Sukses

Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin Jadi Sorotan Dunia

Tak hanya di tanah air, ternyata acara pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin juga menjadi sorotan media asing di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin telah dilakukan di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Sejak Sabtu malam, aparat keamanan sudah bersiaga. Sebanyak 31 ribu personel gabungan TNI-Polri disiagakan jelang pelantikan Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi hari ini.

Acara pelantikan ini  tak hanya menyita perhatian Tanah Air, namun juga menjadi sorotan media asing.

Media asal Singapura, The Straits Times memberitakan acara pelantikan presiden Indonesia dengan judul "President Joko Widodo faces test of leadership in second term."

"Dengan Alquran diletakkan di atas kepalanya, Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Minggu (20 Oktober) membacakan sumpah jabatannya untuk melaksanakan tugasnya dengan "baik dan adil" yang ia bisa, memulai masa jabatan kedua dan terakhirnya di bawah rentetan krisis." Demikian kutipan dari artikel tersebut.

Masih dari negara yang mengutus PM Lee Hsien Loong untuk menghadiri acara tersebut, Channel News Asia turut serta mengulas acara pelantikan dengan tajuk "Indonesia's Jokowi kicks off fresh term with inauguration ceremony." 

Beralih ke media asal India, Bloomberg Quint ikut memberitakannya melalui artikel "Indonesia’s Jokowi Sworn in as Wobbling Growth Tests Reforms"

Beralih dari Asia, media asal Inggirs, Reuters turut mengabadikan momen tersebut dalah sebuah tulisan berjudul "Indonesia's Widodo faces test on reform credentials in second term."

Sementara dari Kanada, media bernama CBC menuliskan sebuah artikel dengan judul "Indonesia's Joko Widodo sworn in for 2nd term as president."

Tak ketinggalan, media asal Kalispell, AS juga memberitakan dengan tajuk "Indonesia's Popular President Sworn In For 2nd Term."

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf akan resmi dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2019. Para delegasi negara pun turut menghadiri undangan tersebut.

PM Singapura Lee Hsien Loong telah tiba di Jakarta bersama rombongan untuk menghadiri acara pelantikan. 

Begitu pula dengan PM Malaysia, Mohathir Mohamad yang ditemani istri dan jajaran menteri untuk hadir dalam undangan tersebut. 

Sebelum acara pelantikan dimulai pun, Jokowi sempat menemui 5 kepala negara diantaranya Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang datang bersama sang istri, Ho Ching, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Raja Eswatini, Mswati III beserta istri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.