Sukses

Meghan Markle Gugat Koran Inggris, Pangeran Harry: Ini Seperti Putri Diana

Meghan, Duchess of Sussex, telah mengambil keputusan untuk menuntut koran Daily Mail pada 29 September 2019.

Liputan6.com, London - Pangeran Harry menyebut perkara hukum yang diajukan istrinya kepada sebuah surat kabar Inggris atas tuduhan pelanggaran privasi, mengingatkan kembali tentang apa yang pernah menimpa mendiang ibunya, Putri Diana.

Meghan, Duchess of Sussex, telah mengambil keputusan untuk menuntut koran Daily Mail pada 29 September, setelah harian itu menerbitkan surat tulisan tangan yang telah dia kirim ke ayahnya yang terasing.

Keputusan itu diambil ketika Pangeran Harry melancarkan serangan yang luar biasa dan sangat pribadi terhadap pers tabloid Inggris dan perlakuannya terhadap istrinya, dengan mengatakan dia tidak bisa lagi menjadi "saksi bisu penderitaan pribadi"-nya, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Rabu (2/10/2019).

Menekankan rasa hormatnya terhadap pentingnya "pelaporan yang objektif, jujur", ia menuduh sebagian media "melancarkan kampanye melawan orang-orang yang tidak memikirkan konsekuensinya" dan membandingkan perlakuan media terhadap Meghan sebagaiamana media Inggris dulu meliputi tentang ibunya, Putri Diana.

The Duke of Sussex mengatakan, "ketakutan terdalam saya adalah sejarah yang berulang dengan sendirinya," ujarnya dalam pernyataan tertulis.

"Ada saatnya ketika satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah mempertahankan perilaku ini, karena itu menghancurkan orang dan menghancurkan kehidupan. Sederhananya, itu adalah intimidasi, yang menakuti dan membungkam orang. Kita semua tahu ini tidak dapat diterima, di tingkat mana pun. Kami tidak akan dan tidak bisa percaya pada dunia di mana tidak ada pertanggungjawaban untuk ini.

"Meskipun tindakan ini mungkin bukan tindakan yang aman, itu tindakan yang tepat ... Saya telah melihat apa yang terjadi ketika seseorang yang saya cintai dijadikan komoditas hingga mereka tidak lagi diperlakukan atau dipandang sebagai orang yang nyata.

"Aku kehilangan ibuku dan sekarang aku menyaksikan istriku menjadi korban hal yang sama," jelasnya Pangeran Harry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meghan Markle Menggugat

Pernyataan itu, yang dikeluarkan di situs resmi Duke dan Duchess of Sussex pada hari Selasa 1 Oktober 2019, diterbitkan ketika Meghan memulai proses gugatan di pengadilan tinggi atas penyalahgunaan informasi pribadi, pelanggaran hak cipta dan pelanggaran Peraturan Perlindungan Data Umum.

The Guardian melaporkan tahun ini bahwa Daily Mail on Sunday sedang diancam dengan tindakan hukum karena penulis surat tetap memiliki hak cipta bahkan setelah korespondensi fisik dimiliki oleh orang lain. Mengejar tindakan hukum atas dasar yang sempit ini juga memberi para bangsawan peluang yang lebih besar untuk melawan DMG Media, yang sebelumnya merupakan Associated Newspapers, pemilik Daily Mail dan MailOnline --yang keduanya memuat banyak cerita tentang Meghan.

The Daily Mail on Sunday telah memuat berbagai kisah memalukan yang melibatkan ayah sang Duchess of Sussex, Thomas Markle, termasuk foto-foto paparazzi yang menunjukkannya mengunjungi sebuah kafe internet untuk membaca tentang pertunangan putrinya dengan sang pangeran.

Liputan kritis lain dari pasangan ini berkisar dari penggunaan jet pribadi hingga penolakan mereka untuk memungkinkan liputan media tentang pembaptisan bayi laki-laki mereka Archie atau mengungkap nama orang tua baptisnya. Mereka juga telah dikritik karena biaya 2,4 juta poundsterling untuk renovasi di rumah Windsor mereka, Frogmore Cottage.

Namun, para bangsawan memiliki kemampuan terbatas untuk menghentikan publikasi cerita-cerita seperti itu, sehingga kini mereka hanya berfokus pada penerbitan surat Meghan kepada ayahnya.

Foto-foto surat itu tetap tersedia di Daily MailOnline. Seorang juru bicara surat kabar itu berdiri di dekat pemberitaannya, menyiapkan kemungkinan perselisihan di pengadilan: "Daily Mail on Sunday mendukung kisah yang diterbitkannya dan akan membela kasus ini dengan giat. Secara khusus, kami dengan tegas menyangkal bahwa surat Duchess diedit dengan cara apa pun yang mengubah artinya."

Meghan dan Harry telah mempekerjakan firma pengacara Schillings, menggunakan dana pribadi untuk membawa kasus ini.

Dalam pernyataannya, Harry menekankan bahwa dia dan Meghan percaya pada "kebebasan media dan objektifitas serta pelaporan yang benar" sebagai "landasan demokrasi."

"(Namun) Ada biaya manusia untuk propaganda tanpa henti ini, khususnya ketika itu disengaja salah dan berbahaya, dan meskipun kami terus memasang wajah berani - seperti yang banyak dari Anda dapat hubungkan --saya tidak bisa mulai menggambarkan betapa itu telah menyakitkan.

"Karena di era digital sekarang ini, fabrikasi pers digunakan kembali sebagai kebenaran di seluruh dunia.

"Saya sudah terlalu lama menjadi saksi bisu penderitaan pribadinya. Untuk mundur dan tidak melakukan apa pun akan bertentangan dengan semua yang kami yakini."

Pernyataan sekeras itu belum pernah terjadi sebelumnya, namun bukan yang pertama keluar dari Pangeran Harry.

Duke of Sussex sebelumnya menuduh pers tabloid Inggris melancarkan kampanye "kejam" melawan Meghan yang telah "meningkat selama setahun terakhir, sepanjang kehamilannya dan saat membesarkan putra kami yang baru lahir."

Seorang juru bicara hukum untuk Schillings mengatakan: "Kami telah memulai proses hukum terhadap Mail pada hari Minggu, dan perusahaan induknya, Associated Newspapers, atas publikasi surat pribadi yang ditulis oleh Duchess of Sussex, yang merupakan bagian dari kampanye oleh kelompok media ini menerbitkan cerita-cerita palsu dan sengaja menghina tentang dia, serta suaminya ... yang mengganggu dan melanggar hukum."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini