Jangan Sepelekan, 6 Barang Aneh Ini Rentan Dicuri

Oleh Liputan6.com pada 16 Sep 2019, 21:00 WIB
Obat PCC

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hukum kriminal, pencurian adalah mengambil barang milik orang lain secara tidak sah tanpa seizin pemilik. 

Biasanya, pencuri akan mengambil barang-barang yang memiliki nilai tinggi dan berharga guna untuk dijual maupun menjadi hak milik. Seperti, ponsel, perhiasan, dompet, uang tunai dan semacamnya.

Namun siapa sangka, pakaian dalam, hingga tissue toilet juga menjadi perhatian perampok untuk diambil.

Berikut 6 barang-barang aneh yang dicuri seperti dikutip oleh Reader's Direct, Senin (16/9/2019):

2 of 7

1. Tisue Toilet

Ilustrasi Tissue (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Tissue (Foto: Pixabay)

Kertas toilet bekas yang bagus adalah barang aneh berikutnya yang sering diambil oleh pencuri.

Seperti beberapa contoh baru-baru ini. Seorang pria di Virgina Barat didakwa karena mencuri tiga gulungan kertas toilet dari tetangganya ketika dia pergi. Lalu ada juga seorang pegawai transportasi umum di New York mencuri sekantong kertas toilet dan barang-barang kerja lainnya yang didanai wajib pajak.

Jenis pencurian ini tidak terbatas pada orang yang diklasifikasikan sebagai penjahat. Sebuah website Thrillist mencatat, bahwa tisue toilet juga merupakan barang umum yang diambil oleh mahasiswa.

3 of 7

2. Hewan Peliharaan

Ilustrasi anjing
Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Barang-barang pribadi, barang yang punya makna tersendiri, pusaka keluarga, akan terasa terpukul jika dicuri, hingga dapat menyebabkan kerusakan psikologis parah pemiliknya.

Namun, memiliki hewan peliharaan keluarga yang dicuri, jauh lebih menyakitkan. Patricia Vercillo, Wakil Presiden di The Smith Investigation Agency dan Smith Training Center, mengakui hal itu cukup sering terjadi.

"Saya pernah mendengar tentang pembobolan di rumah keluarga yang memiliki hewan peliharaan hilang. Bagaimana atau mengapa seseorang bisa begitu kejam, saya tidak mengerti," ujarnya.

4 of 7

3. Batu

Gambar Batu
Ilustrasi Gambar Batu (sumber: unspash)

Vercillo juga mendapatkan kasus aneh lainnya terkait pencurian, bukan hewan peliharaan, melainkan batu.

"Dalam kasus saya yang lain, seorang pemilik ratusan hektar tanah di tepi danau memiliki batu-batu besar yang dicuri," ungkapnya kepada Reader's Direct.

"Untuk mencuri batu besar ini membutuhkan seseorang yang bisa mengangkatnya dan bantuan alat, tapi lihat, pencuri ini menyelesaikan pekerjaannya."

Tak disangka, batu-batu ini ternyata memiliki nilai ribuan dolar sehingga dapat menarik perhatian pencuri. Sayangnya, batu-batu ini kemungkinan besar mudah diambil orang tanpa peralatan pengawasan yang terpasang di sekitar wilayah tersebut.

5 of 7

4. Pakaian Dalam

20160209-Ilustrasi-Ukuran-Bra-iStockphoto
Ilustrasi Ukuran Bra (iStockphoto)

Untuk para wanita, pencuri juga tertarik dengan pakaian dalma yang dimiliki kaum hawa. Ini merupakan barang yang didambakan --terutama jika pemiliknya adalah desainer.

Pada 2018, dua wanita ditangkap dan didakwa setelah mereka mencoba mencuri bra senilai 11.000 dolar dari toko Victoria's Secret di California.

Tidak hanya ditoko pakaian dalam saja, pada tahun ini, seorang pria mencuri sejumlah bra mahal dari rumah seseorang selama acara open-house di California.

6 of 7

5. Hiasan Bunga di Halaman Rumah

Ilustrasi
Ilustrasi bunga. (dok. pexels.com/Min An)

Bunga memang selalu menarik perhatian siapa aja karena warna ragamnya dan bentuk yang indah. Tidak diragukan lagi jika tanaman itu diincar orang-orang.

Menurut situs Crime Prevention, properti yang paling sering dicuri berasal dari taman yang terletak di depan rumah. Pencuri dapat dengan mudah mengambil dan membawa bunga itu --termasuk terdapat tanaman yang langka.

Untuk melindunginya, mungkin Anda dapat membawanya masuk di malam hari.

7 of 7

6. Obat Alergi

Ilustrasi obat
Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)

Lemari obat menjadi salah satu tempat pertama yang akan terlihat oleh seorang pencuri.

Kebanyakan pencuri bahkan tidak membaca label, mereka hanya akan mengambil segalanya dengan tujuan bisa menjualnya kembali. Obat alergi menjadi pilihan populer dalam kejahatan ini.

Berdasarkan National Retail Federation, hal ini terjadi karena peminat dan permintaan yang tinggi. Alasan lainnya yaitu banyak orang yang menderita alergi.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by