Demi Ibunda Naik Haji, WNI Asal Jambi dan Bocah 4 Tahun Naik Motor ke Makkah

Oleh Tanti Yulianingsih pada 29 Sep 2019, 07:00 WIB
Konsul Jenderal RI Mumbai, Ade Sukendar di New Delhi, melepas keberangkatan  pemotor WNI beserta putranya menuju Mekah untuk bertemu Raja Saudi. (Pensosbud KBRI New Delhi)

Liputan6.com, New Delhi - Sabtu 21 September 2019 sekitar pukul 12.00, Duta Besar RI untuk India dan Bhutan, Sidharto Suryodi Purobe serta jajaran staf KBRI New Delhi melepas keberangkatan Lilik Gunawan beserta putranya Balda (4 tahun), untuk meneruskan perjalanan ke Pakistan dengan tujuan utama ke tanah suci, Makkah, Saudi Arabia.

Bertepatan dengan keberadaan Konsul Jenderal RI Mumbai, Ade Sukendar di New Delhi, beliau juga turut serta melepas keberangkatan WNI pengendara motor beserta putranya tersebut.

"Selalu berhati-hati dan waspada terutama saat melewati wilayah rawan. Kami selalu berpesan agar seluruh dokumen perjalanan, visa dan lainnya agar dilengkapi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di negara yang akan dilalui," ujar Sidharto dalam pesannya kepada Lilik melalui pernyataan resmi yang Liputan6.com muat Minggu (28/9/2019).

"Khusus untuk daerah yang dipandang rawan, kami akan memberikan pandangan agar menempuh jalur alternatif yang lebih aman," nasihat Sidharto kepada Lilik sebelum meninggalkan New Delhi menuju perbatasan India-Pakistan.

2 of 3

Awal Perjalanan Menuju Makkah Demi Ibunda Berhaji

Lilik Gunawan beserta putranya Balda (4 tahun). (Pensosbud KBRI New Delhi)
Lilik Gunawan beserta putranya Balda (4 tahun). (Pensosbud KBRI New Delhi)

Lilik tiba di India pada tanggal 13 Agustus, melalui jalur Moreh yang merupakan perbatasan antara India - Myanmar dan tiba di New Delhi tanggal 17 Agustus. Setelah 28 hari mengurus visa di Kedutaan Pakistan di Jakarta, pada Kamis 19 September visa Lilik dan putranya akhirnya disetujui oleh Pemerintah Pakistan.

Lilik yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Merangin Jambi periode 2009-2014 dan periode 2014-2019, telah melewati waktu 135 hari sejak meninggalkan Jambi hingga keberangkatannya menuju perbatasan Wagah, Amritsar, India. Ia menggunakan sepeda motor Yamaha NMAX.

Lilik dan putranya menempuh ribuan kilometer melalui jalur darat dengan harapan pada akhir perjalanannya di Arab Saudi dapat bertemu dengan Raja Arab Saudi dan juga Pelindung Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz untuk meminta kemurahan hati sang Raja mengundang ibunya agar dapat naik haji.

3 of 3

1.000 Pesan Makna Ibu untuk Raja Salman

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)

Sepanjang perjalanannya, Lilik menargetkan dapat mengumpulkan seribu pesan tentang arti dan makna seorang ibu kepada siapa saja yang ditemuinya untuk nantinya akan diserahkan kepada Raja Salman yang merupakan kumpulan pesan dari seribu anak manusia dari segalausia (kecil hingga dewasa) tentang sosok seorang ibu yang diberi judul Ride for Moms.

Sementara untuk kisah perjalanannya sendiri, Lilik akan menuangkannya dalam buku bertajuk "Memungut  Cinta Mendekap Mahabbah".

(Kerja sama pelatihan online Liputan6.com dan KBRI New Delhi)

Lanjutkan Membaca ↓