Top 3: Debu Asteroid Penyebab Zaman Es di Bumi Jadi Sorotan

Oleh Liputan6.comAfra AugestiRizki Akbar Hasan pada 20 Sep 2019, 10:23 WIB
Ilustrasi Gunung Es

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tabrakan asteroid melontarkan debu-debunya dalam jumlah yang besar ke Bumi hingga menyebabkan terjadinya pendinginan total pada 466 juta tahun lalu. Artikel menarik ini pun menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com.

Butuh waktu yang lama untuk beradaptasi dari pendingian zaman es tersebut untuk spesies-spesies yang berada planet.

Selanjutnya, ada artikel terkait langkah Vanuatu dengan menyebutnya sebagai 'upaya unutk mempolitisasi isu HAM di Papua' juga disorot. Sebelumnya Vanuatu memberikan pernyataan Kepulauan Solomon terkait isu Papua dan Papua Barat pada 17 September 2019.

Berita 5 penumpang yang cukup 'punya nama' di beberapa negara dan tidak jadi menaiki kapal Titanic pada 1912, juga menjadi perhatian publik.

Inilah artikel Top 3 selengkapnya edisi Jumat (20/9/2019):

2 of 4

1. Penyebab Adanya Zaman Es Pada 466 Juta Tahun Lalu

Gunung Es Mencair
Ilustrasi Gunung Es Mencari (sumber: unsplash)

Debu dari tabrakan asteroid raksasa di angkasa luar menyebabkan Bumi membeku, yang memicu tumbuhnya keanekaragaman hayati pada 466 juta tahun lalu, kata para ilmuwan.

Asteroid selebar 93 mil pecah di antara Mars dan Jupiter, yang melontarkan debu-debunya dalam jumlah besar ke Bumi, menghalangi cahaya dari matahari dan menyebabkan pendinginan global yang dramatis atau Zaman Es.

Selengkapnya...

3 of 4

2. Politisasi Isu Papua di Dewan HAM PBB

Demo di Depan Istana, Mahasiswa Papua Tuntut Referendum
Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Sejumlah mahasiswa terlihat melukis tubuh mereka dengan bendera Bintang Kejora. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Delegasi Indonesia telah menyampaikan hak jawab (Right of Reply/RoR) untuk menanggapi pernyataan Vanuatu yang mengatasnamakan Vanuatu dan Kepulauan Solomon terkait isu Papua dan Papua Barat di perdebatan umum agenda 4 Sidang Dewan HAM ke-42 pada 17 September 2019.

Baca selengkapnya...

4 of 4

3. Ini 5 Penumpang Terkenal yang Batal Naik Kapal Titanic

Titanic
Kapal titanic. (SOUTHAMPTON CITY COUNCIL / AFP)

Ketika orang berpikir tentang Titanic dan karamnya kapal megah ini secara dramatis pada 1912, mereka pasti membayangkan para penumpang malang yang menjadi korban dalam tragedi ini.

Namun, tahukah Anda bawha ada orang-orang terkenal yang melewatkan perjalanan mereka dengan Titanic?

Artikel Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓