Sukses

Ngeri, Ini 3 Kisah Petaka Mematikan di Pesawat

Ini 5 kisah mematikan yang pernah terjadi di pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak peristiwa tragis 11 September 2001, jumlah pembajakan dan pengeboman yang terjadi pada pesawat komersial menjadi sangat menurun.

Namun, mengingat standar keamanan yang lebih maju saat ini, sungguh menakjubkan untuk mempertimbangkan betapa lebih mudahnya melakukan pembunuhan di pesawat terbang.

Beberapa dekade yang lalu, seseorang bisa menyelundupkan senjata atau bom ke pesawat dan akibatnya banyak tragedi mengerikan terjadi.

Percaya atau tidak, tindakan ini tidak selalu dilakukan oleh teroris radikal dalam misi bunuh diri. Dalam banyak kasus, para pelaku bersedia melakukan pembunuhan massal karena motif sesederhana penipuan asuransi, dan mereka tidak peduli berapa banyak orang tak bersalah yang harus mati.

Menurut List Verse, Selasa (29/10/2019) berikut adalah 3 kasus mematikan yang pernah terjadi di dalam pesawat:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Fransisco Paula Gonzales

Pada dini hari 7 Mei 1964, Pacific Air Lines Flight 773 lepas landas dari Reno, Nevada dalam perjalanan menuju San Francisco.

Pesawat itu hanya beberapa menit dari pendaratan ketika tiba-tiba mendarat secara tajam. Sebuah pesan kacau terdengar di radio tentang seseorang yang ditembak sebelum penerbangan tersebut menabrak lereng bukit di Contra Costa County.

Sebanyak 44 orang kehilangan nyawa mereka, tetapi ketika sebuah pistol ditemukan di reruntuhan, menjadi jelas bahwa seseorang di dalamnya telah menyebabkan tragedi dengan menembak dua pilot.

Investigasi berbalik ke arah seorang penumpang berusia 27 tahun bernama Francisco Paula Gonzales, yang telah membeli $ 105.000 dalam polis asuransi jiwa di bandara pada hari sebelum kecelakaan.

Gonzales awalnya berasal dari Filipina dan merupakan anggota tim pelayaran mereka di Olimpiade 1960, tetapi ia mengalami banyak kesulitan keuangan setelah pindah ke San Francisco, yang membuatnya terbelit utang.

Pada hari-hari menjelang kecelakaan itu, Gonzales sering membuat referensi tentang kematiannya yang akan datang. Setelah melakukan perjalanan ke Reno, Gonzales menghabiskan waktu dengan berjudi sebelum naik penerbangan pagi ke San Francisco.

Dia menyelundupkan senjata Magnum .357 ke pesawat dan menyerbu kokpit untuk membunuh kedua pilot.

Gonzales kemudian mengarahkan pistol ke dirinya sendiri dan tidak dapat bertanggung jawab atas perbuatannya.

Karena tragedi ini, kini semua maskapai komersial diwajibkan untuk menjaga pintu kokpit mereka terkunci selama penerbangan.

3 dari 4 halaman

2. Robert Vernon Spears

Pada malam 16 November 1959, National Airlines 967 lepas landas dari Tampa dalam perjalanan ke New Orleans, namun tiba-tiba menghilang ketika terbang di dekat Teluk Meksiko.

Setelah pencarian dilakukan, puing-puing pesawat yang tersebar akhirnya ditemukan, bersama dengan sisa-sisa beberapa penumpang.

Jelas bahwa Penerbangan 967 telah menabrak Teluk, tetapi sisa pesawat dan sebagian besar korban tidak pernah ditemukan. Sebanyak 42 orang kehilangan nyawa mereka.

Investigasi berikutnya membuat banyak orang percaya bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh bom. Kecurigaan mulai meningkat setelah diketahui bahwa mantan narapidana bernama William Taylor telah membeli polis asuransi jiwa di bandara pada malam kecelakaan itu.

Namun, tidak ada catatan Taylor membeli tiket untuk penerbangan apa pun.

Spears juga membeli polis asuransi jiwa pada malam kecelakaan itu, dan dia serta Taylor telah menjadi teman satu sel di penjara.

Namun, Spears akhirnya ditemukan hidup dan sehat. Ini berteori bahwa Spears meminta Taylor membeli tiket di Penerbangan 967 dengan namanya sebelum menipu dia agar membawa bom di atas pesawat. Ini akan memungkinkan Spears memalsukan kematiannya sendiri sementara istrinya melunaskan pembayaran asuransi.

Seorang informan kemudian akan membuat klaim yang tidak terverifikasi bahwa Spears juga membeli polis asuransi jiwa pada Julian A. Frank sebelum Frank terbunuh dalam Penerbangan 2511. Spears diinterogasi oleh FBI, tetapi tidak ada bukti untuk menuduhnya melakukan sesuatu yang berkaitan dengan keduanya.

4 dari 4 halaman

3. Julian A. Frank

Pada malam 6 Januari 1960, Boeing 707 dijadwalkan untuk penerbangan ke Miami dari Bandara Internasional Idlewild New York.

Namun, ketika jendela retak ditemukan di kokpit, para penumpang dibagi menjadi dua kelompok dan memakai dua pesawat yang berbeda. Sebagian besar penumpang naik Lockheed Electra, tidak menyadari bahwa saklar kecil ini pada akhirnya akan menyelamatkan hidup mereka.

29 penumpang dan lima anggota kru lainnya memakai Douglas DC-6B, yang menjadi National Airlines Penerbangan 2511. Kira-kira tiga jam setelah lepas landas, Penerbangan 2511 menabrak ladang petani di luar Bolivia, North Carolina, mencelakakan seluruh penumpang pesawat.

Setelah menemukan jasad seorang penumpang bernama Julian A. Frank, penyelidik dapat menentukan bahwa sebuah bom telah menjatuhkan pesawat.

Frank ditemukan sejauh 25,5 kilometer (16 mil) dari lokasi kecelakaan, dan kabel serta serpihan logam tertanam di tubuhnya. Jelas bahwa sebuah bom dinamit meledak di bawah kursi Frank, tetapi selalu ada perdebatan apakah dia sengaja membawa bom itu ke pesawat.

Frank adalah seorang pengacara yang saat ini sedang diselidiki karena penggelapan, dan ia telah membeli polis asuransi jiwa senilai $900.000 sebelum naik ke pesawat. Tampaknya sangat mungkin bahwa Frank menyelundupkan bom itu ke Penerbangan 2511, tetapi sebuah tragedi yang terjadi kurang dari dua bulan sebelumnya telah menyebabkan beberapa spekulasi bahwa Frank bisa menjadi korban penipuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.