Sukses

Italia Akan Bayar Rp 379 Juta ke Siapa Saja yang Mau Pindah ke Desa Indah Ini

Otoritas Italia telah mengumumkan akan membayar sebesar $27.000 bagi siapa saja yang mau tinggal di desa-desa di Molise.

Liputan6.com, Molise - Italia akan membayar siapa pun yang mau tinggal di desa-desa mereka di wilayah Molise. Tawaran itu diberikan karena wilayah di sebelah timur Roma yang indah tersebut kini terabaikan.

Otoritas Italia telah mengumumkan akan membayar sebesar US$ 27.000 atau Rp 379.170.450 bagi siapa saja yang mau tinggal di antara 106 desa yang kekurangan penduduk. Mereka mengupayakan agar desa-desa tersebut kembali hidup.

Siapa pun yang menerima tawaran itu akan menerima 700 Euro per bulannya selama kurang lebih tiga tahun, demi membantu mereka untuk bisa hidup di daerah yang diselimuti padang rumput, kebun zaitun atau puncak bersalju tersebut.

Yang lebih menarik adalah mereka yang menerima tawaran tersebut harus berkomitmen untuk memulai bisnis kecil, dan berkontribusi pada ekonomi lokal.

"Saya ingin daerah saya mengalami kebangkitan dan menghindari desa-desa otentiknya berubah menjadi kota hantu," Antonio Tedeschi, seorang anggota dewan daerah yang mengemukakan gagasan tersebut.

Kaum muda dan pasangan dengan anak-anak sangat dianjurkan untuk menerapkan skema ini, yang akan diluncurkan secara resmi pada 16 September di Italia.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Populasi Wilayah Itu Hanya 305 Ribu Orang

Antonio, yang lahir di desa kecil Molise di Filignano --rumah bagi hampir 700 penduduk-- mengatakan, ia tahu apa artinya melihat tradisi lama dan tempat-tempat bersejarah jatuh terlupakan, ia ingin agar desa-desa ini tidak hancur dimakan umur.

"Tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali kehidupan baru dan memperbaiki ekonomi lokal," katanya. "Para pendatang baru bebas untuk memulai apa pun yang mereka inginkan untuk mendapatkan dukungan finansial kami: sebuah penginapan kecil, restoran, bar, sebuah pertanian kecil di pedesaan, butik pengrajin, perpustakaan atau toko yang menjual keunggulan gourmet lokal," tambah Antonio.

Ribuan orang telah meninggalkan Molise dalam beberapa tahun terakhir. Statistik resmi mengatakan jumlah orang yang tinggal di sana telah turun hampir 9.000 sejak 2014, mendorong populasi wilayah itu menjadi hanya 305.000.

3 dari 3 halaman

Desa-Desa Tersebut Sangat Indah

106 dari 136 desa di wilayah ini memiliki kurang dari 2.000 penduduk. Banyak komunitas di seluruh wilayah ini berisiko hilang ketika orang-orang bermigrasi ke kota-kota besar atau ke luar negeri, untuk mencari pekerjaan ketika Italia berjuang untuk mendukung daerah pedesaan yang lebih terpencil.

Tawaran Molise ini bisa berpotensi sangat menguntungkan untuk mereka yang berani untuk mengambil risiko.

Beberapa desa yang terindahnya adalah Fornelli, Pesche, Riccia, Capracotta dan Campitello Matese, Pietrabbondante dan Sepino, San Giovanni di Galdo, Castel San Vincenzo, dan Duronia.

Desa-desa itu memiliki pemandangan paling indah di Italia, dengan semua pemandangannya Italia ingin desa ini dipenuhi oleh orang-orang yang dapat mengembangkan desa tersebut.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.