Sukses

7 Orang Terluka Saat Pria Suriah Bajak Truk dan Tabrak Mobil di Jerman, Aksi Teror?

Seorang pria membajak truk dan menabrak sejumlah mobil di Jerman.

Liputan6.com, London - Seorang pria diduga berasal dari Suriah membajak sebuah truk dan menabrakkannya ke sembilan mobil di Jerman. Tujuh orang dilaporkan terluka akibat insiden tersebut.

Mengutip Daily Mail, Selasa (8/10/2019), truk curian itu menabrak sembilan mobil dan menyebabkan tujuh orang terluka, dalam peristiwa yang diduga sebagai serangan teror di Jerman pada Senin 7 Oktober 2019 malam.

Truk Mercedes putih itu dilaporkan menabrak mobil yang menunggu di lampu lalu lintas di seberang gedung pengadilan di Limburg dan membuat kedua kendaraan tersebut ringsek.

Pengemudi asli truk itu, yang tidak disebutkan namanya, dikutip oleh harian Frankfurter Neue Presse (FNP) menyebut bahwa seorang pria telah 'menyeretnya keluar dari truknya.'

Dia mengatakan pria itu, berusia 30-an dengan rambut hitam pendek dan janggut penuh, telah menyentak membuka pintu sisi pengemudi dan menatapnya dengan mata terbelalak sebelum memaksanya keluar dari kendaraan.

"Saya bertanya kepadanya,'Apa yang Anda inginkan dari saya?'," Katanya kepada FNP. "Dia tidak mengatakan sepatah kata pun."

Truk itu melaju ke mobil-mobil yang diparkir beberapa ratus meter di depannya dan berhenti di pusat jalan enam jalur.

"Ketika pria di belakang kemudi truk muncul, beberapa pejalan kaki berupaya memberikan pertolongan pertama," kata FNP.

"Orang yang lewat mengatakan pengemudi mengatakan sesuatu dalam bahasa Arab," FNP melaporkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Suriah?

Belakangan terungkap tersangka adalah seorang pria Suriah berusia 32 tahun.

Diyakini dia sebelumnya masuk dalam daftar pengawasan kepolisian karena membahayakan jiwa, kepemilikan obat-obatan terlarang, dan mengutil.

Namun kantor kejaksaan federal, yang menangani kasus-kasus teror di Jerman, mengatakan saat ini tidak menganggap penyelidikan kasus itu sebagai tanggung jawab mereka.

Polisi mengatakan bahwa terlalu dini untuk berspekulasi tentang motif insiden tersebut, yang dimulai ketika pria itu menyeret pengemudi asli dari truk pada pukul 17.20 Senin kemarin.

Tetapi sumber mengatakan kepada situs berita lokal, Bild, bahwa insiden itu sedang diperlakukan sebagai insiden teroris dan saksi mengatakan mereka mendengar pengemudi berteriak sesuatu dalam bahasa Arab.

Saksi lain mengatakan dia tampak seperti sedang mabuk akibat konsumsi narkoba selama serangan itu.

Kantor berita dpa, juga mengutip sumber-sumber keamanan tak dikenal, melaporkan bahwa pengemudi truk itu adalah seorang warga Suriah yang tiba di Jerman pada 2015 dan sejauh ini tidak ada indikasi motif teroris -- yang juga tidak dapat dikesampingkan.

3 dari 3 halaman

Jerman Waspada hingga Keterangan Saksi Mata

 

Polisi menggelar sejumlah besar perwira dan kendaraan, dengan helikopter berputar di atas kota, sekitar satu jam perjalanan dari ibukota keuangan Jerman di Frankfurt.

Situs itu ditutup oleh polisi dan menyala terang ketika truk derek memindahkan mobil yang rusak satu per satu.

Bettina Yeisley dari Limburg, yang kantornya terletak di sebelah lokasi kecelakaan, mengatakan kepada FNP bahwa dia mendengar suara keras dan berlari keluar ke jalan bersama rekan-rekannya.

Mereka menemukan pria itu duduk di bawah pohon, tanpa mengetahui keadaan.

"Dia berdarah dari hidung, tangannya berdarah, celananya sobek. Dia mengatakan bahwa semuanya sakit. Saya menanyakan namanya dan dia berkata, '' Namaku Mohammed ''. '

Pihak berwenang mendesak pengguna media sosial untuk tidak langsung mengambil kesimpulan tentang motif tersebut.

"Kami tidak mengesampingkan apa pun," kata juru bicara kepolisian negara bagian, dikutip oleh DPA.

"Tapi kami memanggilmu: jangan ambil bagian dalam spekulasi!" polisi daerah menulis dalam beberapa tweet.

Ditanya bukti apa yang ada tentang kemungkinan serangan teror ketika ia tiba Selasa pada pertemuan dengan rekan-rekan Uni Eropa di Luksemburg, Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer mengatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan dan "Saya tidak bisa memberi tahu Anda pada titik ini bagaimana tindakan ini untuk dinilai."

Walikota Limburg Marius Hahn mengatakan kepada DPA: "Saya terkejut dan pikiran saya tertuju pada para korban kecelakaan yang terluka dan keluarga mereka."

Kantor Perlindungan Konstitusi, pengawas keamanan dalam negeri Jerman, pada bulan April memperingatkan peningkatan risiko yang ditimbulkan oleh pejuang IS yang kembali dari Suriah dan Irak utara.

Direkturnya Thomas Haldenwang mengatakan bahwa sekitar 2.240 Islamis dengan 'potensi teroris' tinggal di Jerman.

Kamis lalu di negara tetangga Prancis, seorang mualaf yang dilaporkan mulai mengadopsi kepercayaan yang semakin radikal menikam empat rekannya hingga tewas di markas polisi Paris.

Jerman telah waspada setelah beberapa serangan jihadis dalam beberapa tahun terakhir yang diklaim oleh kelompok Negara Islam.

Yang paling mematikan dilakukan pada 2016 oleh Anis Amri Tunisia berusia 23 tahun, yang menewaskan 12 orang ketika ia mencuri sebuah truk dan membajaknya melalui pasar Natal Berlin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini