Sukses

Shakil Afridi, Dokter Penemu Jejak Osama Bin Laden Disidang Perdana

Seorang dokter yang membantu CIA dalam menemukan Osama Bin Laden menjalani sidang.

Liputan6.com, Islamabad - Pengadilan Pakistan dijadwalkan mengadakan sidang untuk pembebasan Dr. Shakil Afridi, dokter yang membantu CIA dalam menemukan keberadaan pemimpin Al Qaeda, Osama Bin Laden.

Dilansir dari BBC, Rabu (9/10/2019), ini merupakan sidang perdana di Pengadilan Tinggi Peshawar mengadili kasus tersebut.

Dia tidak pernah secara resmi didakwa atas perannya dalam operasi 2011 untuk memburu dan membunuh orang yang menjadi buronan dunia. Dr Afridi selalu berargumen bahwa ia ditolak oleh pengadilan yang adil.

Presiden AS Donald Trump berjanji dalam kampanye pemilu 2016 bahwa ia akan membebaskan Dr Afridi, dalam "dua menit" jika terpilih - tetapi itu tidak pernah terjadi.

Sementara dokter yang dianggap sebagai pahlawan di AS, di Pakistan ia dilihat oleh banyak orang sebagai pengkhianat yang membawa penghinaan ke negara itu.

Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang apakah militer Pakistan, yang menjalankan kebijakan keamanannya, sadar bahwa Osama Bin Laden ada di negara itu.

Pakistan tetap menjadi mitra yang alot soal perang pimpinan AS melawan militan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Shakil Afridi

Dr Afridi adalah seorang ahli medis terkemuka di distrik suku Khyber, sekaligus kepala layanan kesehatan juga turut mengawasi sejumlah program vaksinasi yang didanai AS.

Sebagai pegawai pemerintah, ia membuat program vaksinasi hepatitis B yang serupa, termasuk di kota garnisun Abbottabad, di mana ternyata Bin Laden tinggal.

Rencana intelijen AS adalah untuk mendapatkan sampel darah dari salah satu anak yang tinggal di kompleks Abbottabad, sehingga tes DNA dapat menentukan apakah mereka adalah keluarga Bin Laden atau tidak.

Diperkirakan salah satu staf Dr. Afridi mengunjungi kompleks itu dan mengumpulkan darah - tetapi tidak diketahui apakah ini menghasilkan sebuah bukti bagi keberhasilan Amerika dalam menemukan target mereka.

Dr Afridi ditahan pada 23 Mei 2011, 20 hari setelah Bin Laden terbunuh. Dia diperkirakan berusia akhir empat puluhan saat itu.

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan pribadinya, selain itu ia berasal dari latar belakang yang sederhana dan lulus dari Khyber Medical College pada tahun 1990. Keluarganya telah hidup bersembunyi sejak penangkapannya, takut serangan militan.

Istrinya adalah seorang pendidik dari Abbottabad yang merupakan kepala sekolah di sekolah negeri sebelum mereka bersembunyi. Pasangan itu memiliki tiga anak - dua laki-laki dan perempuan, dua diantaranya sekarang sudah dewasa.

Pada Januari 2012, para pejabat AS secara terbuka mengakui bahwa Dr Afridi telah bekerja untuk intelijen AS.

Tapi masih jauh dari jelas seberapa banyak dia tahu tentang perannya untuk CIA. Dia tidak mengatakan apa-apa tentang efek ini selama deposisi di Komisi Abbottabad tentang pembunuhan itu.

Menurut pihak Pakistan, Dr Afridi tidak tahu siapa target operasi itu ketika CIA merekrutnya. 

3 dari 3 halaman

Vonis Hukuman

Meskipun awalnya dituduh sebagai makar, Dr Afridi akhirnya dipenjara pada Mei 2012, ia dinyatakan bersalah karena mendanai Lashkar-e-Islam, sebuah kelompok militan terlarang yang sekarang tidak ada lagi.

Dia dijatuhi hukuman 33 tahun penjara karena diduga memiliki hubungan dengan kelompok tersebut oleh pengadilan suku, meskipun ini kemudian dikurangi menjadi 23 tahun pada saat naik banding.

Dr Afridi juga dituduh menawarkan bantuan medis darurat kepada para pendukungnya dan mengizinkan kelompok itu mengadakan pertemuan di rumah sakit pemerintah yang dipimpinnya.

Keluarganya membantah keras tuduhan-tuduhan ini dan pengacaranya mengatakan bahwa satu-satunya uang yang pernah ia bayarkan kepada kelompok itu adalah tebusan 1 juta rupee Pakistan (£ 5.200; $ 6.375; sekitar Rp 90 juta) untuk mengamankan pembebasannya setelah mereka menculiknya pada 2008.

Dari sel penjaranya pada 2012, ia dilaporkan mengatakan kepada Fox News bahwa ia telah diculik dan disiksa oleh intelijen Pakistan.

Setahun kemudian dia berhasil menyelundupkan surat yang ditulis tangan kepada pengacaranya, dengan mengatakan dia telah ditolak keadilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.