Sukses

Pengelola Dukung China, Starbucks Jadi Sasaran Vandalisme Demo Hong Kong

Starbucks menjadi sasaran amarah pengunjuk rasa di Hong Kong dalam demonstrasi pada Minggu 29 September.

Liputan6.com, Jakarta - Starbucks menjadi sasaran amarah pengunjuk rasa di Hong Kong dalam demonstrasi pada Minggu 29 September. Pengunjuk rasa marah lantaran seorang anggota keluarga dari pengelola waralaba Starbucks di Hong Kong berbicara menentang para demonstran.

Beberapa gerai Starbucks di Hong Kong dicoret dengan grafiti selama akhir pekan ketika kota itu dilanda demonstrasi berujung bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi antihuru-hara dalam beberapa pekan.

Salah satu kafe di distrik Wan Chai dicoret dengan slogan-slogan yang mengatakan "boikot" serta penghinaan terhadap polisi dan Maxim's Caterers, jaringan restoran utama Hong Kong yang mengelola gerai Starbucks di kota itu.

Vandalisme menggambarkan tekanan besar pada merek internasional ketika Hong Kong dilanda kerusuhan politik terburuk dalam beberapa dekade. Beijing memberi tekanan pada pebisnis untuk secara terbuka mengutuk protes.

Kampanye boikot melawan bola salju Maxim dilakukan setelah Annie Wu, putri pendiri Maxim yang kaya, menyampaikan pidato awal bulan ini dengan mengutuk demonstrasi dan mengatakan sikap garis keras Beijing terhadap para pendukung demokrasi harus didukung.

Dia berbicara di dewan HAM PBB di Jenewa bersama Pansy Ho, seorang raja miliarder kasino yang membuat pernyataan serupa. Komentar mereka diterima pengunjuk rasa dan digambarkan sebagai contoh bagaimana elit kaya Hong Kong tidak berhubungan dengan sentimen publik dan di kantong Beijing.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boikot

Aktivis demokrasi Hong Kong Joshua Wong termasuk di antara mereka yang menyerukan boikot Starbucks sejak pidato Wu dan lebih dari 50.000 orang telah menandatangani petisi meminta perusahaan yang bermarkas di Seattle untuk memutuskan hubungan dengan Maxim.

"Kami di sini mendesak Dewan Direksi untuk mempertimbangkan apakah Maxim benar-benar mewakili nilai sosial Starbucks dan segera mengakhiri waralaba dengan Maxim," tulis Wong di Twitter.

Maxim tidak menanggapi permintaan komentar pada Senin 30 September tetapi sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan menjauhkan diri dari komentar Wu dan mengatakan dia tidak dipekerjakan perusahaan.

Merek-merek besar lainnya telah menjadi sasaran pengunjuk rasa, baik untuk komentar pro-Beijing yang dibuat pemilik atau karena pemiliknya sendiri terkait dengan Partai Komunis di Tiongkok. Antara lain, Yoshinoya dan Genki Sushi --juga dimiliki Maxim-- yang telah berulang kali ditandai dengan grafiti bersama dengan cabang Bank of China.

Merek-merek yang dianggap bersimpati kepada para pengunjuk rasa juga memiliki waktu yang panas dan menghadapi boikot di daratan.

Pihak berwenang di China mengambil langkah pada Cathay Pacific setelah staf bergabung dengan protes, memaksa perusahaan untuk menjalani pemeriksaan peraturan yang lebih ketat.

Langkah itu menyebabkan perubahan staf besar di dewan Cathay, termasuk pengunduran diri CEO-nya, serta beberapa staf dipecat karena mengekspresikan sentimen pro-demokrasi, sesuatu yang oleh sebagian karyawan digambarkan sebagai "pembersihan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.