Diduga Terjerat Kasus Pelecehan Seksual, Eks Menteri India Ditangkap Polisi

Oleh Tanti Yulianingsih pada 21 Sep 2019, 14:51 WIB
Ilustrasi Pemerkosaan

Liputan6.com, New Delhi - Seorang mantan menteri federal India dari Partai Bharatiya Janata (BJP) --yang kini berkuasa-- ditangkap terkait dugaan kasus pelecehan seksual.

Menurut BBC, Sabtu (21/9/201), Swami Chinmayanand yang berusia 73 tahun telah didakwa akibat menyalahgunakan wewenang untuk seks - pelanggaran yang lebih rendah daripada pemerkosaan - juga menguntit, memenjarakan paksa dan intimidasi kriminal.

Kendati demikian ia menyangkal semua tuduhan tersebut.

Korban adalah seorang mahasiswi di salah satu dari beberapa perguruan tinggi India yang dikelola oleh Chinmayanand. Ia menuduh pria yang menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan BJP di bawah mantan PM Atal Behari Vajpayee melakukan pelecehan selama berbulan-bulan.

Jika dinyatakan bersalah, Chinmayanand, mantan anggota parlemen dari utara negara bagian Uttar Pradesh, terancam penjara selama 10 tahun.

Perempuan itu mengatakan bahwa dia pertama kali bertemu Chinmayanand pada Juni tahun lalu, saat mendaftar di sebuah perguruan tinggi hukum yang dikelola olehnya. Dia menuduh bahwa ia ditunjukkan video dirinya sedang mandi, lalu diperas dengan imbalan meminta berhubungan seks dengannya.

Mahasiswi itu kemudian memposting video di Facebook pada 24 Agustus yang merinci dugaan pelecehan yang melibatkan Chinmayanand.

Tuduhan itu kemudian menjadi berita utama nasional, ketika dia hilang selama enam hari,. Sehingga mendorong sang ayah menyalahkan Chinmayanand.

2 of 3

Kasus yang Menarik Perhatian Nasional

Pemerkosaan Kejahatan Seksual
Ilustrasi Foto Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual (iStockphoto)

Mahkamah Agung kemudian turun tangan dan meminta polisi untuk menemukannya. Dia lalu memberikan pernyataann di pengadilan pada 2 September, setelah itu unit investigasi khusus dibentuk.

Pekan lalu, gadis berusia 23 tahun dan sang ayah menuduh bahwa polisi enggan menangkap Chinmayanand dan dia mengancam akan membakar diri jika tak ada tindakan. Dia merekam pernyataannya di pengadilan setempat, di tengah pengamanan ketat pada 16 September.

Kasus ini juga menarik perhatian nasional, karena ini merupakan tuduhan kedua terhadap politisi partai terkemuka BJP dari Uttar Pradesh tahun ini.

3 of 3

Kasus Serupa yang Menjerat Anggota BJP

Ilustrasi Pelecehan Seksual Anak
Ilustrasi kekerasan pada anak. Sumber: Istimewa

Sebelumnya, Kuldeep Sengar, seorang anggota parlemen di negara bagian itu, ditangkap pada bulan April atas dugaan memperkosa seorang wanita yang masih di bawah umur pada tahun 2017.

Dia menyangkal tuduhan tersebut, tetapi berakhir dengan dirinya dikeluarkan dari BJP pada bulan Agustus.

Korbannya juga mengancam akan membakar diri, menuduh bahwa polisi telah gagal untuk menyelidiki Sengar. Pada bulan Juli, dia dilaporkan terluka parah dalam kecelakaan mobil, dan keluarganya menuduh insiden itu didalangi Sengar.

Polisi sejak itu menuduh Kuldeep Sengar melakukan percobaan pembunuhan.

Kecelakaan itu memicu kemarahan nasional dan pengadilan, yang mempertanyakan kurangnya perlindungan yang ditawarkan kepada korban perkosaan atau siapa pun yang bersaksi dalam pengadilan kasus sensitif.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by