Sukses

Terkena Serangan Jantung, Capres AS Kubu Demokrat Bernie Sanders Dirawat 2,5 Hari

Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders dilaporkan mengalami serangan jantung,

Liputan6.com, New York - Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders dilaporkan mengalami serangan jantung. Informasi itu disampaikan oleh tim kampanyenya pada Jumat 4 Oktober 2019 setelah ia meninggalkan Pusat Medis Rumah Sakit Desert Springs di Las Vegas.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para dokter, perawat, dan staf di Pusat Medis Rumah Sakit Desert Springs atas perawatan luar biasa yang mereka berikan," kata Sanders dalam sebuah pernyataan, Jumat seperti dikutip dari CNN, Sabtu (5/10/2019). 

"Setelah dua setengah hari di rumah sakit, saya merasa lebih baik, dan setelah mengambil cuti pendek, saya akan kembali bekerja."

Dokter yang merawat Sanders - Arturo Marchand Jr., MD, dan Arjun Gururaj, MD - mengkonfirmasi bahwa senator didiagnosis dengan myocardial infarction dan memiliki dua ring ditempatkan di arteri koroner yang tersumbat, arteri lainnya normal.

Myocardial infarction adalah istilah medis untuk serangan jantung.

Para dokter itu menambahkan bahwa perawatan Sanders di rumah sakit berjalan lancar dengan kemajuan seperti yang diharapkan. Ia diperintahkan untuk berkonsultasi dengan dokter pribadinya.

Pada Jumat malam, Sanders mengucapkan terima kasih kepada simpatisannya, atas dukungan mereka yang berkelanjutan.

"Halo semuanya! Kita di Las Vegas. Aku merasa jauh lebih baik," kata Sanders. "Terima kasih atas semua cinta dan harapan hangat kepadaku. Sampai jumpa saat kampanye."

Sanders juga menyertai video dengan pesan yang hampir sama beberapa jam setelah meninggalkan rumah sakit. Istri Sanders, Jane, menambahkan, "Terima kasih banyak. Itu sangat berarti."

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.</p

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermasalah Sejak Selasa 1 Oktober

Menurut penasihat senior Jeff Weaver, senator dari Vermont itu mengalami "ketidaknyamanan dada" pada acara kampanye pada Selasa 1 Oktober malam, 

Weaver mengatakan sehari setelahnya pada Rabu 2 Oktober bahwa Sanders akan membatalkan acara dan penampilannya sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pada Kamis 5 Oktober, tim kampanyenya mengkonfirmasi bahwa ia akan mengambil bagian dalam debat utama Demokrat berikutnya pada 15 Oktober. Ia berencana untuk pulang ke Vermont dalam beberapa hari mendatang sebelum ikut serta dalam debat.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Pulih

Jane Sanders mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis 3 Oktober sore bahwa suaminya sudah pulih dan belum menjalani prosedur tambahan sejak pemasangan ring.

Dia menghabiskan beberapa hari terakhir hanya bersenang-senang, berbicara dengan orang-orang, teman dan keluarga dan begitu banyak simpatisan baik yang menelepon. Banyak simpatisan baik yang telah mengirim twit, email, serta menelepon.

"Dan kami hanya ingin mengucapkan terima kasih," katanya.

Pada Rabu sore, Sanders mengunggah twit terkait kesehatannya, mengaitkannya dengan salah satu masalah inti kampanye.

"Terima kasih untuk semua doa baik untuk saya. Saya merasa baik. Saya beruntung memiliki perawatan kesehatan yang baik dan dokter serta perawat hebat yang membantu saya untuk pulih," tulisnya, sebelum dengan cepat kembali ke pesan intinya politik: tahu kapan keadaan darurat medis dapat memengaruhi kita. Dan tidak seorang pun boleh takut bangkrut jika itu terjadi. Medicare for All!". 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.