Kota Ini Tempati Posisi Kedua dengan Angka Obesitas Tertinggi di Australia

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 14 Okt 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2019, 08:15 WIB
Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Liputan6.com, Katherina - Tingkat obesitas di kota Katherine lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota Australia lainnya. Katherine dicatat sebagai kota dengan tingkat obesitas tertinggi kedua di Australia pada 43,3 persen. Fakta tersebut berasal dari statistik baru yang juga menunjukkan hampir sepertiga warga Australia kini mengalami obesitas.

Dilansir dari ABC, Minggu (13/10/2019), data dari Australian Health Tracker, yang dilakukan oleh Institut Mitchell di Universitas Victoria, telah menggambarkan hubungan yang jelas antara tingkat obesitas, tingkat kerugian sosial ekonomi dan isolasi geografis.

Studi tersebut, yang menemukan obesitas telah meningkat hingga 27 persen di seluruh Australia dalam dekade terakhir, telah mendorong para ahli untuk melakukan perbaikan kebijakan kesehatan nasional.

Hal ini menimbulkan urgensi bagi pemerintah untuk menangani masalah obesitas pada warganya.

Kampanye kesehatan masyarakat yang menargetkan orang dengan obesitas seringkali tidak berguna dan bisa membuat lebih banyak kerugian daripada kebaikan, menurut para pakar internasional terkemuka.

2 dari 3 halaman

Tingkat Obesitas di Kota Lainnya

Bendera negara Australia - AFP
Bendera negara Australia - AFP

Dari lima lokasi Northern Territory yang termasuk dalam data nasional, Darwin adalah satu-satunya yang mencatat tingkat obesitas lebih rendah dari rata-rata (25,7 persen) dibandingkan dengan rata-rata nasional, yang sekarang duduk di 31,3 persen.

Katherine mendapat nilai yang tidak baik sebagai kota paling gemuk atau kelebihan berat badan di Australia dengan angka 77,8 persen, di depan empat kota regional di NSW.

Palmerston (69,6 persen), Alice Springs (67,3 persen) dan Litchfield (68,8 persen) semuanya mencatat tingkat penduduk kelebihan berat badan atau obesitas di atas rata-rata.

Perth mencatat tingkat terendah penduduk kelebihan berat badan atau obesitas dengan 47 persen.

Di Darwin, tingkat penduduk yang kelebihan berat badan atau obesitas adalah 62,2 persen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓