Sukses

Barack Obama hingga Paris Hilton, 5 Tokoh Dunia Pakai Batik yang Jadi Sorotan

Banyak dari tokoh-tokoh dunia hingga selebritas menggunakan pakaian khas Tanah Air tercinta, batik.

Liputan6.com, Jakarta - Batik merupakan ikon kebudayaan paling populer di Indonesia. Kini tak hanya digunakan pada momen-momen formal tapi juga informal.

Hari ini, tepat 10 tahun yang lalu, UNESCO menetapkan Hari Batik Nasional sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Batik kemudian menjadi sebuah budaya yang dikenal ke ranah internasional, bahkan disebut-sebut menjadi sebuah fashion icon. Banyak dari tokoh-tokoh dunia hingga selebritas menggunakan pakaian khas Tanah Air tercinta.

Dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (2/10/2019), berikut deretan 5 tokoh dunia yang pernah terlihat menggunakan batik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Barack Obama

Pada November 2011, Presiden ke-44 AS, Barack Obama pernah menggunakan batik saat menerima kunjungannya ke Asia Tenggara.

Ia juga datang ke Indonesia untuk pertemuan puncak para pemimpin Asia-Pasifik, dan menggunakan kemeja batik klasik untuk gala makan malam KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali.

Ia menggunakan batik dengan warna hijau, merah, hitam dan putih. Warna yang memang biasa digunakan pada batik Indonesia pada umumnya, sesuai yang dikutip dari Dailymail Rabu (2/10/2019).

3 dari 6 halaman

2. Nelson Mandela

Dikutip dari BBC, Rabu (2/10/2019), Nelson Mandela merupakan orang yang dikenal sebagai pembawa Batik Indonesia ke mata internasional. Ia juga diketahui sangat menyukai batik.

Nelson memperoleh baju batik pertamanya pada kunjungan resmi ke Indonesia pada awal masa kepresidenannya. Walaupun ia punya banyak baju yang dirancang oleh banyak perancang terkemuka, tetap ia sangat menyukai batik.

Di Afrika sendiri, baju batik dikenal sebagai "Kemeja Madiba" yang sangat terkenal.

4 dari 6 halaman

3. Carlos Santana

Musisi legendaris asal Amerika Latin bernama Carlos Santana, dengan percaya diri mengenakan Batik Indonesia dalam video musiknya yang berjudul "Saideira".

Dikutip dari Maxandro, Rabu (2/10/2019), video klip yang dirilis oleh VEVO di Youtube pada 1 Mei 2014 lalu bahkan memenangkan 10 Grammy Awards dan tiga Latin Grammy Awards.

Dalam video tersebut, Carlos mengenakan batik lengan panjang bermotif warna cokelat muda dan cokelat tua.

5 dari 6 halaman

4. Paris Hilton

Paris Hilton juga terlihat pernah mengenakan gaun panjang batik berwarna merah muda yang sangat cantik. Ia kabarnya sangat menyukai Batik Indonesia, sesuai yang dikutip dari Voguemagz, Rabu (2/10/2019).

6 dari 6 halaman

5. Jessica Alba

Dikutip dari VogueMagz, Rabu (2/10/2019), Jessica Alba pernah tampil mengenakan gaun batik yang dipadu dengan sepatu boots panjang.

Ia terlihat sangat modis dan trendy.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.