Sukses

Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan, Keamanan Menuju Istana Presiden Taiwan Diperketat

Warga Taiwan tengah bersiap mendengarkan pidato dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di hari Kemerdekaan yang ke-108.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang prosesi dan perayaan dalam rangka Hari Kemerdekaan atau National Day Taiwan yang ke-108, area di sekitar dari dalam atau menuju Istana Presiden dijaga ketat.

Menurut jadwal, prosesi hari kemerdekaan serta pidato presiden akan berlangsung pada Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 08.45 menjelang tengah hari waktu Taipei, Taiwan.

Untuk proses pengibaran bendera telah dilakukan sejak pukul 06.00 pagi waktu setempat.

Jika di Indonesia kita mengenal Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), maka di Taiwan proses pengibaran bendera dilakukan oleh pihak internal istana.

Dari pengamatan Liputan6.com di lokasi, Kamis (10/10/2019), pengamanan hari kemerdekaan dilakukan oleh aparat kepolisian hingga jarak 500 meter dari kawasan istana atau Presidensial Office yang terletak di Zhongzheng, Taipei.

Dari lokasi MRT NTU Hospital misalnya, sejumlah polisi telah berjaga-jaga sembari mengatur lalu lintas.

Pihak kepolisian Taiwan juga memberlakukan sistem penutupan jalan bagi kendaraan bermotor. Hanya tamu undangan dan awak media yang difasilitasi kendaraan yang bisa masuk ke kawasan istana dengan mobil atau bus. Sisanya, bisa masuk dengan jalur pejalan kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses untuk Ikut Serta

Sementara itu, warga setempat juga diberi akses untuk menyaksikan prosesi dan perayaan Hari Kemerdekaan Taiwan. Mereka yang hendak datang langsung ke Istana Presiden terlebih dahulu telah mendaftarkan diri ke kementerian setempat.

Meski kawasan ini akan menjadi akses masuk bagi para tamu undangan dan sejumlah jurnalis lokal dan asing, jalanan menuju istana masih terbilang lancar.

Warga akan menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan Taiwan ke-108 di Taipei. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Aktivitas kendaraan umum juga berjalan seperti biasa. MRT dan bus kota beroperasi mulai dari jam 06.00 waktu setempat.

Menurut keterangan dari seorang pelajar di Taipei, perayaan kemerdekaan tak hanya dilakukan di Istana Presiden saja. Namun, sejumlah sekolah dan lembaga lain juga melakukan aktivitas serupa.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pidato Presiden

Dari susunan acara yang diterima Liputan6.com, prosesi Hari Kemerdekaan yang ke-108 tahun diisi dengan banyak penampilan dari warga Taiwan.

Dimulai dari pukul 08.45, akan ada Prolog (pembukaan) oleh Army Academy Taiwan. Dilanjutkan penampilan dari Taipei Yuehfu Drum and Bugle Corps, 台灣培德體育會 (sports team), gabungan Angkatan Darat Laut Udara dari Marine Corps.

Ada pula sambutan dari ketua panitia acara dan pada pukul 10.25 akan ada pidato kenegaraan dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Hingga kini, proses persiapan masih berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini