Sukses

Top 3: Dunia Menyoroti Demo Mahasiswa di Gedung DPR RI hingga Inti Bumi

Isu demo mahasiswa di gedung DPR RI hingga usia Bumi mencuri perhatian. Selengkapnya dalam Top 3 Global berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Demo mahasiswa dari beragam latar kampus berbeda di Kawasan DPR RI berujung bentrok. Aksi  menolak sejumlah rancangan undang-undang di depan Kompleks DPR RI yang ricuh itu mencuri perhatian khalayak asing, dan menjadi isu terpopuler di kanal Global Liputan6.com.

Selain itu, isu terkait gambaran inti Bumi antara keyakinan dan sains juga menjadi sorotan. Para pembaca sepertinya penasaran dengan hal tersebut.

Yang tak kalah menarik perhatian adalah tulisan tentang usia benua bawah tanah diprediksi setua Bumi. Di mana para ilmuwan mengungkapkan apa yang mereka ketahui sejauh ini.

Berikut selengkapnya dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Rabu (25/9/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPR Mencuri Perhatian Dunia

Kawasan DPR RI mendadak membludak dengan demo mahasiswa dari beragam latar kampus berbeda. Mereka berunjuk rasa menolak sejumlah rancangan undang-undang di depan Kompleks DPR RI yang berujung bentrok.

Area itu penuh dan sesak akibat lautan mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat turun ke jalan mengkritisi langkah DPR RI terhadap sejumlah RUU yang dinilai bermasalah, seperti RUU KUHP, RUU Pertanahan, dan RUU KPK yang telah disahkan beberapa waktu lalu.

Peristiwa itu mencuri perhatian dunia, dari Asia, Amerika hingga Inggris.

Dari Asia, media Malaysia The Star.my memberitakannya melalui artikel bertajuk "Police fire water cannon as Indonesians rally against new penal code".

"Polisi Indonesia menembakkan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan protes pada hari Selasa, ketika ribuan mahasiswa berkumpul di kota menyoroti berbagai masalah termasuk hukum pidana baru yang menghukum perzinahan dan merevisi undang-undang korupsi," tulis media tersebut seperti dikutip Selasa (24/9/2019).

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. 5 Gambaran Tentang Inti Bumi

Di era teknologi seperti ini, orang-orang dapat membayangkan suatu hari ketika manusia dapat menjelajah dengan bebas ke planet-planet tetangga dan menggunakan teleskop yang canggih untuk mempelajari bintang-bintang terdekat.

Suatu hari, kita pasti akan menjelajahi setiap inci dari kedalaman lautan, serta semua hutan yang paling sulit ditembus. Namun, kita mungkin tidak akan pernah melakukan perjalanan ke inti Bumi.

Latihan paling keras yang dilakukan oleh ilmuwan hanya sanggup menembus kedalaman 7 mil (12 km), hanya 0,2 persen dari jari-jari Bumi, sebelum menghadapi panas yang begitu tinggi dan melelehkan robot.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3. Usia Benua Bawah Tanah Diprediksi Setua Bumi

Benua bawah tanah yang berada jauh di perut Bumi mungkin terbentuk ketika samudera magma purba membeku di permukaan planet ini pada 4,5 miliar tahun lalu, menurut sebuah studi baru.

Temuan tersebut dirinci dalam sebuah kisah yang menarik di situs blog American Geophysical Union GeoSpace.

Seperti yang dijelaskan reporter Abigail Eisenstadt yang menulis laporan itu, para ilmuwan telah mengetahui keberadaan gumpalan batuan terkompresi yang panas sejak tahun 1970-an.

Gempa bumi merambat melalui sisa mantel dengan kecepatan penuh, tetapi menabrak 'gundukan' ketika getaran-getaran ini bergemuruh melewati batu-batu besar itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini