Sukses

Taliban Ancam Serang Pilpres Afghanistan, Ribuan Pengaman Siaga

Puluhan ribu anggota keamanan Afghanistan dikerahkan di seluruh negeri untuk melawan gerilyawan Taliban yang mengancam gelaran pilpres.

Liputan6.com, Kabul - Pemungutan suara dalam rangka pemilihan presiden (pilpres) Afghanistan sedang berlangsung. Aktivitas itu dilakukan di tengah keamanan tinggi dan ancaman dari Taliban.

Puluhan ribu anggota keamanan Afghanistan dikerahkan di seluruh negeri untuk melawan gerilyawan Taliban yang bersumpah untuk menyerang tempat pemungutan suara.

"Voting telah dimulai di seluruh negeri, dan kami senang orang-orang sudah berada di garis besar di pusat-pusat pemungutan suara menunggu untuk memberikan suara mereka," ujar Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Independen Zabi Sadaat mengatakan kepada AFP seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/9/2019).

Pemungutan suara kedua ini sempat ditunda setelah pembicaraan damai Taliban-AS buntu awal bulan ini.

Dua kandidat utama dalam pilpres kali ini adalah petahana, Ashraf Ghani, dan Pemimpin Eksekutif Afghanistan, Abdullah Abdullah. Mereka telah berbagi kekuasaan sejak 2014.

Delapan belas orang - termasuk mantan panglima perang, mantan mata-mata dan anggota-anggota pemerintahan komunis negara itu - awalnya mengajukan diri untuk bertarung dalam pemilihan, tetapi lima orang di antaranya mundur.

Tidak ada satu wanita pun yang mencalonkan diri sebagai presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Penting Pemimpin Afghanistan Selanjutnya

Presiden Afghanistan berikutnya akan memimpin negara yang hancur akibat perang empat dekade. Konflik terus membunuh ribuan orang setiap tahun, menarik pasukan dari seluruh dunia.

Hampir dua dekade sejak komunitas internasional melakukan intervensi, AS telah berusaha untuk menegosiasikan diakhirinya konflik dengan Taliban. AS saat ini memiliki sekitar 14.000 tentara di Afghanistan, dan ada ribuan lainnya dari negara-negara seperti Inggris, Jerman dan Italia -- mereka di sana sebagai bagian dari misi NATO untuk melatih, memberi nasihat dan membantu pasukan keamanan negara.

Itu berarti siapa pun yang terpilih sebagai presiden dalam pemilihan keempat sejak pasukan pimpinan AS menggulingkan Taliban pada tahun 2001, memiliki peran kunci untuk dimainkan pada momen penting dalam sejarah negara itu.

Namun, Taliban saat ini menolak untuk bernegosiasi langsung dengan pemerintah Afghanistan, mengatakan itu tidak sah. Terlebih lagi, kelompok militan mengatakan hanya akan memulai negosiasi dengan pihak berwenang Afghanistan setelah kesepakatan dengan AS disepakati.

Jadi siapa yang duduk di kepala pemerintahan Afghanistan mungkin bukan perhatian utama AS - tetapi penting bagi orang-orang yang terjebak dalam baku tembak antara tentara, Taliban dan pemberontak lainnya.

Penelitian BBC menemukan rata-rata 74 pria, wanita dan anak-anak tewas dalam konflik setiap hari selama bulan Agustus di seluruh Afghanistan. Seperlima dari mereka yang tewas adalah warga sipil.

Menurut PBB, lebih banyak warga sipil terbunuh oleh pasukan Afghanistan dan AS pada paruh pertama tahun ini daripada oleh pemberontak. Perdamaian - dan kemampuan presiden baru untuk menegosiasikannya - akan menjadi harapan bagi banyak warga.

 

 

3 dari 3 halaman

Rakyat Afghanistan Tak Antusias

Presiden Afghanistan dipilih melalui sistem pemilihan langsung dua putaran. Sebuah putaran kedua akan digelar jika tidak ada kandidat yang menerima lebih dari 50% suara.

Hasilnya akan jatuh tempo tiga pekan kemudian. Babak kedua, jika perlu, akan diadakan pada bulan November.

Hampir 5.000 TPS akan dibuka pada Sabtu 28 September untuk mereka yang memberikan hak pilihnya. Ratusan lagi dimaksudkan untuk dibuka, tetapi akan tetap ditutup pada hari itu karena alasan keamanan.

Sebuah sistem pemungutan suara biometrik - berdasarkan sidik jari - akan digunakan di seluruh negeri untuk mencoba menghindari penipuan ketika orang-orang memberikan suara mereka.

Para pejabat pemilihan mengungkapkan pada hari Jumat sebelum pemilihan bahwa hanya setengah dari kotak suara telah mencapai TPS. Mereka mengatakan bahwa mereka yakin semua akan mencapai tujuan mereka pada Sabtu pagi.

Tahun Ini Kurang Antusias

Lima tahun lalu, pemilihan presiden tercoreng oleh tuduhan penipuan dan kecurangan dalam pemilihan. Butuh berbulan-bulan untuk benar-benar mencapai hasil, dengan kesepakatan antara dua pesaing utama dinegosiasikan oleh AS berakhir dengan National unity government atau Pemerintah Persatuan Nasional --  pemerintahan koalisi besar yang terdiri dari seluruh partai (seluruh partai besar) dalam legislatur, yang biasanya dibentuk pada masa perang atau masa darurat nasional lainnya.

Rakyat Afghanistan sepertinya tak berharap banyak bahwa segalanya akan lebih baik saat ini.

Dari populasi sekitar 37 juta, kurang dari 10 juta terdaftar untuk memilih - dan bahkan lebih sedikit lagi yang diperkirakan memberikan suara. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Transparent Election Foundation of Afghanistan menemukan lebih dari setengah responden tidak berencana untuk memilih.

Hal ini sebagian karena ancaman kekerasan dari Taliban, yang mengatakan mereka akan menyerang tempat pemungutan suara dan telah menargetkan demonstrasi pemilihan umum.

Ada juga wilayah besar negara itu di bawah kendali Taliban, di mana pemerintah Kabul memiliki sedikit atau tanpa kekuasaan, dan pemilihan tidak mungkin dilakukan.

Tetapi kurangnya antusiasme yang dirasakan di antara para pemilih juga disebabkan oleh perasaan bahwa hal-hal yang mungkin tidak berubah menjadi lebih baik - tidak terbantu oleh fakta bahwa dua pria yang sama yang bertarung selama berbulan-bulan untuk mendapatkan posisi teratas pada tahun 2014, adalah orang yang sama berebut jabatan tersebut sebelumnya.

Keduanya dituduh melakukan korupsi saat menjabat.

Sementara itu, pengangguran mencapai sekitar 25%, menurut PBB, dan hampir 55% orang Afghanistan hidup di bawah garis kemiskinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.