Trump Batalkan Rencana Penyelenggaraan KTT G7 di Resor Mewahnya

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 20 Okt 2019, 13:32 WIB
Donald Trump dalam safari politiknya di Biloxi, negara bagian Mississippi, pada November 2018 (AFP/Jim Watson)

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump telah membatalkan rencana untuk menjadi tuan rumah KTT G7 2020 di salah satu resor mewahnya di Florida setelah kritik bipartisan beberapa waktu lalu. 

Dalam serangkaian tulisan di akun Twitternya, Trump mengatakan ia membalikkan gagasan itu karena "permusuhan yang gila dan tidak rasional" oleh Demokrat dan media.

Dilansir dari BBC, Minggu (20/10/2019), para kritikus mengatakan rencana itu adalah bukti Trump menggunakan kantor itu untuk keuntungan pribadi, yang ditolak Gedung Putih.

Trump mengatakan Camp David dapat menjadi tuan rumah pengganti KTT G7.

Keputusan untuk menggunakan Trump National Doral Miami, yang diumumkan pada hari Kamis, dikritik oleh anggota parlemen Kongres, termasuk beberapa sekutu presiden dari Partai Republik.

Dalam salah satu tweetnya, Trump mengatakan resornya "besar, megah" dengan "ruang dansa yang luar biasa [dan] ruang pertemuan".

"Saya pikir saya melakukan sesuatu yang sangat baik untuk negara kami dengan menggunakan Trump National Doral," katanya. "Tapi, seperti biasa, media yang bermusuhan [dan] mitra demokrat, mereka menjadi GILA!"

Dalam mengumumkan keputusan itu, penjabat kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney mengatakan acara itu akan diadakan "dengan biaya" dan menggunakan resor itu, yang digambarkan oleh Trump sebagai "tempat terbaik", akan menghemat jutaan dolar.

Namun banyak yang mengatakan resor ini juga akan mendapat manfaat dari publisitas dalam jumlah besar.

Mr Mulvaney juga membantah bahwa dengan menjadi tuan rumah KTT akan melanggar Klausul Emulasi dari konstitusi AS, yang melarang "keuntungan, keuntungan, atau keuntungan" dari pemerintah asing tanpa persetujuan kongres.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Trump National Doral

Trump National Doral, resor mewah milik Donald Trump di Miami, yang diajukan sebagai lokasi KTT G7 2020 (AFP/Michele Eve Sandberg)
Trump National Doral, resor mewah milik Donald Trump di Miami, yang diajukan sebagai lokasi KTT G7 2020 (AFP/Michele Eve Sandberg)

Resor seluas 800 acre ini menawarkan lima lapangan golf, 700 kamar hotel, spa, ruang konferensi, dan pertokoan. Terletak sekitar delapan mil (13 km) dari bandara Miami, properti itu diakuisisi oleh Trump karena bangkrut pada tahun 2012. Menurut situs webnya, Doral memiliki beberapa ruang dansa, termasuk yang diberi nama sesuai dengan putri presiden, Ivanka Trump. Namun, The Miami Herald melaporkan pada bulan Mei bahwa Doral telah "berkinerja sangat buruk."

Tetapi Citizens for Responsibility and Ethics di Washington, sebuah badan pengawas, mengatakan kepada kantor berita AP saat itu: "Presiden sekarang secara resmi menggunakan kekuatan kantornya untuk membantu menopang bisnis golfnya yang sedang berjuang."

Dewan Perwakilan Rakyat diperkirakan akan berdisukusi minggu depan terkait hal tersebut. Demokrat juga berencana untuk meminta Gedung Putih untuk memberikan informasi mengapa pemerintah memutuskan memilih Doral.

G7 Summit yang melibatkan beberapa negara termasuk Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan AS dan UE, berlangsung antara 10 dan 12 Juni tahun depan.

KTT itu diadakan di retret presiden Camp David di Maryland, sekitar 60 mil dari Washington, pada 2012, ketika diselenggarakan oleh Presiden Barack Obama saat itu.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by