Perdana, Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan di Basseterre

Oleh Liputan6.com pada 20 Sep 2019, 15:02 WIB
Kantor Konsul Kehormatan Pertama di Basseterre, Federasi St. Kitts dan Nevis. (Dokumentasi KBRI Bogota)

Liputan6.com, Basseterre - Indonesia membuka kantor Konsul Kehormatan yang pertama di negara Federasi St. Kitts dan Nevis, di wilayah Karibia.

"Pembukaan tersebut guna meningkatkan kerjasama khususnya ekonomi dan perdagangan, melindungi kepentingan Indonesia dan memberikan pelayanan kepada WNI di negara tersebut," demikian disampaikan Dubes Priyo Iswanto saat melantik dan mengambil sumpah jabatan Konsul Kehormatan Republik Indonesia yang pertama di Basseterre, Faron Tenyson Lawrence, di ibu kota St. Kitts dan Nevis, seperti dikutip dari kemlu.go.id, Jumat (26/9/2019).

St. Kitts dan Nevis adalah negara dua pulau di kawasan Karibia dengan penduduk 55.345 dan pendapatan per kapita US$ 17.090.

Hubungan antara St. Kitts dan Nevis dan Indonesia masih relatif muda, dimulai dengan pembukaan hubungan diplomatik sejak 30 Januari 2014. Tetapi hubungan kedua negara terus berkembang yang ditandai dengan total perdagangan menjadi US$ 1 juta pada tahun 2018, meningkat dari tahun 2017 sebesar US$ 801 ribu.

Selain itu, kerjasama teknis dalam bidang pelatihan dan peningkatan kapasitas, pesertaan mahasiswa dari negara tersebut untuk belajar di Indonesia, dan kehadiran Konsul Kehormatan Republik Indonesia di negara tersebut.

2 of 2

Konsul Kehormatan Seorang Pengusaha St. Kitts dan Nevis

Ilustrasi bendera Indonesia
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Konsul Kehormatan Republik Indonesia, Faron T. Lawrence, adalah warga St. Kitts dan Nevis adalah seorang pengusaha. Selain itu dirinya juga sekaligus menjabat sebagai Kepala Kamar Dagang dan Industri di negara tersebut.

Ia berkantor di Unit 12, Horsfords Shopping Mall, Wellington Road, Basseterre, St. Kitts.

Lanjutkan Membaca ↓