Sukses

Hujan Lebat Picu Longsor di Jepang, 10 Orang Tewas

Setelah terjangan Topan Hagibis, timur Jepang kini dilanda hujan lebat yang memicu tanah longsor dan memakan korban.

Liputan6.com, Chiba - Hujan deras tengah mengguyur bagian timur Jepang, menyebabkan banjir dan tanah longsor. Jumlah korban tewas dilaporkan ada delapan orang per Sabtu, empat orang lainnya dilaporkan hilang menurut portal berita NHK.

Gulf News melaporkan bahwa jumlah korban badai itu meningkat menjadi 10 orang dengan tiga orang lainnya dilaporkan hilang.

Peristiwa ini terjadi selang dua pekan setelah wilayah itu dilanda angin topan yang kuat.

Mengutip Channel News Asia, Sabtu (26/10/2019), tanah longsor terjadi di area yang tergenang air di Prefektur Chiba dan Fukushima, di timur dan timur laut Jepang, yang dilanda badai ketiga dalam enam pekan. Di beberapa tempat, curah hujan selama satu bulan dilaporkan turun dalam setengah hari.

Perintah dan nasihat evakuasi dikeluarkan di sepanjang koridor utara yang dilanda dua topan sejak bulan lalu. Kota Ushiku di Chiba menerima 283,5mm hujan selama 12 jam.

Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir lebih lanjut, terutama di daerah-daerah yang terkena tanggul yang belum diperbaiki setelah Topan Hagibis melanda Jepang tengah dan timur dengan hujan lebat dan angin kencang.

Topan itu menewaskan sedikitnya 82 orang, dengan hampir selusin masih hilang dan lebih dari 300 lainnya terluka.

"Sudah dua minggu sejak bencana yang disebabkan oleh Topan 19 (Hagibis) dan hujan terus turun sesekali sehingga orang perlu mengambil hati-hati yang diperlukan," kata Perdana Menteri Shinzo Abe dalam twit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perintah Evakuasi

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk setidaknya 80.000 orang di Chiba, di mana sungai-sungai meluap. Sebagian besar layanan kereta di Chiba dihentikan, meninggalkan para pelancong terdampar di stasiun-stasiun, kata NHK.

Sebagian wilayah Chiba diguyur hujan 86mm dalam satu jam pada Jumat pagi, dengan beberapa daerah menerima lebih dari sebulan hujan dalam satu hari. Sebagian besar Chiba kehilangan kekuatan, dalam beberapa kasus selama berminggu-minggu, di Topan Faxai pada bulan September dan kemudian dilanda hujan lebat akibat Hagibis.

Pemerintah juga meminta 340.205 orang untuk mengungsi rumah mereka di Prefektur Fukushima karena kemungkinan tanah longsor.

"Hujan mengguyur wilayah Tokyo hampir sepanjang hari sebelum bergerak ke utara. Total curah hujan di daerah sekitar Tokyo kemungkinan akan mencapai sekitar 200 hingga 300mm pada malam hari," kata Badan Meteorologi Jepang.

Sementara itu, laporan NHK juga menyebut bahwa beberapa penerbangan ke Tokyo dialihkan karena hujan lebat.

Badai tropis Bualoi, yang menghantam pulau-pulau Ogasawara di selatan kepulauan utama Jepang pada hari Kamis ketika masih dalam kekuatan kategori topan, sedang menuju ke Pasifik dan diperkirakan akan melemah menjadi depresi tropis pada Jumat.

3 dari 3 halaman

Jumlah Korban Longsor Masih Simpang Siur

Laporan Japan Times, menyebut bahwa tanah longsor menewaskan dua orang di Chiba dan satu orang hilang pada Jumat, ketika wilayah di timur Jepang itu tengah memulihkan diri dari dampak Topan Hagibis yang membawa hujan lebat.

Di Midori, dua tanah longsor menghantam tiga rumah, menewaskan dua warga - pria dan wanita - keduanya berusia 60-an. Yang ketiga diyakini seorang wanita berusia 40-an, kata polisi setempat.

"Tepat di selatan, di Ichihara, seorang wanita 57 tahun terluka serius ketika rumahnya juga terkena tanah longsor," kata polisi setempat.

Di tengah hujan lebat, imbauan evakuasi dikeluarkan untuk puluhan ribu orang di daerah-daerah di sekitar Tokyo karena pihak berwenang memperingatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir lebih lanjut - terutama di daerah-daerah yang terkena tanggul tanggul yang bahkan belum ditangani.

Instruksi untuk evakuasi dikeluarkan kepada 10.000 penduduk Chiba di kota Kamogawa, Minamiboso, Ichihara dan Mobara. Kamogawa sendiri mendapat 85,5 mm hujan hanya dalam satu jam pada hari Jumat pagi, menetapkan rekor kota.

Polisi Chiba mengatakan mereka menerima panggilan darurat Jumat mengatakan sebuah sungai di ibukota telah banjir dan sebuah kendaraan tersapu. Seorang wanita berusia 70-an kemudian diselamatkan dari kendaraan yang tergenang tanpa terluka, kata polisi.

Pada satu titik, Pemerintah Prefektur Chiba mengumumkan bahwa Bendungan Takataki di Ichihara akan melepaskan air dari reservoirnya di kemudian hari sebagai tindakan darurat, tetapi tetap menahan diri setelah ketinggian air turun. Langkah serupa untuk Bendungan Kameyama di Kimitsu dibatalkan karena alasan yang sama.

Sebelum terjangan Topan Hagibis, banyak bagian Chiba tanpa listrik selama berminggu-minggu karena kerusakan saluran listrik yang meluas akibat Topan Faxai yang sangat kuat pada bulan September.

Di seberang teluk di Prefektur Kanagawa, sebuah imbauan evakuasi dikeluarkan untuk 50.000 orang di Sagamihara, yang dihantam banjir bandang dari Hagibis dan kehilangan enam penduduk, termasuk keluarga yang hanyut dalam mobil mereka. Dua orang lainnya masih hilang.

Sementara itu, di Prefektur Fukushima, Iwaki menerima rekor jumlah hujan dari jam 4 sore. sampai jam 7 malam Jumat, banjir tiga sungai dan mendorong pemerintah setempat untuk mengeluarkan perintah evakuasi untuk seluruh kota. Tidak ada cedera serius yang dilaporkan.

Di Bandara Narita di Chiba, sembilan penerbangan dialihkan karena hujan deras, kata operatornya. Wilayah Tokyo diperkirakan akan disiram dengan 200 hingga 300 mm hujan pada malam hari sebelum pindah ke utara, kata Badan Meteorologi.

Topan Bualoi, yang menghantam Kepulauan Ogasawara di selatan kepulauan Jepang pada hari Kamis, menuju ke Pasifik dan diperkirakan akan melemah pada hari Jumat nanti.

Sepeninggal Topan Hagibis, setidaknya 87 orang dipastikan tewas dan delapan orang hilang pada Jumat malam, menurut penghitungan oleh Kyodo News.

Kantor Kabinet mengatakan 3.864 orang masih di tempat penampungan pada hari Jumat, dan kementerian kesejahteraan mengatakan 9.733 rumah tangga tanpa air pada hari Jumat.

Tanggul sungai rusak di 140 lokasi di 71 sungai, dan 618 tanah longsor dikonfirmasi di 20 prefektur, menurut kementerian pertanahan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Topan Hagibis

Video Terkini