Sukses

Demo Hong Kong Bergulir Lagi, Bertepatan dengan HUT ke-5 Unjuk Rasa Payung

Puluhan ribu orang turun ke markas besar pemerintah Hong Kong pada Sabtu 28 September 2019 malam waktu lokal untuk memperingati ulang tahun kelima Gerakan Payung.

Liputan6.com, Hong Kong - Puluhan ribu orang turun ke markas besar pemerintah Hong Kong pada Sabtu 28 September 2019 malam waktu lokal untuk memperingati ulang tahun kelima Gerakan Payung, gerakan pro-demokrasi pertama di kota semi-otonomi Cina.

Protes Payung selama 79 hari mengepung kompleks kantor pemerintah dan mengambil alih bagian dari kawasan bisnis pusat kota pada musim gugur 2014, tetapi gagal memenangkan konsesi apa pun dari Beijing mengenai hak pilih universal yang demokratis.

"Bebaskan Hong Kong! Sekarang Demokrasi!" teriak massa, yang kini melaksanakan perayaan HUT ke-5 Gerakan Payung bersamaan dengan rangkaian demo pro-demokrasi 2019, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (29/9/2019).

Dalam 16 minggu terakhir, Hong Kong dalam pergolakan protes anti-pemerintah yang telah berkembang menjadi gelombang baru gerakan pro-demokrasi --yang dipicu oleh undang-undang kontroversial yang memungkinkan seseorang diekstradisi ke China daratan.

Tiga juta bulan pawai damai yang kuat dan bentrokan dengan polisi akhirnya memaksa pemerintah untuk menarik undang-undang baru-baru ini.

Namun, pertarungan berlanjut untuk penyelidikan independen terhadap dugaan kebrutalan polisi dalam menekan protes, selimut amnesti bagi semua orang yang berpartisipasi dalam demonstrasi, dan pencabutan klaim polisi bahwa pengunjuk rasa bersalah melakukan kerusuhan - tuduhan yang membawa hukuman penjara yang berat.

Yang paling penting dari semuanya, para pengunjuk rasa mendesak untuk demokrasi penuh, seperti yang mereka lakukan selama Gerakan Payung.

Sementara darah kehidupan gerakan kalai itu sebagian besar adalah mahasiswa, yang bertahan di ribuan tenda selama berbulan-bulan, kampanye saat ini lebih gesit dan menyebar. Alih-alih terpusat di pusat kota, itu telah menyebar ke banyak lingkungan di seluruh Hong Kong.

Pertikaian yang sering terjadi antara polisi dan para pemrotes juga mengungkap kegagalan para pemimpin Hong Kong, yang tetap berkuasa semata-mata atas restu Beijing dan bukan persetujuan rakyat.

Selain itu, kemarahan yang meluas terhadap kebrutalan polisi dan simpati terhadap sebagian besar demonstran yang damai telah membantu mempertahankan - dan bahkan memperluas - dukungan publik untuk perjuangan saat ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Massa Radikal Bentrok Lagi

Pada Sabtu 28 September malam, taman umum di luar kantor pusat pemerintah hanya dipadati ruang berdiri, dan kerumunan orang tumpah ke jalan raya di sekitarnya.

Beberapa dari mereka yang berkumpul melemparkan bom Molotov ke atas barikade ke halaman kantor pemerintah dan menghancurkan jendela-jendela kantor dengan batu bata.

Polisi anti huru hara menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa.

Pertarungan saat ini hanyalah salah satu pertempuran dalam perang yang berlarut-larut, kata Joshua Wong, pemimpin mahasiswa yang merupakan wajah paling terkenal dari Gerakan Payung 2014.

Hampir dua bulan setelah menjalani hukuman karena keterlibatannya, Wong pergi ke Jerman dan Amerika Serikat untuk melobi perhatian internasional tentang perjuangan Hong Kong.

"Tepatnya karena tidak ada tempat bagi kita untuk berpaling, satu-satunya cara untuk maju adalah maju," kata Wong. "Kita harus memberi tahu dunia tentang keteguhan orang-orang Hong Kong."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.