Sukses

Pemimpin Hong Kong Ungkap Strategi Atasi Resesi Ekonomi Akibat Demo

Rangkaian demo Hong Kong memicu resesi. Pemimpin Hong Kong kemukakan strategi untuk atasi "situasi suram" itu.

Liputan6.com, Hong Kong - Hong Kong kini sedang mengalami resesi lantaran aksi demonstrasi yang tak kunjung usai sejak lima bulan terakhir. Menurut Paul Chan selaku Sekretaris Keuangan hal itu membuat ekonomi Hong Kong tak berkembang tahun ini.

Para demonstran yang berpakaian hitam dan menggunakan masker telah melakukan aksi brutal dan anarkis dengan membakar pertokoan yang membuat pihak kepolisian harus menggunakan meriam air, gas air mata dan peluru karet.

Dilansir dari Straits Times, Selasa (29/10/2019), sebuah cuplikan di televisi menyiarkan para demonstran yang menyerang hotel Kowloon dan area perbelanjaan di Nathan Road dengan menyalakan api di sepanjang barikade.

"Pukulan (dari protes) terhadap ekonomi kita komprehensif," kata Mr Chan dalam sebuah posting blog, menambahkan bahwa perkiraan awal untuk produk domestik bruto kuartal ketiga pada hari Kamis akan menunjukkan dua kuartal berturut-turut kontraksi, definisi teknis dari resesi.

Dia juga mengatakan bahwa akan "sangat sulit" untuk mencapai perkiraan pra-protes pemerintah dari 0 persen hingga 1 persen dalam pertumbuhan ekonomi tahunan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Pemimpin Hong Kong

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan pada hari Selasa (29 Oktober) ia mengharapkan pusat keuangan Asia mencatat pertumbuhan ekonomi negatif untuk tahun 2019, karena Hong Kong bergulat selama lima bulan dengan protes anti-pemerintah.

Lam berbicara dua hari setelah Sekretaris Keuangan Paul Chan mengatakan Hong Kong telah jatuh ke dalam resesi dan tidak mungkin mencapai pertumbuhan apa pun tahun ini.

"Penilaian kami saat ini adalah bahwa tahun penuh 2019 kemungkinan akan menunjukkan pertumbuhan negatif, yang berarti kami tidak akan mampu mencapai pertumbuhan positif yang sudah direvisi turun 0-1 persen," kata Lam. "Situasinya sangat suram".

Protes, yang telah berevolusi menjadi seruan untuk demokrasi yang lebih besar, meningkat pada bulan Juni, menjerumuskan Hong Kong ke dalam krisis politik terbesar dalam beberapa dasawarsa dan menghadirkan tantangan paling parah kepada pemimpin China Xi Jinping sejak ia berkuasa.

Lam yang didukung oleh Beijing mengatakan bahwa pemerintah akan mengumumkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan perekonomian begitu kerusuhan mereda.

Pemerintah pekan lalu mengumumkan langkah bantuan sebesar HK $2 miliar (S$ 347,7 juta) setelah paket HK $19,1 miliar pada bulan Agustus untuk mendukung perekonomian.

Carrie Lam mengatakan pemerintah pusat di Beijing yakin pemerintahannya dapat mengembalikan kota ke keadaan normal dan telah mendukungnya menegakkan hukum dan ketertiban.

Para pengunjuk rasa marah tentang apa yang mereka pandang sebagai meningkatnya gangguan oleh Beijing di Hong Kong, yang kembali ke pemerintahan China pada tahun 1997 di bawah formula "satu negara, dua sistem" yang dimaksudkan untuk menjamin kebebasan yang tidak terlihat.

China membantah ikut campur. Mereka menuduh pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, yang menimbulkan masalah.

Jumlah wisatawan anjlok, dengan jumlah pengunjung turun hampir 50 persen pada Oktober mengakibatkan rekor penurunan penjualan ritel, meningkatnya pengangguran dan kebangkrutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.