Sukses

Nadiem Makarim Mundur dari Gojek ke Kabinet Jokowi Jadi Sorotan Dunia

Beberapa tokoh yang menyambangi Istana Presiden hari ini tak hanya menjadi sorotan media lokal, tapi uga sorotan media asing di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mulai memanggil sejumlah nama untuk dijadikan menteri Kabinet Kerja Jilid II. Salah satu yang menjadi sorotan publik adalah pendiri Gojek Nadiem Makarim.

Mahfud Md, Wishnutama, dan Erick Tohir menjadi beberapa nama yang hari ini (21/10/2019) hadir atas undangan istana. Tak ketinggalan, Nadiem Makarim pun ikut dipanggil Jokowi.

Bos Gojek, anak muda yang mampu membuat perusahaannya menyabet status 'Decacorn' ini, jadi perhatian publik. Selain jadi calon menteri muda, ia pun rela meninggalkan Gojek demi mengemban tugas yang diperintahkan Jokowi. 

"Saya sudha mundur dari Gojek dan tidak ada kewenangan sama sekali. Saya sudah tidak ada posisi dan kewenangan apa pun di Gojek," ujar Nadiem Makarim saat ditemui di Istana Negara.

Ternyata, keputusan besar Nadiem Makarim turut menyita perhatian dunia melalui sejumlah pemberitaan media asing. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Sorotan Dunia

Media asal Singapura, Channel News Asia dan Straits Times, ikut memberitakan hal ini dengan tajuk "Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join Indonesian President Jokowi's Cabinet."

"CEO dan pendiri Gojek Nadiem Makarim mengatakan pada hari Senin (21 Oktober) ia telah mengundurkan diri dari perusahaan transportasi dan pembayaran untuk bergabung dengan Kabinet Presiden Indonesia Joko Widodo," demikian kutipan dari artikel Channel News Asia.

Masih dari Asia, media online South China Morning Post (SCMP) memuat kejadian ini melalui artikel berjudul "Indonesia’s Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join new Jokowi government."

Sementara itu, media asal Jepang, Nikkei, ikut memberitakannya melalui artikel bertajuk "Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join Indonesian government."

Beralih dari media asal Asia, kini giliran media asal New Jersey, AS, bernama CNBC yang juga merilis artikel berjudul "Gojek CEO Makarim says he will join Indonesian prime minister’s cabinet."

Sedangkan media asing asal NY, Amerika Serikat, Bloomberg menulis artikel dengan judul "Gojek’s 35-Year-Old Chief Is Joining Indonesia’s New Cabinet."

Diikuti oleh media teknologi asal AS, Techcrunch yang merilis artikel bertajuk "Gojek founder and CEO Nadiem Makarim resigns to join Indonesian cabinet; Soelistyo and Aluwi to be new co-CEOs."

Tak ketinggalan, media asal Inggris, Reuters juga memuat artikel berjudul "Gojek CEO Makarim quits, says will join Indonesia's cabinet."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.