Waspada, Perhatikan 6 Tanda Komputer Sedang Disadap Peretas

Oleh Afra Augesti pada 08 Okt 2019, 20:10 WIB
Diperbarui 10 Okt 2019, 15:14 WIB
Hacker

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta teknologi dan gawai, peretasan adalah sesuatu yang patut diwaspadai. Terlebih apabila Anda adalah pengguna komputer atau laptop.

Hacker tidak pernah beristirahat untuk menemukan mangsanya dan selalu mencari tempat yang rentan di komputer Anda, entah itu untuk mencuri data, memanipulasi situs web pribadi, atau menyadap percakapan.

Dengan mengklik berbagai banner dan situs yang muncul secara tiba-tiba di layar perangkat yang Anda gunakan, Anda mungkin membiarkan peretas masuk ke sistem Anda tanpa menyadarinya.

Waspadai 6 tanda bahwa mata-mata malware sedang 'hinggap' ada di komputer Anda, seperti dikutip dari Bright Side, Selasa (8/10/2019).

2 of 7

1. Baterai yang Lebih Cepat Lemah

ilustrasi komputer
ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia

Jika beberapa perangkat lunak (software) yang tidak diinginkan berjalan (running) sendiri di layar saat laptop Anda aktif, maka komputer Anda sedang menggunakan daya prosesor pusatnya.

Beberapa program seperti ini bisa berupa spyware atau virus. Masa pakai baterai yang singkat juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang melakukan cryptomining dengan prosesor Anda atau menginfeksikan malware.

Itu menyebabkan komputer atau laptop menjadi panas dan baterai melemah jauh lebih cepat dari biasanya.

3 of 7

2. Program Sering Macet

Ilustrasi komputer dan peretasan
Ilustrasi (AFP)

Peretas selalu mencari cara baru untuk mengumpulkan data mangsanya. Mereka dapat memasukkan kode ke aplikasi Anda agar bisa mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan.

Perbuatan ini dapat membuat aplikasi berjalan lebih lambat dan sering crash. Untuk melindungi diri Anda, cobalah untuk tidak memasukkan atau menyimpan data keuangan pribadi, seperti nomor kartu kredit atau kode-kode penting, ke dalam aplikasi dan buatlah kata sandi yang rumit.

4 of 7

3. Komputer Jadi Lemot

Ilustrasi bermain komputer
Ilustrasi (iStock)

Jika komputer Anda cukup baru dan Anda mengetahui bahwa tiba-tiba komputer tidak berfungsi secepat yang seharusnya, sudah sewajarnya Anda curiga.

Bisa menjadi tanda bahwa perangkat Anda terinfeksi malware seperti worm atau kuda Troya. Perangkat lunak berbahaya tersebut dapat masuk ke komputer Anda melalui program yang Anda unduh, karena sering kali disamarkan sebagai perangkat lunak yang sah.

5 of 7

4. Kamera Menyala Sendri

Ilustrasi Komputer. (AP).
Ilustrasi Komputer. (AP).

Jika Anda melihat bahwa kamera web di laptop atau komputer Anda tiba-tiba merekam dan menyalakan mikrofon sendiri, maka bisa jadi ada seseorang yang sedang meretas Anda.

Selain mencuri data Anda, peretas juga dapat mengambil foto Anda dan merekam suara Anda. Lebih baik untuk menutupi kamera laptop dengan plester dan matikan mikrofon (mute) bila tidak diperlukan Jangan lupa sering ganti kata sandi komputer.

6 of 7

5. Lampu Tak Dikenal Berkedip

6 Cara Mudah Untuk Mengatasi PC Berisik
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Tanda lain yang harus Anda perhatikan: pengirim dan penerima sinyal di komputer. Saat orang lain mengendalikan komputer Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa lampu penanda "pengirim" dan "penerima" berkedip meskipun Anda tidak aktif.

Virus atau malware mata-mata dapat mengunduh dan mengunggah data dari dan ke komputer Anda tanpa Anda menyadarinya.

7 of 7

6. Iklan-Iklan Bermunculan

5 Bahaya Mematikan Komputer Tanpa Shutdown
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Terkadang, saat berselancar di internet, Anda mungkin secara tidak sengaja mengeklik banner atau spanduk yang mencurigakan. Spanduk ini dapat menyuntikkan komputer Anda dengan virus periklanan yang akan membuat iklan dan plug-in muncul di layar komputer.

Tidak hanya mengganggu untuk dilihat, tetapi juga memungkinkan peretas untuk mendapatkan akses ke data Anda melalui komputer Anda.

Lanjutkan Membaca ↓