Sukses

10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Daftar berikut ini, merangkum --dari yang sedikit ke terbanyak-- 10 bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa adalah hal paling penting dalam peradaban manusia modern.

Bayangkan jika kita hidup tanpa adanya bahasa, dan mengandalkan simbol-simbol kuno bak peradaban zaman lampau.

Di sisi lain, seiring perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa, bahasa turut mengalami perluasan. Pada akhirnya, sejumlah wilayah di dunia memiliki rumpun bahasa yang berbeda satu sama lain.

Daftar berikut ini, merangkum --dari yang sedikit ke terbanyak-- 10 bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia, seperti dikutip dari Listverse, Minggu (15/9/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. Prancis

Sering disebut bahasa paling romantis di dunia, bahasa Prancis dituturkan di banyak negara, termasuk Belgia, Kanada, Rwanda, Kamerun, dan Haiti --termasuk Prancis tentunya.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 129 juta orang.

3 dari 11 halaman

9. Melayu-Indonesia

Melayu-Indonesia, yang mayoritas digunakan di Malaysia dan RI, adalah bahasa ke-9 dengan penutur terbanyak di dunia.

Itu mungkin disebabkan oleh faktor Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia.

Meski bagi penutur asli terdapat perbedaan pada bahasa yang digunakan di Malaysia dan RI, namun rumpun dan kesamaan akar linguistik menjadikannya sebagai salah satu dari bahasa dengan penutur terbanyak.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 159 juta orang.

4 dari 11 halaman

8. Portugis

Pada abad ke-12, Portugal memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol dan melaksanakan ekspansi (kolonialisme) ke seluruh dunia dengan bantuan penjelajah terkenalnya seperti Vasco da Gama dan Pangeran Henry sang Navigator.

Karena Portugal sudah terlalu awal dalam permainan penjelajahan, bahasa ini memantapkan dirinya di seluruh dunia, terutama di Brasil (di mana itu adalah bahasa nasional), Makau, Angola, Venezuela, dan Mozambik.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 191 juta jiwa.

5 dari 11 halaman

7. Bengali

Di Bangladesh, negara dengan 120+ juta orang, hampir semua orang berbicara bahasa Bengali.

Dan karena Bangladesh hampir dikelilingi oleh India --di mana populasinya tumbuh begitu cepat-- jumlah penutur bahasa Bengali di dunia jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan kebanyakan orang.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 211 juta jiwa.

6 dari 11 halaman

6. Arab

Bahasa Arab, salah satu bahasa tertua di dunia, dituturkan di Timur Tengah, dengan penutur ditemukan di negara-negara seperti Arab Saudi, Kuwait, Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Mesir.

Lebih lanjut, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, jutaan umat Islam di negara-negara lain juga berbicara bahasa Arab. Begitu banyak orang yang memiliki pengetahuan bahasa Arab, bahkan pada tahun 1974 bahasa ini menjadi bahasa resmi keenam PBB.

Jumlah penutur: setidaknya 246 juta orang.

7 dari 11 halaman

5. Rusia

Salah satu dari enam bahasa di PBB, Rusia dituturkan tidak hanya di Rusia, tetapi juga di negara-negara eks-Uni Soviet, seperti Belarus, Kazakhstan, atau negara tujuan imigran kuno, seperti Amerika Serikat.

Jumlah penutur: sedikitnya 277 juta orang.

8 dari 11 halaman

4. Spanyol

Bahasa Spanyol dituturkan di hampir setiap negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah, belum lagi Spanyol, Kuba, dan AS.

Ada minat khusus dalam bahasa Spanyol di AS, karena banyak Kata-kata bahasa Inggris AS dipinjam dari bahasa tersebut.

Jumlah penutur: sekitar 392 juta.

9 dari 11 halaman

3. Hindustani

Hindustani adalah bahasa utama populasi India yang padat, dan mencakup banyak dialek (yang paling banyak digunakan adalah bahasa Hindi).

Sementara banyak yang meramalkan bahwa populasi India akan segera melampaui China, keunggulan bahasa Inggris di India mencegah Hindustan melampaui bahasa yang paling populer di dunia.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 497 juta jiwa.

10 dari 11 halaman

2. Inggris

Walaupun bahasa Inggris tidak memiliki penutur terbanyak, itu adalah bahasa resmi bagi banyak negara daripada bahasa lainnya.

Para penuturnya berasal dari seluruh dunia, termasuk Selandia Baru, AS, Australia, Inggris, Zimbabwe, Karibia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Kanada.

Belum lagi mereka yang tidak berbahasa ibu Inggris, namun berkat edukasi dan belajar, menjadi fasih dan pengguna aktif bahasa Inggris.

Jumlah penutur: sedikitnya 508 juta jiwa.

11 dari 11 halaman

1. Mandarin

Bahasa yang paling banyak digunakan di planet ini berasal dari negara terpadat di planet ini. Mandarin mengalahkan peringkat kedua bahasa Inggris dengan rasio 2 banding 1.

Meski memiliki banyak penutur bukan berarti Mandarin mudah dipelajari, karena setiap kata dapat diucapkan dengan empat cara (atau "nada"), dan seorang pemula akan selalu kesulitan membedakan satu nada dari yang lain.

Jumlah penutur: lebih dari 1 miliar orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.