Sukses

Kunjungi Kalbar, Dubes AS Puji Peran Klinik Asri Dukung Masa Depan Hutan

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr berkunjung ke Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr berkunjung ke Kalimantan Barat. Dalam kunjungannya, Donovan mendatangi Klinik Alam Sehat Lestari (Asri), sebuah lembaga non-profit yang bekerja di bidang konservasi hutan dan kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

"Sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara, kami disini untuk merayakan hal yang dapat dicapai melalui kemitraan antarmasyarakat kedua negara," kata Donovan setelah melakukan tur di Klinik Asri yang dibangun dengan sumbangan dari masyarakat Amerika Serikat, Jumat 4 Oktober.

"Klinik Asri adalah contoh luar biasa dari kemitraan ini, menyatukan penduduk setempat, dan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi yang terjangkau, dan mendukung masa depan hutan yang berharga di Kayong Utara," imbuhnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (6/10/2019).

Direktur Eksekutif Asri, Nur Febriani mengatakan, Asri telah lama membina hubungan serta mendapatkan dukungan dari masyarakat Amerika Serikat dan Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia.

"Selama ini Asri banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat Amerika yang peduli dengan hutan hujan tropis di Kalimantan. Dukungan pelayanan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai wujud terima kasih karena telah menjaga hutan, paru-paru dunia, yang sangat penting bagi keberlangsungan planet ini," ujar Nur.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Asri

Pada hari pertama Dubes AS juga berkunjung ke beberapa program Asri untuk masyarakat yang mendapatkan dukungan pendanaan program konservasi melalui Badan Pembangunan Amerika Serikat (USAID) dan US Fish and Wildlife Service (USFWS), seperti mata pencaharian alternatif untuk penebang pohon (loggers), pembuatan pupuk organik, dan pemberian kambing untuk para janda.

"Saya takut kalau bapak nebang pohon, takut bapak ditangkap. Apalagi pohon kan tinggi-tinggi, saya sebagai istri tentulah khawatir. Sekarang bapak sudah berhenti nebang jadi saya lebih lega dan senang karena bapak telah bergabung dengan Asri (di Program Chainsaw Buyback)," ucap Ibu Musyarafah, istri dari Bapak Misran yang telah secara resmi berhenti menebang dan beralih mata pencaharian sebagai peternak ayam daging yang disaksikan langsung oleh Dubes Donovan.

"Tentu saja saya senang dikunjungi oleh Bapak Dubes AS. Saya harap Asri semakin maju dan lebih baik lagi," ucap Salma, menantu dari Ibu Kalsum (penerima manfaat program Kambing untuk Janda) yang membantu mengurus kambing-kambing Ibu Kalsum.

Hingga saat ini, banyak mahasiswa dan profesional dari Amerika Serikat yang datang berkunjung dan belajar dari Asri sebagai organisasi planetary health yang mengintegrasikan kesehatan dengan lingkungan, sambil menikmati keindahan alam dan kehidupan masyarakat Kayong Utara. Kunjungan Dubes AS ini diharapkan dapat mendorong semakin kuatnya hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.