Sukses

Gigi Putih hingga Wajah Glowing, Ini 6 Manfaat Soda Kue untuk Kecantikan

Baking soda yang biasa digunakan untuk adonan kue, ternyata bisa digunakan untuk kecantikan dan kecerahan anggota tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Cantik itu tidak selalu harus mahal. Mengubah penampilan tanpa menghabiskan banyak uang untuk produk kecantikan, ternyata dapat dilakukan dengan mudah. 

Salah satunya dengan baking soda atau soda kue yang bisa memberikan efek mengejutkan untuk tubuh.

Baking soda tidak hanya efektif untuk sebuah adonan kue, tapi juga membantu untuk memperbaiki penampilan agar lebih bercahaya dan lebih indah.

Seperti dikutip dari Brightside.me, Minggu (22/9/2019) ini enam kegunaan lain baking soda untuk kecantikan:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mencerahkan Gigi

Soda kue dan campuran arang aktif dapat digunakan sebagai bahan utama dalam membuat pasta gigi buatan sendiri yang akan memberi kecerahan pada gigi.

Campurkan soda kue, minyak kelapa, arang aktif, dan minyak esesnsial untuk menjadi sebuah pasta gigi. Jika mau, arang aktif juga bisa diganti dengan stroberi segar dan jus lemon. Mencampur soda kue, minyak peppermint, dan air juga bisa dilakukan untuk membuat obat kumur.

3 dari 7 halaman

2. Deodorant Buatan

Salah satu kegunaan utama baking soda di dapur adalah menghilangkan bau yang tidak sedap. Ini terjadi karena mampu menetralkan asam dan basa, yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk digunakan untuk membuat deodoran.

Hanya dengan, baking soda, air, dan minyak kelapa diaduk untuk membuah sebuah pasta dan disimpan di lemari es. Untuk menambah wangi, bisa dicampurkan dengan minyak esensial.

4 dari 7 halaman

3. Menghilangkan Komedo

Membuat masker wajah buatan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana untuk membersihkan wajah dan sekaligus menghilangkan komedo.

Yang diperlukan adalah bubuk gelatin, susu, air lemon, dan baking soda. Panaskan adonan selama 4 detik pada microwave hingga hangat tapi tidak panas. Uji di tangan dan jika suhunya tepat, oleskan di daerah komedo. Biarkan mengering selama sekitar setengah jam dan kemudian lepaskan dengan lembut. Setelah itu, basuh wajah dengan air dan keringkan.

5 dari 7 halaman

4. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau kantung mata adalah hal yang paling menyebalkan namun sulit dihilangkan. Namun, hanya dengan baking soda, tek kamomil, dan air bisa digunakan untuk membuat masker mata yang jika dilakukan secara rutin bisa mengurangi mata panda.

Buat secangkir teh chamomile biasa dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan baking soda dan aduk. setelah sudah tercampur, oleskan adonan tersebut ke bawah mata dan diamkan selama 10-15 menit.

6 dari 7 halaman

5. Menghapus Noda Kuning dan Membantu pertumbuhan Kuku

Siapa yang tidak ingin memiliki kuku yang putih dan sehat? ternyata, hanya dengan mencampurkan baking soda dan jus lemon bisa mengurangi kekuningan di kuku dan membantu pertumbuhan kuku.

Buat pasta dengan memadukan semua bahan menjadi satu. Oleskan lapisan tebal pada kuku, biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan. Akan terlihat bahwa kuku akan jauh lebih putih dan bersinar. Untuk kuku yang lebih panjang, bisa juga mencampurkan soda kue dengan jus lemon dan mengoleskan pasta dengan cara yang sama.

7 dari 7 halaman

6. Wajah Cerah Glowing

Dengan mencampurkan air jeruk bali, baking soda, dan minyak zaitun atau minyak esensial dapat membuat adonan masker yang jika digunakan rutin bisa membuat wajah glowing.

Gunakan masker selama 10 menit dan minyak zaitun bisa diganti dengan minyak wewangian yang bisa membuat aroma yang menenangkan.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.