Sukses

Jarang Disadari, 6 Perilaku Umum Ini Tanda Orang Cerdas

Ini 6 ciri-ciri bahwa kalian pintar tanpa kalian sadari, menurut Businessinsider.sg

Liputan6.com, Jakarta - Menurut seorang ilmuwan kecerdasan memiliki ciri-ciri sendiri. 

Tidak banyak yang menyadarinya, namun sebenarnya umum dihadapi banyak orang.

Tergambar dari perilaku di bawah ini yang ternyata menggambarkan orang cerdas.

Dikutip dari Businessinsider, Minggu (15/9/2019) ini 6 perilakau yang jadi tanda bahwa kalian cerdas tanpa disadari:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidak Mudah Terbagi Perhatiannya

Seorang ilmuwan mengatakan bahwa orang yang bisa fokus dalam waktu yang lama tanpa terbagi-bagi perhatiannya adalah orang yang sangat cerdas. Sebagai bukti, ia menunjuk ke sebuah makalah tahun 2013 yang terbit dalam jurnal Current Biology.

Makalah ini menjelaskan dua studi kecil yang menemukan orang dengan skor lebih tinggi pada tes IQ lebih lambat mengenali gerakan latar belakang besar dalam gambar. Itu mungkin karena mereka fokus pada informasi yang paling penting dan memfilter sisanya.

3 dari 7 halaman

2. Suka Begadang

Menurut sebuah penelitian, semakin cerdas seseorang semakin ia bisa bertahan begadang.

Satu studi, yang diterbitkan pada 2009 di jurnal Personality and Individual Differences, mengamati hubungan antara IQ dan kebiasaan tidur di antara ribuan orang dewasa muda. Benar saja, orang-orang yang lebih pintar mengatakan bahwa mereka sering begadang.

Studi lain, yang diterbitkan pada tahun 1999 dalam jurnal yang sama, mengamati sekitar 400 rekrut angkatan udara AS dan menghasilkan temuan serupa.

4 dari 7 halaman

3. Mudah Beradaptasi

Sebuah survei mengatakan bahwa orang cerdas cenderung mudah berkembang dalam pengaturan-pengaturan yang berbeda, atau mudah beradaptasi.

Penelitian psikologis terbaru mendukung gagasan ini. Kecerdasan bergantung pada kemampuan untuk mengubah perilaku seorang itu sendiri untuk mengatasi lingkungan mereka dengan lebih efektif, atau membuat perubahan pada lingkungan tempat mereka berada.

5 dari 7 halaman

4. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Albert Einstein pernah mengatakan, "Saya tidak benar-benar punya bakat khusus, saya hanya ingin tahu."

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016, dalam Journal of Individual Differences, menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan dan keterbukaan terhadap pengalaman - yang mencakup keingintahuan intelektual.

6 dari 7 halaman

5. Pikiran yang Terbuka

Orang pintar tidak menutup diri dengan ide atau peluang baru. Hammett menulis bahwa orang-orang cerdas "mau menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas," dan bahwa mereka "terbuka untuk solusi alternatif."

Para psikolog mengatakan bahwa orang-orang yang berpikiran terbuka - mereka yang mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti secara adil - cenderung mendapat skor lebih tinggi pada SAT dan pada tes kecerdasan.

7 dari 7 halaman

6. Selera Humor Tinggi

Advita Bihani menunjukkan bahwa orang yang sangat cerdas cenderung memiliki selera humor yang tinggi.

Para ilmuwan Universitas New Mexico setuju. Satu studi yang mereka lakukan menemukan bahwa orang yang menulis teks kartun lucu mendapat skor lebih tinggi pada ukuran kecerdasan verbal. Studi lain yang mereka jalankan menemukan bahwa komedian profesional mencetak skor lebih tinggi daripada rata-rata pada ukuran kecerdasan verbal.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.