Sukses

4 Tradisi Mengerikan Selama Halloween, Ada Prosesi Melihat Hantu

Berikut 4 tradisi aneh selama Halloween.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 31 Oktober, orang-orang Barat umumnya merayakan satu hari yang berkaitan dengan hal-hal berbau horor. Hari tersebut dinamakan Halloween.

Seluruh sekolah, universitas, dan perkantoran biasanya libur.

Saat Halloween datang, orang-orang cenderung berdandan menyeramkan dengan kostum hantu lokal atau dunia, goblin, zombie, hingga badut. 

Lalu, tradisi apa saja yang umum dilakukan selama Halloween? Berikut 4 di antaranya, seperti dikutip dari Mentalfloss, Jumat (10/1/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melihat Hantu

Setelah Halloween, Bangsa Celtic menggelar festival Samhain. Selama festival, yang menandai transisi ke tahun baru pada akhir panen dan awal musim dingin, mereka percaya bahwa arwah keluarga yang meninggal akan berjalan-jalan di muka Bumi.

Kemudian, mereka melakukan All Souls Day pada 2 November yang dibimbing oleh pendeta Kristen untuk memasukkan roh-roh tersebut ke tubuh keluarga yang masih hidup (sukarelawan).

3 dari 5 halaman

2. Mitos Kucing Hitam

Hubungan antara kucing hitam dan kengerian sebenarnya berasal dari Abad Pertengahan, ketika hewan-hewan ini sebagai simbol penjelmaan iblis atau peliharaan penyihir.

Kini, orang-orang bahkan masih percaya bahwa kucing-kucing hitam itu tetap berkaitan dengan hal gaib.

4 dari 5 halaman

3. Kemunculan Kelelawar

Cerita rakyat Abad Pertengahan berkembang pada konotasi seram tentang kelelawar. Sejumlah takhayul yang beredar di Bangsa Celtic menyebut binatang nokturnal ini merupakan pertanda kematian.

 

5 dari 5 halaman

4. Meramal Masa Depan

Permainan ini adalah ritual yang merupakan bagian dari festival Romawi untuk menghormati Pomona, dewi pertanian dan kelimpahan: Festival Pomona.

Intinya adalah pria dan wanita muda dapat meramalkan hubungan masa depan mereka berdasarkan permainan ini. Ketika Romawi menaklukkan Kepulauan Inggris, Festival Pomona digelar sebelum Halloween lahir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.