Sukses

Top 3: Asteroid Dekati Bumi Bikin Resah hingga Daftar WNI Korban Jembatan Taiwan Disorot

Ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Jumat, (4/9/2019) di kanal Global, Liputan6.com. Mulai dari 4 Asteroid Dekati Bumi Buat NASA Resah hingga Identitas WNI Korban Jembatan Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta - Empat asteroid ternyata terlacak mendekati Bumi pada 1 Oktober 2019 lalu. Benda angkasa tersebut dideteksi punya potensi berbahaya.

Meskipun jarak lintasannya dengan Bumi tak begitu dekat, asteroid itu membuat tim NASA panik. Isu ini menjadi artikel paling dibaca, sehingga menjadi berita populer nomor satu di kanal Global.

Berita populer kedua yakni deretan planet-planet yang bisa dilihat dari Bumi pada Oktober ini.

Dan berita menarik lainnya, mengenai identitas dari tiga WNI yang menjadi korban ambruknya jembatan di Taiwan.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler edisi Jumat, (4/9/2019) di kanal Global, Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Keresahan NASA Soal 4 Asteroid Mendekat Bumi

Empat asteroid yang berpotensi berbahaya dilaporkan melakukan pendekatan ke Bumi pada 1 Oktober 2019. Meskipun jarak batuan ruang angkasa ini masih terbilang jauh dari planet kita, namun kehadiran mereka yang tak terduga membuat NASA kocar-kacir.

Asteroid 2019 SM8 dideteksi para astronom di Mount Lemmon Observatory di Arizona pada Senin, 30 September dan terbang melewati Bumi pada Selasa 1 Oktober sekitar pukul 09.56 waktu setempat, seperti dikutip dari Space.com, Kamis (3/10/2019).

Jarak paling dekatnya dari Bumi adalah sekitar 159.000 mil (159.000 kilometer) atau kurang dari setengah jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan. NASA memperkirakan asteroid ini berdiameter sekitar 16 kaki (4,8 meter) atau seukuran mobil tipe sport utility vehicle (SUV).

Lebih dari satu jam kemudian, asteroid lain yang baru ditemukan saat itu juga dilaporkan sedang mendekati Bumi. Untungnya, batu satu ini menjaga jarak sedikit lebih jauh dengan Bumi.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Deretan Planet yang Terlihat dari Bumi di Bulan Oktober

Venus dilaporkan masih muncul rendah di langit barat-barat daya sesaat setelah matahari terbenam pada Oktober 2019. Akan tetapi, posisi tersebut membuat pengamatan terhadap planet bercincin ini agak bermasalah, meskipun ia jauh lebih terang dari planet-planet lain.

Anda mungkin memerlukan teropong atau teleskop untuk mengamatinya. Sementara itu, dalam jarak yang relatif dekat dengan Venus adalah Merkurius, sedangkan Jupiter berada lebih rendah di barat daya dan Saturnus ada di barat daya ketika senja sore memudar.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Identitas WNI Korban Jembatan Ambruk Taiwan

Menurut informasi Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Joedha Nugraha, ada tujuh warga negara Indonesia (WNI) jadi korban jembatan ambruk Taiwan. Dengan rincian 4 orang terluka dan tiga lainnya hilang -- kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban meninggal adalah Wr, usia 29 tahun, asal Cirebon; Er, usia 32 tahun, asal Indramayu; MD, usia 28 tahun, asal Pemalang," tutur Joedha Nugraha dalam keterangan tertulisnya yang Liputan6,com muat Kamis (3/10/2019).

Joedha mengatakan, KDEI Taipei dan Kemlu RI akan memfasilitasi repatriasi dan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan para korban.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini