, Rabu (30/10/2019), Kementerian Teknologi dan Informatika India akan mengumumkan pada Januari 2020, tentang aturan baru untuk berbagai platform yang memungkinkan orang mengirim, atau berbagi, pesan. Ini adalah istilah umum, yang sebenarnya juga mencakup e-commerce dan banyak jenis aplikasi serta situs web lainnya.

Langkah ini sebagai respons terhadap banyaknya berita palsu yang telah menyebabkan kekerasan massa dan bahkan menyebabkan kematian. Bahkan yaling sering terjadi adalah desas-desus tentang penculik anak, diedarkan di WhatsApp dan platform lainnya. Pesan-pesan itu, tanpa berdasar pada kenyataannya, menyebabkan gerombolan perusuh menghadang orang yang tidak bersalah.

"Penyerang" tersebut menyebar ke puluhan ribu pengguna dalam hitungan jam, dan menjadi hampir mustahil untuk dilawan begitu mereka menyebar.

Dalam satu contoh pada tahun 2018, korban kekerasan massa adalah seorang pria yang telah dipekerjakan oleh pejabat pemerintah untuk berkeliling desa dengan pengeras suara dan memberitahu penduduk setempat untuk tidak percaya rumor menyebar di media sosial.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekerasan Terjadi Kerena Hoax

Ada lebih dari 50 kasus kekerasan massa yang terdokumentasi dipicu oleh kesalahan informasi yang tersebar di media sosial di India dalam dua tahun terakhir. Banyak platform, termasuk Facebook, YouTube, atau Sharechat, sebuah aplikasi media sosial yang menggunakan bahasa setempat memiliki peran yang besar.

Tetapi, WhatsApp yang dimiliki Facebook sejauh ini merupakan platform yang paling populer. Dengan India menyumbang 400 juta basis global dari 1,5 miliar pengguna, India akhirnya menjadi fokus diskusi tentang penyebaran informasi palsu.

Setelah serentetan kekerasan massa yang digerakkan oleh rumor pada tahun 2018 terjadi, pemerintah telah meminta WhatsApp untuk membantu menghentikan penyebaran "pesan yang tidak bertanggung jawab dan menyebar" pada platformnya. Akhirnya, para platform mengambil beberapa langkah, termasuk membatasi jumlah provokator yang diizinkan sampai lima sekaligus, dan memasang tag yang diteruskan pada pesan-pesan itu.

Pemerintah merasa cara tersebut masih belum cukup, maka dari itu mereka ingin WhatsApp menggunakan alat otomatis untuk memantau pesan, seperti halnya China, untuk mencatat pesan tertentu. Pemerintah juga ingin para perusahaan melacak dan melaporkan pengirim asli pesan atau video.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Pemerintah India

Jaksa Agung India telah mengatakan kepada Mahkamah Agung dalam kasus terkait perusahaan media sosial yang  tidak boleh melakukan ekspansi ke India jika mereka tidak dapat mendekripsi informasi untuk agen investigasi, dalam kasus penghasutan dan pornografi, di antara kejahatan lainnya.

"Lihat, mereka sudah [perusahaan media sosial] bahkan pergi ke pengadilan untuk menghentikan kita," kata seorang pejabat pemerintah.

Dia menambahkan bahwa pengawasan online di Tiongkok jauh lebih dalam dan lebih luas. Pada platform WeChat yang populer, pesan-pesan terkenal menghilang jika mengandung kata-kata yang dilarang oleh pemerintah.

WhatsApp mengatakan telah berhasil melakukan langkah-langkah tersebut.

"Pembatasan tersebut telah mengurangi jumlah pesan yang diteruskan pada platform sebesar 25%," kata seorang juru bicara Whatsapp.

Dia menambahkan bahwa perusahaan secara aktif melarang dua juta akun dalam sebulan karena "terlibat dalam pengiriman pesan massal atau otomatis", dan menjalankan kampanye pendidikan publik besar yang telah mencapai ratusan juta orang India.

Sementara itu, aktivis privasi sangat khawatir tentang tuntutan untuk "melacak" pengirim asli pesan.

Pemerintah mengatakan ingin melacak pesan yang menyebabkan kekerasan dan kematian, tetapi aktivis khawatir itu akan melacak kritik,dan berefek pada kebebasan berbicara.

Ini bukan kekhawatiran yang tidak berdasar, mengingat banyaknya kasus di mana mereka yang mengkritik tindakan pemerintah, seperti tindakan kerasnya di Kashmir Agustus lalu, atau mereka yang menulis surat protes kepada perdana menteri, akhirnya menghadapi tuduhan penghasutan.

"Apa yang mereka inginkan hari ini tidak mungkin, mengingat enkripsi ujung-ke-ujung yang kami gunakan," kata Carl Woog, kepala komunikasi global WhatsApp.

"Kami akan perlu merancang ulang WhatsApp, mengarahkan kami ke produk yang berbeda, produk yang tidak akan bersifat pribadi. Bayangkan jika setiap pesan yang Anda kirim disimpan dengan catatan nomor telepon Anda. Itu tidak akan menjadi tempat untuk komunikasi pribadi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.