10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 15 Sep 2019, 20:40 WIB
Siswa SD

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa adalah hal paling penting dalam peradaban manusia modern.

Bayangkan jika kita hidup tanpa adanya bahasa, dan mengandalkan simbol-simbol kuno bak peradaban zaman lampau.

Di sisi lain, seiring perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa, bahasa turut mengalami perluasan. Pada akhirnya, sejumlah wilayah di dunia memiliki rumpun bahasa yang berbeda satu sama lain.

Daftar berikut ini, merangkum --dari yang sedikit ke terbanyak-- 10 bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia, seperti dikutip dari Listverse, Minggu (15/9/2019).

2 of 12

10. Prancis

Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Ludovic Marin)
Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Ludovic Marin)

Sering disebut bahasa paling romantis di dunia, bahasa Prancis dituturkan di banyak negara, termasuk Belgia, Kanada, Rwanda, Kamerun, dan Haiti --termasuk Prancis tentunya.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 129 juta orang.

3 of 12

9. Melayu-Indonesia

Ilustrasi bendera Indonesia
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Melayu-Indonesia, yang mayoritas digunakan di Malaysia dan RI, adalah bahasa ke-9 dengan penutur terbanyak di dunia.

Itu mungkin disebabkan oleh faktor Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia.

Meski bagi penutur asli terdapat perbedaan pada bahasa yang digunakan di Malaysia dan RI, namun rumpun dan kesamaan akar linguistik menjadikannya sebagai salah satu dari bahasa dengan penutur terbanyak.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 159 juta orang.

4 of 12

8. Portugis

Kejuaraan-Atletik-Dunia-Balap-Lari
Pelari putri asal Portugal, Ines Henriques menutup tubuhnya dengan bendera negaranya setelah memenangkan medali emas dalam lomba lari putri selama Kejuaraan Atletik Dunia di London, Inggris (13/8). (AP Photo / Martin Meissner)

Pada abad ke-12, Portugal memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol dan melaksanakan ekspansi (kolonialisme) ke seluruh dunia dengan bantuan penjelajah terkenalnya seperti Vasco da Gama dan Pangeran Henry sang Navigator.

Karena Portugal sudah terlalu awal dalam permainan penjelajahan, bahasa ini memantapkan dirinya di seluruh dunia, terutama di Brasil (di mana itu adalah bahasa nasional), Makau, Angola, Venezuela, dan Mozambik.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 191 juta jiwa.

5 of 12

7. Bengali

Bendera Bangladesh (Pixabay)
Bendera Bangladesh (Pixabay)

Di Bangladesh, negara dengan 120+ juta orang, hampir semua orang berbicara bahasa Bengali.

Dan karena Bangladesh hampir dikelilingi oleh India --di mana populasinya tumbuh begitu cepat-- jumlah penutur bahasa Bengali di dunia jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan kebanyakan orang.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 211 juta jiwa.

6 of 12

6. Arab

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Bahasa Arab, salah satu bahasa tertua di dunia, dituturkan di Timur Tengah, dengan penutur ditemukan di negara-negara seperti Arab Saudi, Kuwait, Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Mesir.

Lebih lanjut, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, jutaan umat Islam di negara-negara lain juga berbicara bahasa Arab. Begitu banyak orang yang memiliki pengetahuan bahasa Arab, bahkan pada tahun 1974 bahasa ini menjadi bahasa resmi keenam PBB.

Jumlah penutur: setidaknya 246 juta orang.

7 of 12

5. Rusia

Achilles, Piala Dunia 2018, Pesta Bola 2018
Kucing bernama Achilles memilih bendera Rusia saat memprediksi hasil laga antara Rusia kontra Arab Saudi di Saint Petersburg, Rusia, Rabu (13/6/2018). Kucing putih dan tuli ini menjadi hewan peramal resmi di Piala Dunia 2018. (AP/Dmitri Lovetsky)

Salah satu dari enam bahasa di PBB, Rusia dituturkan tidak hanya di Rusia, tetapi juga di negara-negara eks-Uni Soviet, seperti Belarus, Kazakhstan, atau negara tujuan imigran kuno, seperti Amerika Serikat.

Jumlah penutur: sedikitnya 277 juta orang.

8 of 12

4. Spanyol

Warga Spanyol Tolak Kemerdekaan Catalonia
Demonstran mengibarkan bendera Spanyol dan Catalonia selama demonstrasi massal melawan deklarasi kemerdekaan Catalonia, di Barcelona, Spanyol, (29/10). Mereka menyerukan persatuan dan menolak deklarasi kemerdekaan Catalan. (AP Photo/Gonzalo Arroyo)

Bahasa Spanyol dituturkan di hampir setiap negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah, belum lagi Spanyol, Kuba, dan AS.

Ada minat khusus dalam bahasa Spanyol di AS, karena banyak Kata-kata bahasa Inggris AS dipinjam dari bahasa tersebut.

Jumlah penutur: sekitar 392 juta.

9 of 12

3. Hindustani

20150818-[PHOTO STORIES] 2022, Populasi India Lampaui
Siswa menunjuk kearah negara India pada bola dunia di Amritsar, 22 April 2013. Sebuah penelitian baru dari PBB memprediksi bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan penduduk terbanyak pada tahun 2022. (AFP PHOTO/Narinder Nanu)

Hindustani adalah bahasa utama populasi India yang padat, dan mencakup banyak dialek (yang paling banyak digunakan adalah bahasa Hindi).

Sementara banyak yang meramalkan bahwa populasi India akan segera melampaui China, keunggulan bahasa Inggris di India mencegah Hindustan melampaui bahasa yang paling populer di dunia.

Jumlah penutur: sekurang-kurangnya 497 juta jiwa.

10 of 12

2. Inggris

Ilustrasi Bendera Inggris
Ilustrasi (iStock)

Walaupun bahasa Inggris tidak memiliki penutur terbanyak, itu adalah bahasa resmi bagi banyak negara daripada bahasa lainnya.

Para penuturnya berasal dari seluruh dunia, termasuk Selandia Baru, AS, Australia, Inggris, Zimbabwe, Karibia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Kanada.

Belum lagi mereka yang tidak berbahasa ibu Inggris, namun berkat edukasi dan belajar, menjadi fasih dan pengguna aktif bahasa Inggris.

Jumlah penutur: sedikitnya 508 juta jiwa.

11 of 12

1. Mandarin

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Bahasa yang paling banyak digunakan di planet ini berasal dari negara terpadat di planet ini. Mandarin mengalahkan peringkat kedua bahasa Inggris dengan rasio 2 banding 1.

Meski memiliki banyak penutur bukan berarti Mandarin mudah dipelajari, karena setiap kata dapat diucapkan dengan empat cara (atau "nada"), dan seorang pemula akan selalu kesulitan membedakan satu nada dari yang lain.

Jumlah penutur: lebih dari 1 miliar orang.

12 of 12

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓