Top 3: Peringatan Keras Presiden Xi Jinping hingga Dampak Topan Hagibis jadi Sorotan

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2019, 10:01 WIB
Diperbarui 15 Okt 2019, 10:16 WIB
Aksi Putin dan Xi Jinping Saat Bikin Pancake Bersama

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Presiden China Xi Jinping soal peringatan keras bagi siapapun yang berupaya memecah belah Tiongkok akan dihancurkan tengah jadi sorotam.

Artikel tersebut bahkan menjadi topik hangat sehingga menjadi berita populer pertama edisi hari ini.

Berita menarik lainnya, Facebook yang menghapus 69 akun basis Indonesia karena dugaan disinformasi isu Papua.

Dan berita populer ketiga, dampak dari Topan Higibis yang sebelumnya menerjang Jepang. Angin ribut ini tewaskan 31 orang.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Selasa, (15/10/2019) di kanal Global, Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Peringatan Keras dari Presiden Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping saat malam perayaan HUT ke-70 RRC (Noel Celis / AFP PHOTO)
Presiden China Xi Jinping saat malam perayaan HUT ke-70 RRC (Noel Celis / AFP PHOTO)

Presiden China Xi Jinping memberi peringatan keras pada setiap upaya yang memecah belah Tiongkok maka akan dihancurkan. Beijing kini sedang menghadapi tantangan politik terkait protes berbulan-bulan di Hong Kong dan kritik AS atas perlakuan China terhadap kelompok minoritas Muslim.

"Siapa pun yang mencoba untuk memecah China di mana pun akan berakhir dengan tubuh yang hancur dan tulang-tulang yang hancur," katanya kepada Perdana Menteri Nepal KP Sharma Oli dalam sebuah pertemuan pada Minggu 13 Oktober, menurut penyiar CCTV negara China.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Diduga Sebar Disinformasi Papua, Facebook hapus 69 Akun Indonesia

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Pada 3 Oktober 2019, Facebook telah menghapus ratusan akun, laman, dan grup yang dituduhnya terlibat dalam coordinated inauthentic behavior (CIB) atau perilaku inautentik terkoordinasi di Facebook dan Instagram.

"Kami menemukan tiga operasi CIB terpisah: satu di antaranya berasal dari Uni Emirat Arab, Mesir dan Nigeria; dan dua lainnya di Indonesia dan Mesir," kata Facebook melalui laman Newsroom-nya, pada 3 Oktober 2019 lalu.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tewaskan 31 orang, Begini Dampak Topan Hagibis

Topan Ganas Hagibis Ancam Terjang Jepang
Dua orang pria melihat ombak yang menerjang daratan di sebuah pelabuhan di Kota Kiho, Prefektur Mie, Jepang, Jumat (11/10/2019). Topan Hagibis yang diprediksi akan menerjang Jepang juga membawa angin serta hujan pada Sabtu mendatang. (AP Photo/Toru Hanai)

Lebih dari 110.000 orang ikut serta dalam operasi pencarian dan penyelamatan setelah Topan Hagibis melanda Jepang pada Sabtu 14 Oktober lalu.

Dilansir dari BBC, Senin (14/10/2019), badai terburuk yang melanda negara ini dalam beberapa dekade terakhir, kini telah menewaskan sedikitnya 31 orang, dengan 15 orang dinyatakan hilang.

Selain itu, Topan Hagibis juga menyebabkan pembatalan tiga pertandingan Piala Dunia Rugby, tetapi pertandingan antara Jepang dan Skotlandia tetap berjalan. Dalam pertandingan tersebut, Jepang menang 28-21 dan mencapai perempat final untuk pertama kalinya. Kemenangan tersebut merupakan sebuah kabar yang membahagiakan bagi Jepang. 

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

Lanjutkan Membaca ↓