Sukses

Wakil Presiden Vietnam Akan Menghadiri Pelantikan Jokowi - Ma'ruf

Wakil Presiden Vietnam, Dang Thi Ngoc Thinh akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Vietnam, Dang Thi Ngoc Thinh akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Gedung DPR RI pada Minggu 20 Oktober 2019.

"Dari Vietnam akan diwakili oleh Wakil Presiden-nya," kata Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi, dalam sebuah pengarahan dengan sejumlah jurnalis di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Nanti akan ada courtesy-call juga antara Pak Jokowi dengan Wapres Vietnam. Kemungkinan akan membicarakan secara singkat hubungan bilateral kedua negara," lanjut Hadi.

Dang Thi Ngoc Thinh adalah mantan Pelaksana Tugas Presiden Vietnam tahun lalu, menyusul kepergian Tran Dai Quang akibat sakit pada September 2018. Dengan begitu, Thin merupakan perempuan pertama dalan sejarah Vietnam yang pernah menduduki kursi presiden negara komunis itu.

Masa kepemimpinan Thinh berlangsung singkat. Ia hanya mengisi kekosongan kursi selama kurang dari sebulan sejak sepeninggalan Presiden Tran Dai Quang, hingga terpilihnya presiden baru, Nguyen Phu Trong pada Oktober 2018.

Thinh telah menjadi wakil presiden sejak April 2016, mendampingi Tran Dai Quang yang telah disahkan sebagai pemimpin seumur hidup.

Terakhir kali, Vietnam memiliki pemimpin seumur hidup adalah Ho Chi Minh, seorang revolusioner komunis dan pahlawan kemerdekaan negara tersebut, yang meninggal sebagai presiden pertama Republik Demokratik Vietnam pada 1969.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PM Australia dan Rombongan Akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Pada 20 Oktober mendatang Joko Widodo (Jokowi) akan dilantik sebagai Presiden RI untuk periode kedua. Seperti pada pelantikan presiden RI sebelumnya, sejumlah kepala negara dan perwakilan diperkirakan akan datang menghadirinya.

Salah satu yang dipastikan akan hadir adalah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2004, yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Kevin Rudd di tahun 2009 juga datang ke Jakarta untuk pelantikan presiden Yudhoyono untuk kedua kalinya dan Tony Abbott menghadiri pelantikan presiden Jokowi di tahun 2014.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Selasa 8 Oktober 2019, kedatangan PM Morrison ke upacara pelantikan Presiden Jokowi akan menjadi kunjungan kedua baginya ke Indonesia.

Bulan September 2018, PM Morrison yang saat itu baru saja dilantik, datang ke Jakarta untuk membahas kemitraan ekonomi komprehensif dan menyamakan kedudukan Indonesia dengan China dalam hubungan diplomatik.

Menjadi sebuah 'tradisi' juga bagi Perdana Menteri Australia yang baru terpilih untuk mendatangi Indonesia, sebagai kunjungan luar negeri pertama kalinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.