Sukses

Rute Penerbangan Baru Manado - Davao City Filipina Telah Dibuka

Kementerian Luar Negeri menyambut baik dibukanya penerbangan perdana Garuda Indonesia (GA) dari Manado, Sulawesi Utara ke Davao City, Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri menyambut baik dibukanya penerbangan perdana Garuda Indonesia (GA) dari Manado, Sulawesi Utara ke Davao City, Filipina.

Penerbangan reguler ini beroperasi dua kali seminggu yakni Senin dan Jumat mulai 27 September 2019, demikian seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Rabu (2/10/2019).

Di acara pembukaan, Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang menyampaikan bahwa ide pembukaan penerbangan ini berawal dari pertemuannya dengan Duta Besar Wee pada 1 September 2018, yang sepakat mendorong kembali pembukaan penerbangan langsung Manado dan Davao untuk meningkatkan kerja sama bidang perdagangan, pariwisata dan investasi Antara kedua negara.

Sejak itu berbagai upaya dilakukan guna mendorong maskapai penerbangan kedua negara menjajaki pembukaan rute penerbangan tersebut.

Duta Besar Sinyo Harry Sarundajang juga menyampaikan harapan bahwa rute penerbangan ini menyambungkan aktivitas antara masyarakat Indonesia dan Filipina akan semakin meningkat, mengingat Davao dan Manado adalah kota dengan kegiatan ekonomi yang terus tumbuh untuk menjadi pintu bisnis dan pintu destinasi wisata ke seluruh Indonesia.

Konjen RI di Davao Dicky Fabrian menyampaikan bahwa penguatan konektivas ini merupakan salah satu capaian penting yang menandai 70 tahun hubungan bilateral Indonesia – Filipina, yang tentunya akan semakin memperkuat kerja sama bilateral dalam berbagai sektor.

Pembukaan penerbangan Davao City - Manado juga merupakan salah satu tindak lanjut Air Transport Agreement RI - Filipina yang ditandatangani pada 24 Maret 1972, serta Memorandum of Understanding on Expansion of Air Linkages between Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, and the Philippines (BIMP) pada 2007, dimana Manado dan Davao City merupakan titik yang ditunjuk.

Penerbangan Garuda rute Manado – Davao ini juga merupakan solusi alternatif bagi wisatawan Filipina terutama dari Kepulauan Mindanao untuk berkunjung ke Manado dan kota-kota lain di Indonesia.

Keberadaan 8.745 warga keturunan Indonesia di wilayah Mindanao dan sekitar 5.000 warga negara Filipina dan keturunannya yang menetap di Manado dan kota lain di Sulawesi Utara, sangat berpotensi memanfaatkan rute penerbangan ini.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Penerbangan

Garuda Indonesia akan mengoperasikan rute penerbangan tersebut sebanyak dua kali dalam satu minggu pada hari Jumat dan Senin dengan waktu keberangkatan dari Manado-Davao 10:30 WITA – 12:30 WITA serta dari Davao-Manado pada 13:30 WITA – 15:30 WITA.

Adanya akses penerbangan langsung dari Davao ke Manado membuat penumpang yang sebelumnya menuju Manado harus transit melalui Manila dan Jakarta, kini hanya memerlukan waktu tempuh dua jam menuju Manado.

Selain itu, Manado juga dapat menjadi pintu gerbang bagi wisatawan Filipina maupun wisatawan asing lainnya untuk berkunjung ke tempat wisata di kota-kota lain di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.