Sukses

Penelitian Terbaru: Menulis Pengalaman Positif Bisa Kurangi Stres

Penelitian terbaru British Journal of Health Psychology menunjukkan, menulis pengalaman positif dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta - Menulis tentang pengalaman positif dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology.

Seperti pada laman World Economic Forum yang dikutip pada Minggu (22/9/2019), stres memengaruhi kesehatan fisik, sehingga diperkirakan bahwa memperbaiki kesehatan mental juga dapat menghentikan orang menjadi tidak sehat secara fisik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menulis tentang pengalaman positif selama 20 menit sehari, selama tiga hari berturut-turut, meningkatkan suasana hati orang dan menyebabkan lebih sedikit kunjungan ke dokter. Bahkan menulis hanya dua menit sehari tentang pengalaman positif telah terbukti mengurangi jumlah keluhan kesehatan yang dilaporkan orang.

Penelitian ini menyelidiki apakah menulis tentang pengalaman positif - dapat mencakup apa saja dari buku yang bagus, lukisan atau karya musik, hingga jatuh cinta - dapat mengurangi stres, kecemasan dan keluhan kesehatan umum, seperti sakit kepala, sakit punggung atau batuk dan pilek. Peneliti ingin tahu apakah itu akan bermanfaat bagi semua orang, terlepas dari tingkat kesulitan mereka.

Para peneliti merekrut 71 peserta sehat, berusia 19 hingga 77 tahu, dan secara acak mengalokasikan mereka ke salah satu dari dua kelompok. Satu kelompok (37 peserta) diminta untuk menulis tentang pengalaman paling indah dalam hidup mereka selama 20 menit sehari, selama tiga hari berturut-turut, dan kelompok lain (34 peserta) menulis tentang topik netral, seperti rencana mereka untuk sisa hari itu, dalam jangka waktu yang sama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasilnya...

Penelitik mengukur tingkat kecemasan, seperti yang dilaporkan peserta baik sebelum maupun setelah mereka menyelesaikan tugas menulisnya. Hasilnya ditemukan penurunan kecemasan yang jauh lebih besar bagi orang-orang yang menulis tentang pengalaman positif, dibandingkan dengan mereka yang menulis tentang topik netral.

Para peserta juga melaporkan tingkat stres, kecemasan, dan keluhan kesehatan fisik mereka empat minggu setelah mereka menyelesaikan tugas menulis. Stres dan kecemasan menurun ke tingkat yang jauh lebih besar bagi mereka yang menulis tentang pengalaman positif setelah empat minggu, dibandingkan dengan tingkat yang dilaporkan sebelum mereka menyelesaikan tugas menulis. Namun, menulis tidak meningkatkan masalah kesehatan fisik peserta.

Peneliti juga menemukan bahwa menulis tentang saat-saat bahagia itu efektif, terlepas dari tingkat kesedihan yang dilaporkan peserta pada awal penelitian.

Karena mengecualikan orang dengan kondisi psikologis yang didiagnosis, Peneliti tidak dapat memastikan teknik ini akan berfungsi dalam pengaturan klinis. Penting juga untuk dicatat bahwa agar mereka dapat terlibat dengan tugas tersebut, tidak mungkin untuk membutakan peserta terhadap perawatan.

 

3 dari 3 halaman

Keterbatasan

Keterbatasan lain dari penelitian ini adalah bahwa peneliti mengandalkan kuesioner laporan diri, daripada menggunakan ukuran objektif kesehatan mental dan fisik.

Tentu saja, menulis emosional mungkin bukan untuk semua orang. Ciri-ciri kepribadian, masalah dalam mengekspresikan emosi atau ketidaktertarikan dalam menulis mungkin berarti bahwa bagi sebagian orang ada cara yang lebih baik untuk mengatasi emosi negatif.

Keuntungan menulis tentang emosi positif untuk mengatasi stres dan kecemasan adalah kesederhanaannya. Tidak seperti banyak strategi lain untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis, tugas ini tidak memerlukan pelatihan atau waktu yang dihabiskan bersama terapis. Orang dapat melakukannya di waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka - dan gratis.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.