Sukses

6 Kopi Indonesia yang jadi Incaran Dunia

Beberapa jenis kopi yang berasal dari Indonesia ternyata berhasil memikat penikmat kopi dari seluruh dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada 1 Oktober, International Coffee Organization menetapkan sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia.

Hari Kopi Internasional resmi pertama dilangsungkan di Milan 2015. Sejak saat itu diperingati setiap tahun pada tanggal yang sama.

Adapun beberapa negara memiliki tanggal berbeda untuk merayakan Hari Kopi, seperti Indonesia yang menetapkan 'Hari Kopi' jatuh pada tanggal 11 Maret. Lain tanggal dengan yang ditetapkan Organisasi Kopi Internasional.

Sebagai contoh mengutip sejumlah sumber, Indonesia merayakannya pada 11 Maret , lalu Kosta Rika setiap 12 September. Sementara Jepang, Sri Lanka, dan Jerman memperingatinya 1 Oktober.

Penetapan Hari Kopi ini memiliki tujuan ganda, selain merayakan kenikmatan dalam secangkir kopi, juga sekaligus mengingatkan akan kepedulian terhadap petani kopi. Bahwasanya, walaupun kopi yang mereka produksi berhasil mendunia, namun tidak sedikit jumlah petani yang belum mendapat kesejahteraan layak.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menghasilkan biji kopi terbaik, terbukti dari banyaknya jenis kopi asli Indonesia yang dijual di pasar internasional. Selain itu, kopi Indonesia juga berhasil menjadi pemasok devisa dengan jumlah yang cukup besar yaitu USD 1,4 miliar.

Inilah beberapa jenis kopi asli dari Indonesia yang mendunia sekaligus jadi incaran penikmat kopi dari luar Indonesia, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber, Kamis (1/9/2019):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kopi Luwak terkenal unik karena proses pembuatannya menggunakan binatang luwak. Jenis ini sudah mulai familiar di mata dunia

3 dari 7 halaman

2. Kopi Aceh Gayo berasal dari barat Indonesia. Jenis ini juga berhasil menjadi salah satu varietas termahal di dunia.

4 dari 7 halaman

3. Kopi Arabika Toraja, terkenal karena rasanya yang eksotis. Penanamannya berdampingan dengan tanaman rempah sehingga menghasilkan aroma yang khas.

5 dari 7 halaman

4. Kopi Kintamani memiliki ciri khas dengan rasa cukup manis dan tingkat konsistensi tinggi.

6 dari 7 halaman

5. Kopi Bengkulu, tak kalah dari produksi kopi di daerah lain, juga berhasil diekspor ke mancanegara.

7 dari 7 halaman

6. Kopi Jawa terkenal karena jadi bagian sejarah pada era VOC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.