6-10-2010: Instagram Rilis Perdana

Oleh Tanti Yulianingsih pada 06 Okt 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2019, 14:15 WIB
Ilustrasi Logo Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini sembilan tahun lalu atau tepatnya 6 Oktober 2010, Instagram yang juga dikenal sebagai IG rilis perdana di App Store.

Mengutip sejumlah sumber untuk Today in History, Minggu (6/10/2019), layanan jejaring sosial berbagi foto dan video Instagram merupakan milik Facebook, Inc. Digagas oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Versi untuk perangkat Android dirilis satu setengah tahun kemudian, pada April 2012, diikuti oleh antarmuka situs web terbatas fitur pada bulan November 2012, dan aplikasi untuk Windows 10 Mobile dan Windows 10 masing-masing pada April 2016 dan Oktober 2016.

Aplikasi Instagrammemungkinkan pengguna untuk mengunggah foto dan video ke layanan tersebut, yang dapat diedit dengan berbagai filter, dan diatur dengan informasi lokasi dan tag. Posting akun dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang telah disetujui sebelumnya.

Pengguna dapat menelusuri konten pengguna lain dengan tag dan lokasi, dan melihat konten yang sedang tren. Pengguna dapat "menyukai" foto, dan mengikuti pengguna lain untuk menambahkan konten mereka ke umpan.

Layanan ini awalnya dibedakan dengan hanya membolehkan konten untuk dibingkai dalam rasio aspek persegi (1: 1) dengan 640 pixel agar sesuai dengan lebar tampilan iPhone 4, 4s, 5, 5s dan SE. Tetapi pembatasan ini tak berlaku lagi pada tahun 2015.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 3

Tambahan Fitur Olah Pesan

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Layanan ini juga menambahkan fitur olah pesan, kemampuan untuk memasukkan beberapa gambar atau video dalam satu posting, serta "Cerita" - mirip dengan pesaing utamanya Snapchat - yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video ke umpan berurutan, dengan masing-masing pos dapat diakses oleh orang lain selama 24 jam masing-masing.

Pada Januari 2019, fitur "Stories" terdatat digunakan oleh 500 juta pengguna setiap hari.

 

3 of 3

Populer dalam Dua Bulan Setelah Rilis

[Fimela] Media Sosial
Ilustrasi Instagram | Rottona/Pixabay.com

Setelah diluncurkan pada 2010, Instagram dengan cepat meraih popularitas.

Sejumlah sumber menyebut sebanyak satu juta pengguna terdaftar dalam dua bulan, 10 juta dalam setahun, dan 1 miliar pada Mei 2019.

Pada Oktober 2015, lebih dari 40 miliar foto telah diunggah ke layanan ini. Meskipun dipuji karena pengaruhnya, Instagram telah menjadi subyek kritik, terutama karena perubahan kebijakan dan antarmuka, tuduhan sensor, dan konten ilegal atau tidak pantas yang diunggah oleh pengguna.

Pada 14 Januari 2019, foto yang paling disukai di Instagram adalah foto telur, diposting oleh akun @world_record_egg, dibuat dengan tujuan melampaui rekor sebelumnya 18 juta likes pada posting Kylie Jenner.

Lanjutkan Membaca ↓