Top 3: Donald Trump Ingin Minyak Suriah hingga Peristiwa Astronomi November Terpopuler

Oleh Liputan6.com pada 30 Okt 2019, 10:31 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 18:14 WIB
Jadi Sinterklas, Donald Trump dan Istri Sibuk Dengarkan Permintaan Anak-Anak

Liputan6.com, Jakarta - Trump terlihat meningkatkan kehadiran pasukannya di sekitar ladang minyak sekitar Suriah Timur. Terdapat laporan yang menyatakan pejabat Kementerian Pertahanan membujuk presiden bahwa penting untuk melindungi sumber daya minyak Suriah Timur.

Artikel ini menjadi berita terpopuler pertama di kanal Global Liputan6.com, edisi hari ini.

Berita lain yang jadi sorotan terkait pemimpin ISIS yang jasadnya dibuang ke lautan oleh AS.

Berita populer ketiga, mengenai tiga peristiwa astronomi yang akan terjadi pada November 2019 ini.

Berikut ringkasan Top 3, berita terpopuler edisi Rabu, (30/10/2019) di kanal Global, Liputan6.com:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 4

1. Presiden Trump Inginkan Minyak di Suriah Timur

Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)
Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)

Amerika Serikat meningkatkan kehadiran pasukannya di sekitar ladang minyak di Suriah timur. Washington menyebut hal itu sebagai bagian dari operasi anti-terorisme yang masih berlangsung, meski pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi telah dinyatakan tewas di negara tersebut dalam serbuan operasi khusus pada Minggu 27 Oktober 2019 dini hari.

Kepala Staf Gabungan Militer AS (Panglima) Jenderal Mark Milley mengatakan pada Senin 28 Oktober, pasukan AS akan tetap di Tanf di sepanjang perbatasan Irak-Suriah, dan lebih banyak lagi dikirim ke ladang minyak yang dioperasikan oleh perusahaan energi AS ConocoPhillips di sekitar Deir Ezzor di Suriah timur, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Selasa (28/10/2019).

Rekaman video dari wilayah tersebut menunjukkan konvoi militer AS memasuki kembali Suriah, beberapa hari setelah Presiden Donald Trump memerintahkan mereka keluar sebelum invasi Turki.

Selengkapnya...

3 of 4

2. Pemimpin ISIS yang Jasadnya Dibuang ke Laut

Ilustrasi ISIS
Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Para pejabat AS mengumumkan pada hari Senin (28 Oktober) bahwa tubuh ketua kelompok militan Islam Abu Bakar al-Baghdadi dimakamkan di laut ketika rincian baru muncul tentang operasi pasukan khusus AS yang menyebabkan kematiannya.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (29/10/2019), Kurdi Suriah mengklaim pihaknya sebagai sumber utama intelijen yang membawa orang Amerika ke Baghdadi setelah sebelumnya bertahun-tahun melacak pemimpin ekstremis brutal itu di wilayah Irak dan Suriah.

Seekor anjing militer AS yang tidak disebutkan namanya, mengalami cedera setelah menjadi pahlawan dari serangan di ujung jalan buntu sebelum ia meledakkan dirinya dan tiga anak dengan rompi bunuh diri.

Militer AS merayakan keberhasilannya pada hari Senin setelah menewaskan pendiri sekaligus pembimbing spiritual kelompok Negara Islam.

Selengkapnya...

4 of 4

3. 3 Peristiwa Astronomi pada November 2019

Ilustrasi Galaksi Bima Sakti
Ilustrasi Galaksi Bima Sakti (NASA)

Pada Oktober tahun ini, banyak terjadi peristiwa astronomi di Bumi, di antaranya penampakan tiga hujan meteor, yaitu Draconid, Taurid Selatan, dan Orionid.

Selain itu, ada pula Hunter’s Moon (Bulan purnama setelah Harvest Moon) yang memuncak pada 12-13 Oktober. Namun, bagi mereka yang tinggal di Belahan Bumi Utara, Harvest Moon 2019 datang pada 13-14 September.

Satu minggu setelah Hunter's Moon, wahana antariksa milik Jeff Bezos, Blue Origin, mengumumkan sebuah tim yang akan bekerja sama untuk mengirim manusia kembali ke Bulan pada 2024.

Ada lagi hal lain yang berkaitan dengan tata surya kita: para ilmuwan mengumumkan penemuan 20 Bulan baru yang mengorbit Saturnus. Planet bercincin ini sekarang memiliki 82 satelit yang diketahui dan menjadi planet yang punya Bulan terbanyak di tata surya.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓