Begini Cara Warga Taipei Rayakan Festival Kue Bulan

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 15 Sep 2019, 07:53 WIB
Kue Bulan banyak dijual saat Mid-Autumn Festival. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Liputan6.com, Taipei - 13 September 2019 merupakan tanggal merah di kalender Taiwan. Masyarakat di Negeri Formosa itu merayakan hari Pertengahan Musim Gugur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mid-Autumn Festival.

Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival di Taiwan juga identik dengan Moon Cake atau Kue Bulan yang menjadi makanan wajib bagi masyarakat ketika perayaan ini tiba.

Menurut salah satu guru bahasa Mandarin di Soochow University, Taipei bernama Li, Perayaan Pertengahan Musim Gugur biasanya dihabiskan oleh banyak orang bersama keluarga.

"Tidak ada agenda khusus bagi masyarakat. Biasanya mereka hanya menghabiskan waktu libur ini dengan keluarga,” ujar Li kepada Liputan6.com saat mengisi materi bahasa Mandarin di dalam kelas.

"Biasanya orang Taiwan akan berkumpul dengan keluarga sambil barbeque," tambahnya.

Sementara itu, seorang mahasiswa di sebuah kampus ternama di Taipei bernama Ta Chin, membenarkan bahwa sebagian besar warga akan menghabiskan waktu bersama keluarga saat perayaan itu.

Namun, ia juga menegaskan bahwa banyak pula warga Taiwan yang lebih memilih untuk keluar rumah dan pusat kota, salah satunya Ximending.

2 of 3

Sebagai Ikon Perayaan dan Banyak Dijual

Kue Bulan besar yang banyak dijual saat Mid-Autumn Festival. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)
Kue Bulan besar yang banyak dijual saat Mid-Autumn Festival. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sebagai ikon dari Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival, kue bulan sangat banyak ditemui di kota Taipei.

“Ada banyak kue bulan yang dijual di Taipei dan kota lain di Taiwan. Bahkan, kue bulan ini tak hanya bisa ditemui di toko kue saja, namun sejumlah gerai mini market seperti Family Mart hingga 7-11," jelas Chin.

“Tak ada festival khusus yang saya dengar di Taipei untuk hari libur ini, namun saya bisa katakan bahwa kawasan pusat kota dan keramaian seperti Ximending akan dipadati oleh banyak orang,” tambahnya.

Lantaran Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival jatuh pada hari Jumat, maka banyak masyarakat Taiwan yang memilih untuk pulang kampung menemui keluarga. Karena esok hari akhir pekan dan hari libur kerja.

Sama seperti di Taiwan dan China, masyarakat Indonesia terutama keturunan Tionghoa juga tak asing dengan kue bulan. Kue ini juga bisa kita jumpai di sejumlah toko pada Perayaan Pertengahan Musim Gugur.

 

3 of 3

Berapa Harga Kue Bulan di Taipei ?

Toko yang menjual bergam Kue Bulan saat Mid-Autumn Festival. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)
Toko yang menjual bergam Kue Bulan saat Mid-Autumn Festival. (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Ximending yang menjadi salah satu kawasan penting di Kota Taipei memang tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Selain bisa menemukan jajanan khas atau Food Street, banyak pula gerai yang menjual produk kecantikan di bawah rata-rata harga kosmetik di Jakarta, Indonesia.

Memang tak ada perayaan khusus yang terlihat di kawasan Ximending, Taipei pada Jumat, 13 September 2019 malam.

Namun, ada banyak toko kue yang menjual ikon dari Perayaan Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival.

Salah satu toko kue bernama Taipei Shape Pineapple Cake di kawasan Ximending menjual Kue Bulan dengan berbagai ukuran. Untuk ukuran besar, kue ini dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu NTD 200 atau setara dengan Rp 91.600 ( NTD 1 = Rp 458 ).

Sementara itu, untuk Kue Bulan kemasan kecil (sekali makan) hanya dihargai dengan NTD 65 atau setara Rp 30 ribu.

Selain bisa menemui Kue Bulan, Anda juga bisa membeli makanan khas Negeri Formosa yaitu kue Nastar.

Taipei adalah salah satu kota di dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan wisata modern, anda juga bisa menemui sejumlah lokasi wisata yang kaya akan sejarah.

Lanjutkan Membaca ↓