Sukses

5 Robot yang Punya Tujuan Mulia Meski Berpenampilan Aneh

Lima bentuk robot yang menyeramkan, namun punya tujuan baik untuk membantu manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Bidang robotika saat-saat ini memang sedang berkembang dengan cukup cepat. Kreasi-kreasi kreatif yang luar biasa terus diumumkan setiap harinya, terlepas dari visual robot yang aneh, robot-robot itu diciptakan untuk tujuan yang baik.

Beberapa dari bentuk robot yang diciptakan memang berbentuk sangat aneh dan menyeramkan, tapi siapa sangka kalau nantinya robot-robot tersebut bisa membantu dalam keseharian manusia.

Dikutip dari Listverse Minggu (13/10/2019), ini lah lima robot menyeramkan yang punya tujuan baik.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Robot Anjing Penarik Truk

Sebuah robot dengan bentuk seperti anjing tanpa kepala diciptakan untuk pembangkit tenaga listrik baru yang bisa menarik kereta berisi manusia.

Robot ini diproduksi oleh Boston Dynamics. Mereka pun merilis sebuah video pada 2019 di situs berbagi-video populer, yang memperlihatkan robot itu bergerak menyerupai anjing penarik kereja salju.

3 dari 6 halaman

2. Robot Penginfo Astronot

Robot yang diberi nama Cimon berbentuk seperti bola yang memiliki wajah. Ia dibuat dengan tujuan untuk menemani astronot, memberikan informasi yang dibutuhkan astronot, atau sekedar mencari obrolan.

Diketahui bahwa para pengembang Cimon memasang kepribadian pada sistemnya.

4 dari 6 halaman

3. Bayi Foil

Pada 2018, para ilmuwan membuat bayi. Mereka menciptakan robot dengan mengambil boneka normal, memotongnya menjadi dua dan memasang seikat kabel untuk membuatnya bergerak. Hasilnya adalah sebuah bayi yang setengah terbungkus foil dengan kabel tertinggal dari belakang.

Bayi ini bertujuan untuk melihat napas bayi merangkak dan jika ada sesuatu yang berbahaya. Memang, ini adalah studi pertama di dunia yang mencoba memahami puing-puing dalam ruangan dari perspektif bayi.

5 dari 6 halaman

4. Erica

Erica adalah sebuah robot wanita berparas cantik dengan sistem Android. Ia bermanfaat untuk melayani stasiun serta untuk siaran langsung berita.

Erica juga dibuat untuk menjadi news anchor yang tidak di gaji dan bisa bekerja kapanpun. Robot ini berbentuk persis manusia yang sangat kaku, sehingga terlihat menyeramkan.

6 dari 6 halaman

5. Robot yang Mengajarkan Dirinya Sendiri

Pada tahun 2019, University of Southern California membuat terobosan menarik. Tim menciptakan anggota badan robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan.

Robot ini menggunakan teknik Alogaritma yang dirancang untuk memberikan robot kemampuan alami untuk beradaptasi dengan membentuk ingatan tubuh dan lingkungan mereka, dengan cara khusus mereka sendiri. Beberapa robot yang diuji oleh universitas bahkan mengembangkan kepribadian mereka sendiri.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.