Sukses

Jarang Terlihat, Istri Pemimpin Korut Kim Jong-un Diisukan Hamil

Jarang terlihat di depan umum, istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dikabarkan hamil. Benarkah demikian?

Liputan6.com, Korea Utara - Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju muncul di depan umum untuk pertama kali setelah lebih dari empat bulan lamanya tak terihat. Desas-desus yang beredar menyebutkan bahwa dirinya tengah mengandung.

Ri terlihat bersama pemimpin Korea Utara saat melakukan tur di resor Gunung Kumgang minggu ini. Terlepas dari proses renovasi yang sedang dilakukan pada situs tersebut, seperti dilansir dari Daily Mail pada Jumat 25 Oktober 2019.

Ini adalah kemunculan pertama Ri bersama sang suami, sejak terakhir kali saat menghadiri pertemuan dengan pemimpin China, Xi Jinping pada 20 dan 21 Juni 2019. 

Sejak tahun lalu nama Ri kerap muncul di media pemerintah sekitar sebulan sekali. Namun, ia absen muncul selama lebih kurang empat bulan sejak momen bersama Xi Jinping. 

Sementara itu, media Korea Utara tidak memberi alasan resmi atas absennya Ri. Spekulasi tentang kealpaan wanita pendamping Kim jong-un itu menyeruak dari media Korea Selatan, bahwa Kim Jong-un dan Ri mungkin sedang menanti seorang anak. 

Terlepas dari itu, foto terbaru menunjukkan ia tidak tidak sedang mengandung. Meskipun mengenakan mantel hitam besar dan sebagian tubuhnya tertutup sebongkah batu besar, perutnya tak terlihat membuncit.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluarga yang Tertutup dari Publik

Dikutip dari mirror.co.uk, Korea Utara terkenal sangat tertutup tentang identitas keluarga orang nomor satu di negara tersebut.

Bahkan, Pemimpin Korea Utara saat ini tidak muncul di mata publik sampai 2010, saat ia dianggap berusia 27 tahun.

Selain itu, pernikahannya tidak pernah dipublikasikan dan pada 2012 nama Ri So-ju disebut sebagai istrinya.

Rumor mulai beredar bahwa Ri Sol-ju hamil pada 2012 ketika dia muncul di televisi pemerintah mengenakan pakaian tradisional Korea. Lalu, Media Korea Selatan dengan cepat mengambil gambar pada waktu yang diklaim menunjukkan Ri berada pada tahap akhir kehamilan.

Laporan intelijen meyakini pasangan tersebut sudah memiliki satu anak. Serta, menjadikan 2012 sebagai kehamilan kedua pasangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Keberadaan Anak Kim-Ri

Sementara itu, seorang ahli Korea Utara yang berbasis di Myanmar, Markus Bell mengatakan keluarga Kim Jong-un pasti akan mengharapkan anak laki-laki.

"Kerahasiaan seputar laporan kehamilan Ri tidak mengherankan bagi Korea Utara. Mode standar untuk Korea Utara adalah keheningan berwajah palsu(poker-faced),” kata Markus, seperti dilansir thesun.co.uk

"Satu hal yang pasti, Kim dan Ri akan tetap bersikukuh untuk anak kali ini - pemimpin tertinggi masa depan untuk menyerahkan kendali pada tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Selain itu, Diktator Korut tersebut dikabarkan memiliki tiga anak. Termasuk seorang gadis bernama Kim Ju-ae, yang keberadaannya terungkap pada 2013 oleh mantan bintang NBA dan teman keluarga, Dennis Rodman.

Namun, jenis kelamin dua anak lainnya masih menjadi misteri. 

Markus Bell menambahkan bahwa bayi baru yang dikandung bisa membuka jalan untuk perebutan kekuasaan di masa depan. Hal itu menunjuk pada cara Kim Jong-un yang diduga membunuh saudara tirinya, Kim Jong-nam pada tahun 2017.

 

Reporter: Hugo Dimas

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini