Cek 5 Tanda Berikut yang Menunjukkan Tubuh Kekurangan Vitamin C

Oleh Afra Augesti pada 08 Okt 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 10 Okt 2019, 18:13 WIB
Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin C sangat penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Anda perlu meminumnya dalam jumlah yang tepat setiap hari, karena --tidak seperti vitamin lainnya-- vitamin C tidak bertahan lama di dalam sistem manusia.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kualitas hidup yang rendah dan menimbulkan gejala tak menyenangkan di badan. Namun, ini dapat diatasi dengan menambahkan cukup vitamin C ke dalam makanan Anda sehari-hari.

Kenali 5 tanda-tanda kekurangan vitamin C sejak dini pada tubuh, sehingga Anda dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dikutip dari Bright Side, Selasa (8/10/2019).

2 of 6

1. Gusi Sering Bengkak dan Berdarah

Penyebab Gusi Berdarah
Penyebab Gusi Berdarah (Sumber: iStockphoto)

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan gusi. Jika Anda tidak mendapatkan asupan harian yang tepat, kemungkinan Anda akan menderita radang gusi.

Jika Anda merasa sudah merawat kebersihan gigi dengan baik, tetapi terkadang gusi masih kerap bengkak dan berdarah, cobalah mengonsumsi lebih banyak vitamin C.

Para ilmuwan menyarankan sekitar 75 mg per hari untuk wanita dewasa dan 90 mg per hari untuk pria dewasa. Jika Anda seorang perokok, tambahkan 35 mg dari masing-masing standar takar setiap hari.

3 of 6

2. Luka Sembuhnya Lama

6 Tips Menyamarkan Bekas Luka Pengganggu Penampilan
Ilustrasi luka. (dok. Pixabay/Novi Thedora

Jika Anda mengalami memar yang warnanya seperti buah persik, ada kemungkinan Anda kekurangan vitamin C. Untungnya, ini bisa diperbaiki jika Anda makan buah dan sayuran setiap hari.

Selain itu, jika goresan dan luka Anda sembuh terlalu lama, maka ini juga merupakan tanda bagi Anda untuk meningkatkan konsumsi vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen (protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan).

4 of 6

3. Rambut Gampang Rontok

Rambut rontok dan kusam
Berikut empat hal yang harus dihindari agar rambut tidak mudah rontok dan kusam. (Foto: iStockphoto)

Jika Anda mengalami kerontokan pada rambut kepala, kemungkinan Anda kurang mengonsumsi vitamin C dosis harian.

Sebelum menghabiskan banyak uang untuk membeli produk rambut, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli dan kiwi.

5 of 6

4. Nyeri Sendi Setiap Hari

[Fimela] Atasi Sakit Punggung
Ilustrasi sakit pinggang | unsplash.com

Nyeri sendi adalah tanda awal yang sangat umum dari kekurangan vitamin C. Karena vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat, kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan yang membuat sendi Anda sakit.

6 of 6

5. Sakit Terus-Menerus

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam
Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Jika Anda sering terserang flu, pilek, dan infeksi, mungkin kekebalan tubuh Anda melemah parah. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih, yang melawan penyakit menular dan virus.

Jika Anda terus-menerus sakit, ini berarti respons kekebalan Anda lemah dan Anda harus meningkatkannya dengan menaikkan asupan vitamin C.

Lanjutkan Membaca ↓