Sukses

3 Orang Ditangkap, 39 Jasad dalam Truk di Inggris Kini Diduga WN Vietnam

Setelah diduga sebagai warga negara China, kini 39 jasad yang ditemukan dalam truk di Essex Inggris diduga sebagai berasal dari Vietnam.

Liputan6.com, Essex - Identitas 39 jasad yang ditemukan dalam truk di Essex, Inggris masih simpang siur. Polisi setempat sebelumnya menduga bahwa mereka diduga korban pembunuhan dan berasal warga China.

Namun kini, informasi yang berkembang menyebutkan seorang pastor mengatakan kemungkinan besar mereka adalah warga negara Vietnam.

Seorang aktivis kemanusiaan asal Vietnam, Hoa Nghiem kabarnya tengah berkomunikasi dengan keluarga korban.

"Diberitakan bahwa seluruh jasad merupakan warga negara China, namun keluarga Tra My terus mencoba memastikan apakah putrinya ada di antara mereka karena mereka menerima pesan terakhir tepat saat kejadian tersebut berlangsung," tulis Nghiem dalam akun Twitternya. 

Dikutip dari Channel News Asia, Nghiem juga turut menyampaikan bahwa keluarga Tra My mendapat pesan terakhir darinya dan berisikan bahwa ia tidak bisa bernafas pada waktu yang bersamaan dengan insiden tersebut.

Selain itu, Viethome yang merupakan sebuah organisasi bagi komunitas rakyat Vietnam, menerima kabar dari 10 keluarga yang melaporkan bahwa anggota keluarga mereka telah menghilang. 

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan dari seorang pastor bernama Anthony Dang Huu Nam yang juga melakukan komunikasi bersama keluarga korban di kota Yen Thanh, 300 km ke arah selatan Hanoi.

"Seluruh area tersebut kini dilanda kesedihan. Saya masih berusaha mengumpulkan kontak seluruh keluarga korban dan berencana akan mengadakan doa bersama untuk para korban," ujar Nam ketika ditemui pada Sabtu.

Nam juga mengatakan, para keluarga korban bercerita bahwa anggota keluarga mereka sedang melakukan perjalanan ke Inggris dan tidak bisa berkomunikasi dengan mereka.

Kini Kedutaan Besar Vietnam di Inggris masih bekerja sama dengan kepolisian Inggris.

Kementerian Luar Negeri Vietnam telah mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya memberi instruksi ke kantor kedutaannya di Inggris untuk bekerja sama dengan polisi.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Tersangka Ditangkap

Sementara itu, dua pria dan satu wanita ditangkap pada Jumat 25 Oktober di Bandara Stansted London terkait kasus terduga pembunuhan atas 39 orang yang jasadnya ditemukan dalam truk. Mereka diduga bersekongkol dalam aksi pembunuhan berencana tersebut.

Sedangkan sopir yang membawa truk, Mo Robinson masih berada dalam tahanan.

Proses otopsi juga telah berlangsung bagi beberapa korban yang ditemukan meninggal dalam truk. Kepolisian masih berusaha untuk mengidentifikasi identitas korban, terutama masalah kewarganegaraannya yang masih menjadi tanda tanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.